Pentingnya pengetahuan mengenai keselamatan kerja

KeselamatanKerja – berkaitan dengan jaminan agar para pekerja dapat terbebas dari suatu kecelakaan pada saat melakukan sebuah pekerjaan atau proyek.  Keselamatan itu sendiri berarti bebas dari musibah atau kecelakaan. Suatu pekerjaan atau proyek mempunyai resiko tersendiri hingga dapat menimbulkan kerugian misalnya luka dan cacat fisik. Berikut ini akan di jelaskan pengertian dari keselamatan kerja.

Apa itu keselamatan kerja?

Keselamatan atau dalam bahasa inggris disebut safety. Keselamatan akan selalu dihubungkan atau terkait dengan selamat atau bebas dari suatu kecelakaan atau cidera Keselamatan kerja secara umum lebih berfokus pada adanya resiko dan bahaya yang dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar.

Dampak dari keselamatan dapat langsung dirasakan dan terlihat, dengan mempelajari pengetahuan mengenai keselamatan kerja maka para pekerja  cenderung bisa terhindar dari suatu cedera, kecelakaan dan kebakaran. Selain jelaskan pengertian dari keselamatan kerja, tujuan dari mempelajari keselamatan kerja adalah sebagai berikut:

  • Supaya para pekerja bisa mendapatkan jaminan keselamatan dan kesehatan kerja baik dari segi fisik, psikologis dan sosial.
  • Supaya setiap perlengkapan, bahan dan peralatan kerja digunakan sebaik-baiknya dan seefektif mungkin. 
  • Supaya setiap hasil produksi dijaga keamanannya dan adanya jaminan pada penjagaan dan peningkatan kesehatan tubuh misalnya kecukupan gizi para pekerja.
  • Supaya meningkatkan semangat, kesesuaian kerja serta partisipasi kerja
  • Supaya terhindar dari gangguan, cedera  kesehatan yang disebabkan oleh lingkungan dan kondisi kerja, serta setiap pekerja bisa merasa aman dan terlindungi saat bekerja. 

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keselamatan dan kesehatan para pekerja ialah sebagai berikut:

  • Beban kerja dan kapasitas kerja

Beban kerja atau bisa disebut juga beban fisik beban mental dan sosial maka dari itu usaha penempatan setiap pekerja yang sesuai dengan kemampuan setiap pekerja harus diperhatikan, sedangkan kapasitas kerja merupakan jumlah pekerjaan yang dilakukan tergantung pada tingkat pendidikan dan keterampilan, ukuran fisik, keadaan gizi, tingkat kesegaran jasmani dan lain sebagainya.

  • Alat dan bahan kerja

Alat dan bahan kerja merupakan suatu hal pokok yang sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan pelaksanaan proyek atau kerja untuk memproduksi barang, dalam memproduksi suatu barang alat keselamatan kerja sangatlah penting, hal ini dikarenakan alat keselamatan kerja dapat berupa pelindung tubuh dalam menjalankan alat kerja untuk memproduksi suatu barang. Selain itu di samping penggunaan alat ada juga bahan utama yang diolah menggunakan alat dan akan menghasilkan barang. 

  • Cara melakukan pekerjaan

Setiap bagian produksi memiliki cara menjalankan pekerjaan yang berbeda-beda dan dimiliki oleh setiap pekerja. Adapun cara yang biasa dilakukan oleh para pekerja dalam dalam melakukan aktivitas pekerjaan ialah dengan memahaminya.

Itulah pengertian keselamatan kerja yang harus dipelajari sebelum melakukan suatu pekerjaan, selain jelaskan pengertian dari keselamatan kerja, terdapat pemaparan terkait tujuan dan faktor keselamatan kerja.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment