20 Fungsi K3 dan manfaatnya

Banyak perusahaan yang enggan yang menerapkan K3 dalam aktivitas usahanya. Salah satunya penyebabnya karena mereka tak tahu ada banyak manfaat dan fungsi K3. Baik manfaat bagi karyawan, perusahaan, masyarakat dan negara.

Menerapkan K3 secara maksimal akan meningkatkan produktivitas usaha, meningkatkan kepercayaan karyawan, investor, konsumen dan meningkatkan brand perusahaan di mata publik.

Apa saja manfaat dan fungsi K3? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Fungsi K3 untuk  pekerja karyawan

Fungsi K3 untuk  pekerja karyawan

Mereka Tahu Dan Memahami Risiko Dan Bahaya Dalam Pekerjaannya

Setiap pekerjaan memiliki potensi risiko masing-masing. Saat karyawan memperoleh training K3, maka mereka akan tahu potensi dan bahaya yang berpeluang diperolehnya dalam pekerjaan. Sehingga dia bisa menjaga diri agar lebih aman dari risiko dan bahaya ini.

Baca juga: Sistem Manajemen K3 Pada Proyek Konstruksi

Mereka Tahu Tindakan Pencegahan Agar Tidak Terjadi Kecelakaan

Saat mengikuti training K3, mereka akan memperoleh pencerahan dari trainer tentang bagaimana bila terjadi kecelakaan kerja. Apa tindakan untuk melakukan pencegahan bila terjadi kecelakaan.

Tentu, tak ada orang yang ingin terjadi kecelakaan saat bekerja. Tetapi bila benar-benar terjadi kecelakaan, mereka tahu apa yang harus mereka lakukan.

Mereka Memahami Hak Dan Kewajibannya Terkait Dengan Keselamatan Kerja

Dalam training K3 karyawan memperoleh uraian dan informasi tentang hak dan kewajiban mereka dalam bekerja. Trainer juga akan membahas tentang hak dan kewajiban mereka bila terjadi kecelakaan saat bekerja. Sehingga mereka tahu seberapa besar risiko yang mereka hadapi dalam bekerja.

Mereka Tahu Bagaimana Tindakan Saat Darurat Kebakaran Kecelakaan Gempa

Bekerja di mana pun ada peluang terjadi risiko dan bahaya. Begitu juga bekerja di perusahaan, siapapun berpeluang menghadapi keadaan darurat di luar dugaan. Semisal, terjadi kebakaran, gempa dan kecelakaan yang tak kita inginkan. Sehingga mereka tahu potensi risiko dari bekerja.

Ikut Berpartisipasi Menciptakan Suasana Kerja Yang Aman Dan Nyaman

Manajemen selalu berharap agar semua karyawan ikut berpartisipasi dalam rangka menciptakan suasana kerja yang aman, nyaman dan menyenangkan. Sehingga walaupun bekerja sehari penuh, mereka tak merasa jenuh, capek dan lelah.

Sebaliknya, mereka akan merasa antusias dan semangat untuk menyelesaikan pekerjaannya secara maksimal dan profesional.

Ikut Berpartisipasi Melindungi Teman Kerja Dari  Risiko Kecelakaan Kerja

Risiko terjadinya kecelakaan kerja tak bisa kita prediksi. Maka manajemen selalu berharap agar setiap karyawan ikut berpartisipasi menjaga keselamatan rekan kerjanya. Tentu semua berharap agar sama-sama selamat dalam bekerja. Sehingga bisa pulang kembali ke keluarga masing-masing penuh bahagia.

Antisipasi Keluarga Terhindar Penyakit Menular Dari Tempat Kerja

Bekerja pada perusahaan farmasi tak bisa terhindar dari bahan kimia dengan segala jenisnya. Maka, karyawan perlu tahu potensi penyebaran penyakit menular yang bisa mereka timbulkan untuk keluarganya.

Sehingga mereka bisa berhati-hati saat bekerja. Mereka bekerja menggunakan peralatan kerja yang sudah tersedia. Sehingga mereka akan jauh dari potensi menularkan penyakit untuk keluarganya.

Menjaga Sumber Penghasilan

Saat mereka  bekerja secara maksimal dan profesional, maka mereka akan memperoleh imbalan berupa gaji dan upah bulanan. Bila mereka bekerja penuh hati-hati, maka mereka akan tetap mempunyai sumber penghasilan dalam jumlah yang besar. Sebaliknya, saat mereka bekerja dengan ceroboh, akhirnya mereka tertimpa musibah dan kecelakaan. Maka otomatis mereka tak bisa bekerja lagi. Sehingga mereka kehilangan sumber penghasilan utama. Memang perusahaan memberikan santunan kepada mereka tetapi nilainya tak sebesar bekerja secara penuh.

Menjadi Penumpang Tulang Punggung Keluarga

Mereka harus tahu dan menyadari bahwa mereka adalah tulang punggung bagi keluarganya. Sehingga mereka akan menjaga diri, keluarga rekan kerja dan orang yang ada di sekitarnya dari bahaya yang timbul dari aktivitas bekerja. Sehingga mereka akan aman dan mengamankan orang yang ada di sekitarnya.

Fungsi K3 Untuk Perusahaan

Fungsi K3 Untuk Perusahaan

K3 juga mempunyai beberapa fungsi dan manfaat bagi perusahaan. Di antaranya adalah:

Melindungi Karyawan Dan Pekerja

Manajemen perusahaan perlu memastikan bahwa semua karyawan dan pekerjaannya aman dan selamat saat bekerja. Mereka terhindar dari potensi terjadinya kecelakaan kerja atau penyakit yang timbul akibat bekerja pada perusahaan.

Mengurangi Terjadinya Lost Time

Semua tak ingin terjadi kecelakaan saat bekerja. Tetapi saat terjadi kecelakaan kerja,  makan mengurangi terjadinya last time. Sehingga karyawan lain tetap bekerja maksimal. Dan produktivitas perusahaan tetap terjaga.

Mengurangi Budget Biaya Asuransi

Salah satu budget yang harus perusahaan anggarkan untuk karyawan adalah asuransi.  Menerapkan K3 secara maksimal akan mengurangi terjadinya klaim asuransi. Sehingga karyawan bisa bekerja secara maksimal dan perusahaan bisa memperoleh laba (profit) tinggi.

Perusahaan Patuh Pada Regulasi

K3 merupakan salah satu regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Pemerintah berkepentingan dengan keamanan dan keselamatan kerja semua karyawan. Maka, menerapkan K3 secara maksimal akan meningkatkan nama baik perusahaan di mata pemerintah, karyawan dan stakeholder yang lainnya.

Citra Perusahaan Meningkat

Bila perusahaan menerapkan K3 secara maksimal dalam aktivitas sehari-hari, maka perusahaan akan memiliki citra positif. Baik dimata pemerintah, karyawan, investor dan pelanggan.  Sehingga perusahaan akan semakin mudah mendapat kepercayaan investor.

Terhindar Dari Denda Akibat Kecelakaan Kerja

Tak banyak orang yang tahu bahwa saat ada kecelakaan kerja, maka perusahaan akan mendapat denda dari dinas terkait. Penerapan K3 secara maksimal akan menghindarkan perusahaan dari tagihan denda.

Meningkatkan Produktivitas

Salah satu manfaat menerapkan K3 adalah meningkatkan produktivitas karyawan. Saat mereka bekerja secara aman, maka produktivitas mereka akan meningkat drastis. Sehingga penjualan akan meningkat, profit meningkat dan revenue perusahaan akan naik drastis.

Fungsi Dan Manfaat K3 Bagi Masyarakat

Fungsi Dan Manfaat K3 Bagi Masyarakat

Bukan hanya karyawan dan perusahaan yang merasakan manfaat penerapan K3 secara maksimal. Masyarakat juga akan merasakan manfaat penerapan K3 ini. Berikut beberapa manfaat penerapan K3 dalam perusahaan secara maksimal:

Masyarakat Terhindar Dari Kecelakaan Kerja

Dalam operasional perusahaan sering terjadi kecelakaan yang melibatkan masyarakat umum.  Mereka bukan pekerja tetapi mereka menderita akibat kelalaian perusahaan menerapkan K3.

Memberikan Pelatihan Kepada Masyarakat Secara Gratis

Manajemen perusahaan sekali-kali bisa memberikan pelatihan penerapan K3 masyarakat secara gratis. Sehingga mereka bisa menerapkannya dalam aktivitas di rumah.

Fungsi Dan Manfaat K3 Bagi Negara

Ada beberapa fungsi dan manfaat K3 bagi negara. Antara lain:

Negara Melindungi Tenaga Kerja

Negara berkepentingan dengan tenaga kerja yang terlindungi, aman dan sehat saat bekerja.  Penerapan K3 secara maksimal akan membantu negara melindungi rakyat yang bekerja. Sehingga mereka bisa bekerja tanpa ada yang mengganggu.  

Negara Memperoleh Citra Positif

Bila perusahaan menerapkan K3 secara maksimal dalam operasional usaha mereka, maka secara tak langsung pemerintah berhasil membentuk karakter perusahaan. Mereka telah menetapkan dan menerapkan K3 secara maksimal. Sehingga karyawan terhindar dari kecelakaan kerja.

Baca juga: Contoh Sistem Manajemen K3

Penutup

Menerapkan K3 secara penuh akan meningkatkan brand awareness perusahaan di mata karyawan, pemerintah, investor dan stakeholdernya. Banyak perusahaan yang tak mau menerapkan K3. Salah satu alasannya karena ribet, menambah biaya dan membebani perusahaan. Padahal bila mereka tahu manfaat dan fungsi K3, mereka akan segera menerapkan K3 secara maksimal untuk menuju perusahaan yang profesional.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment