Pengertian Kesehatan Kerja dan Alat Keselamatan Kerja

Jelaskan pengertian kesehatan kerja

Kesehatan kerja adalah hal yang penting untuk dijaga. Seorang pekerja harus selalu mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja agar bisa menjalankan pekerjaan dengan baik. 

Pengertian kesehatan kerja yaitu upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk memastikan dan memantau para pekerja tetap sehat selama bekerja. 

Kesehatan kerja merupakan hal penting yang harus dipantau oleh perusahaan sesuai dengan pedoman Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). 

Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan istilah yang tidak bisa dipisahkan. 

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan  upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan jasmani dan rohani tenaga kerja serta hasil karya dan budaya menuju masyarakat adil dan makmur. 

Selama proses bekerja, seorang pekerja harus melakukan kewajibannya dan menerima haknya. 

Secara umum kewajiban pekerja adalah menjalankan tugas yang telah diberikan sampai selesai. Sedangkan hak pekerja adalah menerima upah yang layak, menerima jaminan sosial & Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), memiliki jatah libur dan cuti, serta memiliki pembatasan waktu kerja.

Alat Keselamatan Kerja

Setelah menjelaskan pengertian kesehatan kerja, mari membahas tentang alat keselamatan kerja. 

Alat keselamatan kerja berfungsi untuk membantu pekerja tetap aman saat sedang bekerja. 

Sesuai yang tertera dalam Undang-undang Ketenagakerjaan, alat keselamatan kerja dapat berupa Alat Pelindung Diri (APD). 

Berikut adalah komponen-komponen APD yang sesuai dengan standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). 

  1. Helm Keselamatan 

Alat keselamatan kerja berupa helm keselamatan ini sangat penting digunakan oleh pekerja. Karena bisa melindungi kepala dari benturan, pukulan, dan kejatuhan benda berbahaya.

  • Sabuk dan Tali Keselamatan 

Alat keselamatan kerja berupa sabuk dan tali keselamatan digunakan oleh pekerja yang bekerja di tempat ketinggian dan memiliki risiko jatuh ke tempat yang rendah. 

Fungsinya adalah untuk menjaga agar pekerja tidak jatuh dari tempat ketinggian tersebut. 

  • Sepatu Boot

Alat keselamatan kerja berupa sepatu boot digunakan untuk melindungi kaki pekerja bagian telapak sampai ke betis. Sepatu boot bisa melindungi dari benturan, goresan, serta cairan panas dan dingin. 

  • Sepatu Pelindung

Berbeda dengan sepatu boot, alat keselamatan kerja berupa sepatu pelindung ini melindungi pekerja pada bagian punggung sampai telapak kaki saja. Fungsinya hampir sama dengan sepatu boot. 

  • Masker 

Alat keselamatan kerja berupa masker digunakan untuk melindungi organ pernapasan pekerja. Sehingga pekerja tidak menghirup udara yang telah terkontaminasi dengan debu dan bahan-bahan berbahaya lainnya. 

  • Penutup Telinga 

Alat keselamatan kerja berupa penutup telinga digunakan untuk melindungi telinga pekerja dari kebisingan atau tekanan.  

  • Kacamata Pengaman 

Alat keselamatan kerja berupa kacamata pengaman digunakan oleh pekerja yang pekerjaannya berhubungan dengan percikan benda kecil yang panas dan pancaran cahaya.

  • Sarung Tangan 

Alat keselamatan kerja berupa sarung tangan digunakan oleh pekerja agar tangan tetap terlindungi dari hal-hal yang panas dan dingin, bahan kimia, arus listrik, dan goresan benda tajam. 

  • Pelindung Wajah 

Alat keselamatan kerja berupa pelindung wajah digunakan oleh pekerja yang pekerjaannya berhubungan dengan bahan kimia berbahaya, percikan benda kecil, dan pancaran cahaya.

  1. Pelampung 

Alat keselamatan kerja berupa pelampung digunakan oleh pekerja yang bekerja di atas air atau yang berhubungan dengan air. Tujuannya adalah agar pekerja tidak tenggelam saat bekerja. 

Sebagai pekerja, anda wajib menerima Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari perusahaan. Pastikan anda sudah paham tentang pengertian kesehatan kerja dan berbagai macam alat keselamatan kerja. 

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment