Pengertian Prosedur K3 Serta Manfaatnya

KeselamatanKerja – Prosedur K3 atau keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja merupakan suatu prosedur yang wajib dilaksanakan oleh semua instansi atau perusahaan pada segala bidang kerja. Tujuan dari melaksanakan prosedur k3 ini ialah untuk menjamin keberhasilan dan keselamatan kerja baik para pekerja maupun untuk instansi yang terlibat. Berikut akan dijelaskan tentang apa itu prosedur k3 serta prosedur k3 perlu dimengerti oleh siapa saja.

Pengertian prosedur k3

Prosedur keamanan, kesehatan dan keselamatan atau yang bisa disingkat prosedur k3 adalah rangkaian dari suatu proses yang dijalankan dalam sebuah proyek atau pekerjaan dimulai dari penilaian mengenai risiko terkait proyek atau pekerjaan tersebut. Penilaian resiko sendiri perlu diadakan untuk menjamin kesehatan, keamanan dan keselamatan seluruh pekerja selama melakukan tugas yang berkaitan dengan lingkup kerja tersebut. 

Adapun hal yang harus selalu diperhatikan dalam pelaksanaan prosedur k3 ialah pertimbangan mengenai adanya resiko baik cidera, kebakaran maupun sakit yang timbul akibat pekerjaan tersebut. Selain keselamatan para pekerja resiko kerusakan alat maupun alam lingkungan sekitar juga dihitung masih termasuk lingkup prosedur k3.  Manfaat pelaksanaan prosedur k3 adalah sebagai berikut:

  1. Untuk menciptakan kenyamanan bagi semua pekerja yang terlibat dalam pelaksanaan proyek atau pekerjaan. 
  2. Prosedur k3 diterapkan sebaiknya sehingga bisa mendatangkan keuntungan untuk instansi atau badan penyelenggara aktivitas proyek atau pekerjaan tersebut. Hal ini dikarenakan tidak perlu adanya pengeluaran dana untuk kompensasi pekerja yang mengalami sakit dan atau cedera fisik selama pekerjaan berlangsung. 
  3. Dengan adanya pengetahuan tentang prosedur k3, menyebabkan semua pekerjaan dapat berjalan dengan baik, efektif dan efisien waktu serta terarah. 

Prosedur k3 wajib perlu dimengerti oleh semua pekerja yang terlibat dalam suatu proyek atau pekerjaan. Proyek yang dimaksud disini adalah yang dilakukan di mana saja baik itu di laut, darat, dalam dan permukaan tanah dan di udara.

Semua pekerja tanpa terkecuali memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk jaminan keselamatan mereka contoh prosedur k3 yang paling umum misalnya perusahaan atau instansi pelaksanaan proyek wajib menyediakan alat keselamatan atau perlindungan tubuh dari kemungkinan cedera, kecelakaan dan sakit yang akan terjadi selama pekerjaan berlangsung.

Prosedur k3 dilakukan melalui pelatihan terlebih dahulu sebelum suatu proyek dilaksanakan atau sebelum para pekerja mulai melakukan tugasnya. Hal ini untuk mengasah pengetahuan para pekerja tentang apa itu prosedur k3. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai prosedur k3 dan manfaatnya. Pada dasarnya prosedur k3 perlu dimengerti oleh semua pihak yang terlibat lebih khusus lagi para pekerja. Prosedur k3 yang utama adalah misalnya mengenakan alat pelindung saat bertugas. Alat keselamatan kerja dapat berupa helm, sarung tangan dan lain sebagainya. 

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment