8 Google Aplikasi Paling Berguna yang Perlu Kamu Miliki

Keselamatan Kerja – Google tak hanya dikenal sebagai mesin pencari raksasa dengan triliunan pengguna di berbagai negara, tapi juga menyediakan ribuan Google aplikasi yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari kamu, mulai dari aplikasi untuk bekerja sampai kebutuhan fotografi dan bahkan translate bahasa.

Aplikasi-aplikasi dibuat oleh banyak developer dari seluruh dunia yang ahli di bidangnya. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik yang bisa mempermudah pekerjaan. Sejumlah aplikasi bisa didownload dan digunakan secara gratis, tapi juga ada yang perlu berlangganan.

Google Aplikasi yang Bermanfaat dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Google Translate

Buat para traveler yang punya cita-cita untuk keliling dunia tapi belum mahir atau bahkan mungkin sama sekali belum memiliki kemampuan berbahasa asing, maka bisa download aplikasi Google ini. Google Translate tersedia secara gratis di Play Store.

Aplikasi ini bisa membantu kamu untuk menerjemahkan lebih dari 100 bahasa berbeda, baik dengan mengetik, lewat terjemah kamera instan, transkripsi, atau bahkan tulis tangan.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan dengan ataupun tanpa koneksi internet. Tapi jika dalam mode offline, Google Translate hanya bisa menerjemahkan 59 bahasa.

2. Aplikasi Google Maps

Aplikasi ini juga sama berguna untuk kamu yang doyan jalan-jalan ke kota atau negeri orang yang sebelumnya sama sekali belum pernah kamu datangi. Apalagi jika kebetulan kamu tidak memiliki kenalan atau tour guide selama di sana.

Bukan hanya bisa menunjukkan rute tercepat menuju lokasi yang kamu tuju, Aplikasi Google Maps juga bisa memberikan informasi mengenai transportasi online yang ada di sekitar lokasi kamu berada saat ini. Informasi tersebut lengkap dengan estimasi biaya dan waktu perjalanan.

Aplikasi gratis ini terintegrasi dengan Google Street View yang bisa memberikan kamu gambaran real dari lokasi terkini yang kamu cari. Kamu bisa gunakan Aplikasi Google Maps untuk penggunaan luar ruangan dan juga bisa indoor untuk tempat-tempat publik yang ramai, seperti theme park atau mall.

3. Gmail dan Gmailify

Google Mail atau lebih akrab dengan istilah Gmail pastinya sudah tidak asing di telinga, bukan? Aplikasi email ini menjadi yang paling populer di dunia terutama dalam dunia kerja. Aplikasi ini bisa mengelompokkan email-email kamu ke folder berbeda.

Tujuannya untuk memudahkan kamu memilah mana email yang bersifat prioritas, promosi, dan lainnya. Ada juga aplikasi yang namanya cukup mirip dengan Gmail yaitu Gmailify. 

Secara sederhana, Gmailify dapat menyambungkan akun Outlook atau Yahoo kamu ke layanan Gmail. Jadi, para pengguna kedua ini juga bisa ikut merasakan berbagai fitur dalam Gmail.

4. Google Scholar

Google aplikasi berikutnya yang super berguna tapi mungkin tidak banyak diketahui adalah Google Scholar. Mirip seperti Google Search, Google Scholar merupakan mesin pencari, tapi khusus untuk kategori ilmiah.

Jadi jika kamu mendapat tugas kampus atau sekolah untuk membuat makalah atau karya ilmiah lain, kamu bisa menggunakan aplikasi Google Scholar. Aplikasi ini akan menyajikan jutaan jurnal dan sumber ilmiah berbagai tema dan dari berbagai negara.

5. Google Keep

Aplikasi gratis ini biasanya sudah terinstal otomatis pada setiap smartphone dengan sistem operasi Android. Aplikasi ini mirip seperti memo sederhana yang menggunakan antarmuka ramah pengguna.

Kamu bisa menyimpan catatan teks, foto poster, tanda terima, atau dokumen penting apapun dalam bentuk digital di Google Keep. Meskipun jumlah catatan kamu nantinya akan banyak, tapi jangan khawatir. 

Kamu dijamin tidak akan menemukan catatan yang kamu cari karena aplikasi ini dilengkapi dengan fitur kolom pencarian. Jadi kamu tinggal ketik nama memo kamu atau salah satu kalimat/kata yang ada di catatan teks kamu dan memo yang kamu cari akan langsung muncul. 

Kamu juga bisa memberikan label dan warna untuk catatan kamu agar tampilannya lebih menarik atau lebih mudah dibedakan per kategori. 

Aplikasi ini dijamin berguna untuk catatan pengeluaran bulanan, tugas sekolah, jadwal harian kamu yang mungkin sangat padat, deadline tugas kantor, dan banyak lagi.

6. Google Board

Google Board atau biasa disingkat Gboard adalah sebuah aplikasi keyboard virtual yang tidak hanya bisa di download pada Android tapi juga iOS. Dua fitur paling favorit dari Gboard adalah swipe typing dan voice typing, yang memungkinkan kamu untuk mengetik dengan lebih mudah serta cepat.

Tema papan ketik, bahasa, tinggi keyboard, kamus, pembenaran ejaan, dan sejumlah aspek lain juga bisa kamu atur jika menggunakan Gboard.

7. Snapseed

Aplikasi ini memang bukan dibuat oleh Google, namun sudah diakuisisi Google dari developer Nik Software. Snapseed merupakan aplikasi edit foto yang berisi banyak fitur canggih untuk mengubah foto kamu yang bisa menjadi lebih estetik.

Beberapa fitur yang dimilikinya seperti heal, brush, clone stamp, filter, HDR Scape, dan banyak lagi. Kepopuleran Snapseed sudah tidak perlu diragukan lagi dan konon menjadi salah satu saingan terberat dari VSCO yang juga tak kalah terkenal. 

Kamu bisa gunakan aplikasi ini secara gratis yang terbatas pada fitur atau pilih akun premium untuk menikmati seluruh fitur.

8. Google Primer

Buat kamu yang tertarik terjun ke dunia bisnis namun belum cukup ilmu, maka kamu bisa mendownload Google Primer. Aplikasi ini akan memberikan kursus online mengenai bisnis rintisan dan digital marketing

Ada banyak ilmu, tips, studi kasus, dan juga beberapa kuis yang bisa kamu ikuti.

Sejumlah Google aplikasi bisa berguna untuk tugas kuliah/sekolah, beberapa yang lain bisa mempermudah pekerjaan, dan bahkan ada juga yang bisa membuat traveling kamu menjadi lebih simpel. Untuk kamu yang suka fotografi, Google pun memiliki aplikasi edit foto yang keren.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment