Dampak Pencemaran Udara Untuk Kesehatan Dan Lingkungan

Pencemaran udara merupakan sumber kematian utama di berbagai negara, karena dampaknya sangat buruk bagi kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan.

Bahkan katanya pencemaran udara lebih berbahaya dari perang dan HIV/AIDS.

Indonesia sendiri merupakan negara nomor 1 di asia tenggara dengan pencemaran udara paling tinggi.

Penyebab Pencemaran Udara

Ada 2 Faktor penyebab pencemaran udara faktor manusia dan alam. Pencemaran udara menjadi penyebab kerusakan lingkungan dampak dari pencemaran udara itu sendiri adalah menurunnya kualitas udara karena di pengaruhi unsur2 berbahaya yang masuk ke dalam atmosfer bumi, unsur-unsur berbahaya itu terdiri dari karbon monoksida, nitrogen dioksida, sulfur dioksida, hidro carbon, benda partikulat, timah, dan karbon dioksida. Unsur – unsur ini di sebut polusi, jadi polusi yang masuk ke dalam atmosfer bumi menyebabkan pencemaran udara.

Faktor Manusia

Faktor penyebab utama dari masuknya polusi ini ke atmosfer bumi adalah ulah manusia itu sendiri inilah kegiatan manusia yang menjadi penyebab utama pencemaran udara.

1. Kegiatan Membakar

Seperti kegiatan membakar sampah, kendaraan motor mobil, kegiatan pabrik. polusi yang dihasilkan adalah, debu asap, pasir halus, dan gas karbon monoksida.

2. Kegiatan Peleburan

Seperti Kegiatan peleburan baja, pembuatan keramik, aspal jalanan. Polusi yang di hasilkan adalah debu asap, dan gas

3. Kegiatan Pertambangan dan Penggalian

Kegiatan ini dapat menghasilkan debu yang dapat menyebabkan pencemaran udara

4. Kegiatan Pembuangan Limbah Industri

Limbah industri ini menghasilkan polusi gas hidrogen sulfida di mana gas ini sangat berbahaya bagi manusia, gas ini tidak berwarna, beracun, mudah sekali terbakar dan memiliki aroma busuk.

5. Kegiatan Kimia

Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan pengolahan minyak bumi, dan mineral polusi yang di hasilkan berupa gas, debu dan asap.

6. Kegiatan Pembangunan

Seperti pembangunan perumahan, gedung – gedung, dan pembuatan jalan polusi yang di hasilkan adalah debu dan asap.

7. Kegiatan Percobaan Nuklir

Polusi dari kegiatan ini adalah gas dan debu radioaktif.

Faktor Alam

Faktor alam merupakan penyebab dari pencemaran udara terbesar, faktor alam ini juga di sebabkan oleh aktivitas gunung berapi, letusan dari gunung berapi mengeluarkan abu vulkanik dan gas. seperti waktu gunung krakatau meletus hampir seluruh dunia menjadi gelap karena di tutupi abu vulkanik yang terbawa oleh angin.

Penyebab lainya seperti kebakaran hutan, di indonesia sering terjadi kebakaran hutan namun penyebab utama dari kebakarn hutan bukan alam tapi manusia, bahkan data di tahun 2021 hutan yang terbakar habis sampai luasnya 358.867 hektar data ini meningkat 20.8% dari tahun 2022. ini pertanda bahwa hutan di indonesia lama kelamaan akan habis karena di tebang, di bakar untuk kepentingan industri kelapa sawit. asap dari hasil pembakaran hutan menyebabkan pencemaran udara.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment