5 Manfaat Mengonsumsi Tepung Spelt Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Mengonsumsi Tepung Spelt – Tepung spelt atau spelt flour merupakan salah satu jenis tepung yang dipercaya memiliki kandungan nutrisi baik di dalamnya. Layaknya tepung lainnya, tepung spelt juga bisa dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat makanan olahan. Selain rasanya yang enak, penggunaan tepung spelt dalam pembuatannya tentunya akan memberikan efek menyehatkan tubuh.

Spelt sendiri berbentuk bulir hampir mirip seperti gandum. Tidak hanya bentuknya saja, melainkan jus kandungan nutrisi di dalamnya juga hampir sama dengan yang ada pada gandum. Karena itulah spelt yang diolah menjadi tepung bisa menjadi pilihan tepung sehat untuk keluarga. Ada banyak manfaat mengonsumsi tepung spelt tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Manfaat Mengonsumsi Tepung Spelt Bagi Kesehatan Tubuh

Disinggung di atas bahwasannya spelt punya kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Beberapa kandungan nutrisinya tersebut, antara lain:

  • Serat
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Fosfor
  • Mangan
  • Vimtain B3
  • Seng
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Kalori

Selain kandungan nutrisi baik di atas, spelt juga diklaim bebas gluten sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang menghindari olahan yang mengandung gluten. Adapun manfaat mengonsumsi tepung spelt selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mencegah Obesitas

Manfaat yang pertama mengganti tepung biasa dengan tepung spelt yakni bisa membantu seseorang menjaga berat badannya tetap stabil. Dengan demikian, risiko obesitas akan ditekan secara maksimal.

Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan atau diet, tidak ada salahnya untuk mengganti penggunaan tepung biasa dengan spelt flour. Manfaat ini sendiri didapat dari kandungan nutrisi lengkap yang ada di dalamnya, di mana sudah disebutkan di atas.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Stroke

Selain bisa menjaga berat badan agar tetap stabil, mengonsumsi tepung spelt juga dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit stroke. Kita tahu penyakit stroke menjadi momok menakutkan di masyarakat. Tidak hanya bisa diderita oleh orang dewasa saja, penyakit stroke bahkan juga bisa diderita oleh remaja.

Hal ini tentu tidak boleh dianggap remeh, mencegah akan lebih baik daripada mengobati. Salah satunya yakni mengganti penggunaan tepung konvensional dengan tepung spelt yang kaya akan nutrisi baik di dalamnya.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit stroke masih ada kaitannya dengan penyakit jantung, di mana ini juga merupakan penyakit yang banyak diderita oleh banyak orang. Penyakit jantung akan membuat penderitanya tidak sadarkan diri, bahkan lebih parahnya bisa langsung meninggal dunia.

Mengonsumsi makanan olahan yang dibuat dari tepung spelt dipercaya bisa menurunkan risiko serangan jantung. Ini karena adanya kandungan nutrisi seperti serat, protein, seng, karbohidrat hingga zat besi yang ada di dalamnya.

4. Mencegah Penyakit Diabetes Tipe 2

Penderita diabetes tipe 2 juga bisa memilih tepung spelt sebagai pengganti dari tepung terigu atau jenis tepung lainnya yang biasa digunakan membuat olahan makanan. Memilih tepung spelt juga dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 dengan cukup efektif.

Seperti yang sudah disinggung di atas, tepung spelt ini bebas gluten. Beberapa jenis tepung yang mengandung gluten biasanya akan berdampak pada meningkatkan kadar gula darah sehingga perlu dihindari oleh penderita diabetes.

5. Mencegah Risiko Kanker

Dan manfaat mengonsumsi tepung spelt yang terakhir adalah sebagai pencegahan penyakit kanker. Ada beberapa jenis kanker yang bisa kita ketahui, beberapa di antaranya diklaim bisa dicegah dengan mengonsumsi tepung dari biji spelt ini.

Meskipun tidak berdampak besar terhadap penurunan risiko penyakit kanker, akan tetapi setidaknya kita sudah melakukan pencegahan terhadapnya.

Itu tadi beberapa manfaat mengonsumsi tepung spelt bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment