5 Jenis Ikan yang Boleh Dimakan Oleh Penderita Darah Tinggi

Ikan yang Boleh Dimakan Oleh Penderita Darah Tinggi – Banyak yang percaya mengonsumsi ikan tidak disarankan bagi penderita darah tinggi. Mereka menganggap kandungan yang ada di dalam ikan bisa membuat kondisi darah tinggi seseorang semakin parah. Padahal tidak semua jenis ikan berbahaya bagi penderita penyakit darah tinggi. Ada beberapa jenis ikan yang justru disarankan untuk dikonsumsi secara rutin.

Beberapa jenis ikan memiliki kandungan Omega-3 yang cukup tinggi dan ini sangat baik untuk penderita darah tinggi. Kandungan tersebut dipercaya membuat pembuluh darah menjadi lebih sehat sehingga akan meredakan darah tinggi dan sekaligus mencegahnya. Adapun beberapa jenis ikan yang boleh dimakan oleh penderita darah tinggi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

5 Jenis Ikan yang Boleh Dimakan Oleh Penderita Darah Tinggi

1. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang kaya akan kandungan Omega-3 di dalamnya. Kandungan Lemak Omega-3 tersebut cukup tinggi, yakni sekitar 2,3 gram untuk 100 gram daging ikan salmon. Kandungan Omega-3-nya yang tinggi ini membuat ikan salmon sangat baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa kandungan nutrisi lain yang terdapat di dalam daging ikan salmon. Beberapa kandungan nutrisi yang dimaksud, seperti protein, potasium, hingga vitamin B kompleks.

2. Ikan Bandeng

Ikan yang terkenal duri-duri kecil yang banyak bahkan di dalam dagingnya ini ternyata juga punya manfaat baik bagi penderita darah tinggi. Ini karena ikan bandeng juga punya kandungan Lemak Omega-3 yang cukup tinggi di dalam dagingnya. Besar lemak Omega-3 yang dimilikinya tersebut mencapai 14% dari porsi takaran ikan tersebut.

Kandungan di dalam ikan bandeng ini dipercaya ampuh untuk menurunkan trigliserida yang ada di dalam aliran darah. Tidak hanya itu, ikan bandeng juga punya manfaat lain, yakni bisa mencegah anemia.

3. Ikan Teri

Jenis ikan lainnya yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi adalah ikan teri. Ikan yang memiliki ukuran tubuh kecil ini ternyata punya kandungan Lemak Omega-3 yang cukup tinggi di dalamnya, sehingga sangat baik untuk penderita darah tinggi. Kandungan Omega-3-nya tersebut mencapai 2,4 gram untuk 100 gram ikan teri.

Khasiat lainnya, mengonsumsi ikan teri bagi anak-anak juga dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan otak mereka.

4. Ikan Tuna

Termasuk salah satu jenis ikan mahal, ikan tuna biasanya sering dijadikan sebagai olahan sushi oleh masyarakat Jepang khususnya. Dagingnya yang empuk dan punya cita rasa yang khas, menjadi ikan tuna sebagai salah satu ikan favorit untuk dikonsumsi.

Seperti beberapa jenis ikan di atas, ikan tuna juga punya kandungan Lemak Omega-3 yang cukup tinggi. Kandungan Omega-3 yang terdapat di dalam daging ikan tuna tersebut sekitar 1,4 gram dari 165 gram ikan tuna. Selain itu, terdapat pula kandungan protein, mineral dan vitamin di dalamnya yang juga baik untuk kesehatan tubuh.

5. Ikan Sarden

Dan jenis ikan yang baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi yang terakhir yakni ikan sarden. Ikan satu ini merupakan jenis ikan yang menjadi sumber asam Lemak Omega-3 yang sangat tinggi. Kandungannya ini tentu bermanfaat baik untuk penderita darah tinggi.

Ikan sarden memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan lebih mudah hancur. Ikan jenis ini sering dijadikan sebagai ikan dalam kemasan yang bisa disantap secara instan. Namun, untuk ikan sarden yang sudah dalam kemasan, mungkin perlu ditanyakan lagi soal efek baik yang diberikannya.

Itu tadi beberapa jenis ikan yang boleh dimakan oleh penderita darah tinggi yang perlu Anda tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment