6 Manfaat, Serta 3 Cara Penerapan Utamakan Keselamatan Kerja

Utamakan keselamatan kerja – Selain bekerja harus sesuai dengan SOP dan prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan, kegiatan yang dilakukan dalam pekerjaan juga harus mengutamakan keselamatan kerja. Dengan Anda utamakan keselamatan kerja, berbagai hal positif akan Anda dapatkan selama bekerja.

Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik, hasilnya akan maksimal dan pastinya pulang dengan selamat. Oleh karena itu bagi suatu perusahaan, memberikan informasi, penyuluhan dan training keselamatan kerja menjadi hal yang sangat penting dilakukan.

Alasan Utamakan Keselamatan Kerja Itu Penting

Ada beberapa alasan mengapa utamakan keselamatan kerja itu penting dalam menerapkan semua prosedur kerja di lingkungan kerja.

Adapun beberapa alasannya sebagai berikut :

Membuat karyawan lebih sadar tentang bahaya dan resiko kecelakaan kerja di tempat kerja

Sampai saat ini masih banyak karyawan suatu perusahaan yang tidak peduli dengan resiko dan bahaya kerja di tempat kerja. Oleh karena itu peraturan tentang keselamatan kerja harus lebih ditekankan lagi.

Karyawan juga harus lebih sadar tentang hal ini sehingga dapat membantu suatu perusahaan untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja dan memiliki langkah pencegahan yang jauh lebih baik.

Satu hal yang Anda harus ingat bahwa tidak hanya pekerja di lapangan saja yang sebenarnya memiliki kerentanan untuk mengalami bahaya di lingkungan kerja. Melainkan, karyawan kantor pun berpotensi mengalaminya.

Untuk pekerja kantoran atau karyawan kantor, beberapa resiko keselamatan kerja yang umumnya mengintai diantaranya yaitu :

  1. Jatuh atau tergelincir di kantor
  2. Mengalami cedera punggung atau tulang belakang karena duduk seharian di meja kerja
  3. Mata mengalami kelelahan akibat terlalu bekerja di depan komputer
  4. Mengalami asma dan gangguan pernapasan karena kualitas udara dalam ruangan yang buruk

Meningkatkan performa karyawan

Dengan intrik dalam utamakan keselamatan kerja di tempat kerja, performa yang dimiliki  karyawan bisa semakin meningkat. Hal ini karena pekerja atau karyawan akan merasa lebih nyaman selama berada di tempat kerja.

Nah, dengan rasa nyaman ini umumnya mampu menjadikan karyawan lebih giat dan jauh lebih disiplin lagi dalam produktivitasnya selama bekerja. Sehingga tujuan perusahaan akan diraih dan karyawan juga dapat pulang ke rumah dengan selamat setelah bekerja.

Meningkatkan loyalitas karyawan

Ketika keselamatan kerja tidak diutamakan, kecelakaan kerja akan terjadi.

Ketika kecelakaan kerja terjadi, tentu karyawan sedikit atau pun besar akan mengalami trauma dalam bekerja. Nah, rasa trauma ini menjadi salah satu sikap berbahaya yang dimiliki karyawan pada akhirnya karena dapat mengurangi tingkat keloyalan mereka terhadap perusahaan.

Padahal, perusahaan sangat membutuhkan karyawan yang loyal kepada usaha mereka. Oleh sebab itu, memperhatikan keselamatan kerja dan utamakan keselamatan kerja sangat penting demi meningkatkan loyalitas karyawan kepada perusahaan selama mereka bekerja.

Dengan memiliki standar kerja dan aturan baku tentang K3 di lingkungan kerja, perusahaan dapat menunjukkan kepada pekerja bahwa mereka peduli dengan keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan para pegawai.

Dengan begitu perusahaan dapat mencapai tujuannya dan karyawan pun dapat lebih berbahagia selama bekerja.

Mengurangi stress yang berpotensi dirasakan oleh karyawan

Alasan penting lainnya mengapa utamakan keselamatan kerja itu penting yaitu berguna untuk mencanangkan budaya keselamatan kerja sehingga dapat menurunkan resiko stress untuk karyawan. Dengan demikian, karyawan tidak akan tersiksa selama bekerja.

Jam kerja telah diatur, begitu pula dengan jam lemburnya jika memang ada. Hal ini penting karena jika jam kerja terlalu panjang dan kemudian jadwal lembur sangat banyak dan tidak jelas, maka karyawan akan rentan mengalami stress. Akibatnya, berbagai macam penyakit akibat kerja akan muncul mulai dari penyakit fisik atau pun penyakit mental.

Menurunkan potensi kerugian bagi perusahaan

Adanya tunjangan dan pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja menjadikan kecelakaan kerja sangat mungkin untuk dihindari dan di cegah. Karena itu, perusahaan dapat menurunkan angka kerugian akibat karyawan yang tidak masuk karena sakit atau karena mengalami kecelakaan kerja. Tentu hal ini tidak hanya menguntungkan bagi karyawan, melainkan juga sangat menguntungkan bagi perusahaan.

Menjaga reputasi perusahaan

Saat ini kita sedang hidup di zaman yang menjadikan siapa pun dapat mengunggah apapun ke internet, utamanya di sosial media. Tak terkecuali dengan pengalaman kerja.

Nah, jika perusahaan tidak menerapkan standar dan aturan baku tentang keselamatan kerja, tentunya informasi tentang minus atau jeleknya perusahaan akan mudah disebar. Entah itu disebar oleh karyawan, mantan karyawan atau pesaing.

Nah, hal tersebut tentunya akan menghancurkan reputasi perusahaan yang sudah dibangun cukup lama. Oleh karena itu, informasi dan training K3 di lingkungan kerja sangat penting diperhatikan.

Nah, banyak bukan alasan penting mengapa keselamatan kerja harus diutamakan?

Tata Cara Penerapan Budaya Utamakan Keselamatan Kerja Di Lingkungan Kerja

Mengingat banyaknya program kesehatan dan keselamatan kerja yang harus diperhatikan, oleh karena itu perusahaan memiliki kewajiban sangat besar untuk menerapkan budaya K3 di lingkungan kerja dengan semaksimal mungkin.

Mengenai bagaimana tata cara penerapan budaya K3 di lingkungan kerja, sebagai berikut ini :

Membentuk manajemen kesehatan dan keselamatan kerja

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menerapkan budaya K3 di lingkungan kerja adalah dengan membentuk manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. Semua hal ini didirikan oleh organisasi terkait didalam perusahaan.

Perusahaan akan membuat suatu kebijakan yang diterapkan oleh seluruh bagian dari manajemen, mengomunikasikan dan mengusulkan program kesehatan dan program keselamatan kerja yang nantinya akan diterapkan oleh perusahaan.

Pihak manajemen yang telah dibentuk tersebut nantinya juga akan ikut serta dalam kegiatan keaktifan karyawan agar senantiasa berpartisipasi dalam setiap program yang dihadirkan.

Membuat rencana tentang sistem kesehatan dan keselamatan kerja

Setelah organisasi dibuat, rencana tentang sistem kesehatan dan keselamatan kerja yang harus dibuat selanjutnya. Hal tersebut penting untuk mewujudkan harapan perusahaan dan karyawan dalam setiap tata laksana program.

Dengan adanya rencana kesehatan dan keselamatan kerja sendiri, semua hal yang dilakukan perusahaan akan jauh lebih terarah. Rencana yang telah dibuat tersebut juga dapat mengidentifikasi berbagai masalah tentang resiko, bahaya pekerjaan serta sekaligus memprioritaskan masalah yang teridentifikasi di lingkungan kerja.

Semua itu ditawarkan dengan tujuan untuk memberikan akses terhadap peningkatan sistem K3 serta pengurangan resiko dan bahaya kerja di lingkungan kerja.

Penerapan rencana kerja yang telah dibuat

Setelah semua rencana yang telah dibahas di rasa matang, kemudian manajemen K3 dalam perusahaan baru mulai harus menerapkan semua rencana yang telah dibuat. Penerapannya harus dipantau. Hasil pelaksanaannya harus dievaluasi untuk dicari tahu kelebihan dan kelemahannya apa saja.

Jika memang ada kelemahan, kelemahan tersebut harus diperbaiki sehingga program keselamatan kerja dapat terselenggara jauh lebih baik dari sebelumnya.   

Dengan cara utamakan keselamatan kerja itu sendiri, perusahaan dan karyawan yang terlibat didalam proses kerja akan mendapatkan beragam manfaat baik secara langsung atau pun tak langsung. Sehingga semua pihak akan lebih tenang selama proses kerja berlangsung.

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment