Tips Memilih AC Terbaik Untuk Ruang Kerja Sesuai Budget dan Kebutuhan

Keselamatankerja – Memiliki AC di dalam rumah atau ruangan kantor menjadi salah satu idaman bagi masyarakat Indonesia yang memiliki iklim tropis, terutama di kala musim kemarau atau panas datang. Hal tersebut karena suhu ruangan bisa mempengaruhi mood saat beraktivitas di rumah atau bekerja di kantor.

Namun saat ingin membeli AC, banyak hal harus diperhatikan seperti budget yang ada, pemasangan, biaya perawatan dan perbaikan, dan tentunya tagihan listrik per bulannya yang harus ikut dihitung. Oleh karena itu, sebelum anda membeli AC baiknya pertimbangkan hal-hal berikut yang menjadi tips memilih ac terbaik sesuai dengan kebutuhan anda.

Belilah AC dengan Ukuran PK yang Sesuai dengan luas ruangan anda

AC memiliki ukurannya tersendiri dalam hal daya cakup ruangan yang bisa didinginkan. Ukuran tersebut adalah PK AC. Makin besar PK  suatu AC, maka makin luas ruangan yang bisa didinginkan oleh AC tersebut.

Sehingga hal yang pertama perlu anda lakukan adalah mengetahui luas ruangan yang ingin anda letakkan pendingin udara di dalamnya. Hal ini agar AC bekerja sesuai dengan kapasitasnya. Tidak terlalu mahal untuk ruangan kecil, dan tidak terlalu bekerja keras untuk ruangan yang terlalu besar.

Berikut rekomendasi perkiraan luas ruangan dengan ukuran PK AC nya:

  • 0,5 PK    : Luas ruangan 10 m2
  • 1 PK    : Luas ruangan 18 m2
  • 2 PK    : Luas ruangan 36 m2
  • Sesuaikan Jenis AC dengan Kebutuhan Anda

tips memilih ac terbaik selanjutnya adalah menyesuaikan antara jenis dan kebutuhan. AC juga memiliki jenis-jenisnya tersendiri menyesuaikan dengan fitur dan kapasitas yang dibutuhkan. Tergantung dari anda akan diletakkan di mana AC tersebut.

Misal jika di rumah maka jenis AC Split cocok anda beli karena memang sering di pakai di rumah. AC Split juga cocok untuk kantoran, atau untuk pilihan lainnya anda bisa memilih AC Casette untuk kantor anda.

Sedangkan jika fungsi fleksibilitas yang paling anda cari alias AC nya bisa dipindahkan dengan mudah dan cepat kemana-mana, maka model AC Standing bisa jadi pilihan paling pas untuk anda. AC Standing sudah dilengkapi dengan roda di tempat stand nya yang sudah disediakan dari penjualnya.

Sedangkan jika anda ingin membeli AC untuk ruangan yang sangat besar seperti pusat perbelanjaan mall datau hotel misalnya, maka pilihan yang pas adalah AC Central dengan kapasitasnya yang memang untuk ukuran besar.

Perhatikan perkiraan Intensitas penggunaan AC

Perkiraan ini penting karena berkaitan dengan tipe AC yang akan dibeli dan tagihan listrik bulanan anda. Apabila anda akan menggunakan AC seperlunya atau dengan kata lain tidak lama-lama amat, maka tipe AC standar dengan watt kecil bisa anda pilih.

Sedangkan jika penggunaan AC anda diperkirakan lebih dari 6 jam per hari, maka AC tipe inverter bisa anda gunakan. Tipe AC ini bisa lebih hemat karena kinerjanya yang menyesuaikan dengan suhu ruangan anda. Kinerjanya akan menurun apabila suhu ruangan sudah dingin sehingga lebih hemat energi.

Pilihlah model yang desainnya sederhana sehingga memudahkan perawatan

Jangan lupakan satu aspek penting ini, yaitu desain AC. Pilihlah desain yang sederhana dengan tujuan memudahkan cara pembersihan dan perawatannya sehingga bisa dilakukan oleh diri sendiri. Hal ini membuat anda bisa dengan mudah kapan saja membersihkan AC jika sudah terasa kotor tanpa perlu meminta bantuan jasa perawatan AC dan menghemat biaya perawatan

Jika desainnya rumit maka akan semakin sulit untuk anda membersihkannya sendiri dan butuh biaya tambahan perawatan karena harus menyewa jasa tukang servis AC secara rutin.

Belilah AC dengan Fitur yang Memang Anda butuhkan

Semakin banyak fitur yang ditawarkan suatu model AC, maka harganya pun semakin mahal. Oleh karena itu pertimbangkan dengan betul fitur apa saja yang ingin didapatkan dari AC yang anda beli. 

Itulah tips memilih ac terbaik dari kami. Salah satu referensi untuk mencari AC terbaik dengan harga murah yaitu dengan mengunjungi website Iprice. Pastikan anda mendapatkan AC terbaik dari brand ternama.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment