10 Anggota Tim Tanggap Darurat (Emergency response team) Serta Tugasnya

Tim tanggap darurat atau yang dalam Bahasa Inggris Emergency response team bagi suatu perusahaan wajib untuk dimiliki.

Tim tanggap darurat ini memiliki fungsi untuk menangani berbagai masalah dan kondisi darurat pada suatu kejadian tak diinginkan yang berkaitan dengan perusahaan.

Kondisi darurat yang penting untuk dipahami oleh tim tanggap darurat K3 sendiri dipahami sebagai kondisi sulit yang memerlukan suatu penanganan sesegera mungkin ketika kecelakaan akibat kerja terjadi di lingkungan kerja.

Dalam pembentukan suatu tim tanggap darurat atau yang disebut sebagai emergency response team, struktur organisasi tanggap darurat diperlukan. Dengan adanya struktur organisasi tersebut tentunya bagian penanganan dapat dimaksimalkan. Berikut informasi lengkapnya untuk Anda!

Struktur Organisasi Tanggap Darurat

Struktur Organisasi Tanggap Darurat
Struktur Organisasi Tanggap Darurat

Struktur organisasi emergency response team atau tim tanggap darurat bagi suatu perusahaan terdiri atas beberapa bagian diantaranya :

  1. Ketua
  2. Wakil ketua
  3. Regu pemadam kebakaran
  4. Regu evakuasi
  5. Regu P3K
  6. Logistik
  7. Transportasi
  8. Komunikasi internal
  9. Komunikasi eksternal
  10. Keamanan

Masing – masing bagian tersebut tentu memiliki tugas dan wewenang sendiri – sendiri. Adapun tugas dan wewenangnya sebagai berikut :

Ketua

Dalam struktur tanggap darurat, bagian penting dalam tim yang harus ada adalah ketua.

Ketua dalam struktur tim tanggap darurat memiliki tugas berikut ini :

  1. Menentukan dan memutuskan kebijakan tanggap darurat suatu perusahaan
  2. Pengajuan anggaran dana sarana serta prasarana yang berkaitan dengan kegiatan tanggap darurat suatu perusahaan
  3. Mengundang adanya partisipasi dari seluruh karyawan perusahaan untuk latihan prosedur tanggap darurat. Dalam hal ini suatu perusahaan wajib memberikan contoh prosedur tanggap darurat K3 yang seperti apa untuk semua elemen karyawan perusahaan.
  4. Menjadwalkan pertemuan rutin atau non rutin atas semua tim
  5. Menyusun rencana untuk memulihkan suatu keadaan darurat di dalam perusahaan

Wakil ketua

Wakil ketua merupakan bagian dari struktur yang bertugas untuk meneruskan apa yang menjadi tugas ketua kepada bagian tim yang posisinya berada di bawahnya.

Adapun tugas wakil ketua dalam struktur tim tanggap darurat tugasnya sebagai berikut :

  1. Membuat laporan yang berkaitan dengan kinerja tim tanggap darurat
  2. Melakukan pemantauan terhadap perawatan dan kebutuhan sarana prasarana tanggap darurat suatu perusahaan
  3. Melaksanakan kerja sama dengan pihak terkait yang berkaitan dengan tanggap darurat suatu perusahaan
  4. Membantu tugas – tugas ketua jika ketua berhalangan hadir atau mengalami halangan yang lainnya

Regu pemadam kebakaran

Sesuai dengan namanya, regu pemadam kebakaran merupakan tim yang memiliki tugas untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran dan menanggulangi dampak tidak diinginkan ketika kebakaran terjadi.

Regu pemadam kebakaran dalam suatu perusahaan memiliki tugas sebagai berikut :

  1. Melakukan kegiatan pemadaman api ketika kebakaran terjadi dengan mengandalkan semua sarana pemadam api di lingkungan perusahaan secara aman, selamat dan efektif.
  2. Melaporkan segala hal yang berkaitan dengan perusahaan kepada koordinator, wakil atau ketua unit tanggap darurat

Regu evakuasi

Tim evakuasi merupakan tim yang memiliki wewenang dan tugas berikut ini :

  1. Memimpin prosedur evakuasi secara selamat, cepat dan aman
  2. Melaporkan segala hal yang berkaitan dengan kekurangan atau kerusakan sarana serta prasarana evakuasi yang terjadi di lingkungan perusahaan kepada koordinator, wakil atau ketua unit tanggap darurat setempat.
  3. Melaporkan jika ada korban baik korban yang terluka, terjebak atau tertinggal kepada regu P3K, koordinator dan ketua serta wakilnya.

Regu P3K

Regu P3K memiliki beberapa tugas berikut ini :

  1. Melaksanakan tindakan P3K
  2. Melaporkan berbagai macam aspek yang berkaitan dengan kekurangan atau kerusakan sarana dan prasarana P3K di lingkungan perusahaan kepada koordinator, wakil ketua atau ketua unit tanggap darurat.
  3. Melaporkan kepada pihak koordinator atau wakil unit tanggap darurat jika terdapat korban yang perlu tindakan medis lebih lanjut kepada pihak di luar perusahaan (jika petugas P3K sudah tidak dapat menangani masalah medis yang ada)

Tim logistik

Tim logistik memiliki tugas untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan umum tanggap darurat seperti makanan, minuman, pakaian, selimut, dan sebagainya ketika hal tak diinginkan yang menyebabkan bahaya dan kondisi darurat terjadi.

Tim transportasi

Tim ini bertugas untuk mengakomodasi sarana transportasi darurat dari dalam atau luar lingkungan perusahaan.

Komunikasi internal

Tim ini memiliki tugas untuk melakukan pemantauan terhadap perkembangan penanganan kondisi darurat dan menjembatani komunikasi antar regu didalam unit tanggap darurat. Tugasnya yang lain juga untuk memastikan alur komunikasi yang terjalin antar satu regu dengan unit regu tanggap darurat lainnya terlaksana secara teratur dan lancar.

Tim komunikasi eksternal

Tim ini bertugas untuk melakukan pemantauan terhadap seluruh informasi internal dan mengakomodasi informasi atau pemberitahuan untuk pihak luar. Selain itu tugasnya juga untuk menghubungi pihak eksternal terkait dengan kepentingan tanggap darurat.

Tim keamanan

Tim ini bertugas untuk melaksanakan berbagai tindakan keamanan internal atau eksternal selama berlangsungnya semua hal yang berkaitan dengan kegiatan tanggap darurat perusahaan.

Contoh Prosedur Tanggap Darurat k3

Dalam prosedur tanggap darurat, masing – masing unit tanggap darurat pasti memiliki tugasnya masing – masing dan wajib menjalankan tugas tersebut. Prosedur yang diperlukan dalam menangani suatu kondisi darurat dalam perusahaan meliputi :

Identifikasi kondisi darurat

Langkah pertama menuju perencanaan tanggap darurat adalah melakukan identifikasi terhadap semua situasi darurat yang mungkin dihadapi organisasi selama berada di jam kerja atau setelah jam kerja. Pastikan untuk Anda mempertimbangkan lokasi perusahaan, sifat pekerjaan perusahaan, mesin atau bahan kimia yang digunakan, dibuat dan disimpan dalam lokasi.

Pastikan Anda membuat semua daftar potensi kondisi darurat yang mungkin dihadapi oleh perusahaan. Penilaian atas resiko terkait dengan kondisi darurat juga penting Anda pahami.

Buatlah rencana tanggap darurat

Segala hal yang berkaitan dengan rencana tanggap darurat perlu dibuat tepat setelah kondisi darurat dan mekanisme tanggapan diidentifikasi. Hal ini akan mencakup berbagai macam prosedur untuk menangani kondisi darurat, lokasi dan instruksi untuk memfasilitasi prosedur evakuasi, dan fasilitas darurat.

Komunikasi tentang prosedur tanggap darurat

Ketika rencana tanggap darurat sudah dibuat, komunikasi sangat penting diperhatikan semua pemangku kepentingan. Dengan komunikasi yang baik, situasi darurat dapat ditangani dan jika latihan darurat dilakukan maka impactnya akan sangat besar.

Evaluasi dan revisi terhadap prosedur tanggap darurat

Berbagai macam hal yang berkaitan dengan prosedur tanggap darurat harus dievaluasi setelah latihan atau setelah kondisi darurat dihadapi. Jika memang diperlukan, prosedur tanggap darurat harus di ubah atau di revisi berdasarkan hasil pengujian atau hasil latihan yang telah dilakukan sebelumnya.

Prosedur tanggap darurat seperti di atas penting dijalankan oleh suatu perusahaan untuk lebih berhati – hati dalam manajemen keselamatan dan kesehatan kerja karyawan. Prosedur didalamnya meliputi berbagai hal yang berkaitan dengan respons kondisi darurat yang dapat dilakukan ketika keadaan darurat terjadi dan semua bagian unit kerja perlu memahaminya.

Contoh unit kerja yang sudah paham tentang prosedur tanggap darurat sebagai berikut :

Ketika ada tanda – tanda kebakaran di lingkungan perusahaan, unit kerja tersebut langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran dan memanfaatkan apar yang tersedia di dalam lingkungan perusahaan untuk dimanfaatkan dengan baik.

Dengan begitu potensi kebakaran yang memicu bahaya bagi lingkungan perusahaan dan karyawan yang ada didalamnya dapat diminimalisir.

Download Struktur Unit Organisasi Tim Tanggap Darurat K3

Download Struktur Unit Organisasi Tim Tanggap Darurat K3 (Emergency Response Team) – Ms. Office Visio (Emergency Response Team) – ZIP – Ms. Office Visio

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment