9 SOP K3, Kumpulan SOP K3 Perusahaan dan Tambang, dan Contohnya!

Pengertian SOP K3

SOP K3 (Standard Operational Procedure Keselamatan dan Kesehatan Kerja) atau prosedur standar operasi merupakan suatu prosedur k3 atau standar yang diperlukan guna memberikan suatu informasi tentang bagaimana cara bekerja yang aman dan sesuai kaidah K3 di lingkungan kerja.

Perusahaan apapun sangat membutuhkan SOP K3 dalam menjalankan aktivitas sehari – harinya, termasuk perusahaan pertambangan.

Oleh sebab itu dengan adanya SOP K3 bagi perusahaan tambang, maka kegiatan operasionalnya akan lebih aman dan sesuai peraturan yang diberlakukan sehingga terjadinya kecelakaan akibat kerja dapat diminimalisir.

Sebagai contoh, berikut kumpulan SOP k3 di perusahaan tambang yang diberlakukan sebagian besar perusahaan tambang. Let’s check these out!

Contoh SOP K3 di Perusahaan Tambang

Contoh SOP K3 di perusahaan tambang diperlukan untuk mengantisipasi beberapa hal berikut ini :

  1. Mengantisipasi penyakit yang timbul akibat kecelakaan kerja di lingkungan tambang
  2. Mengantisipasi resiko cedera pekerja tambang
  3. Meminimalisir cedera selama dan sesudah kegiatan pertambangan berlangsung
  4. Mengatur jam kerja pertambangan
  5. Mengatur wilayah pertambangan

Contoh kecelakaan Tambang

Kecelakaan tambang sendiri terdiri atas dua golongan, meliputi :

  1. Cedera ringan : korban yang teridentifikasi sebagai cedera ringan tidak dapat melakukan tugas seperti sedia kala lebih dari 1 hari dan kurang dari kurun waktu 3 minggu
  2. Cedera berat : korban tidak dapat melakukan pekerjaan lebih dari 3 minggu dan harus mendapatkan perawatan secara intensif

Untuk meminimalisir resiko kecelakaan tambang tersebut, SOP k3 di perusahaan tambang di buat dan disahkan. Dalam SOP k3 perusahaan tambang, terdapat beberapa aspek yang diatur sedemikian rupa.

Contoh SOP k3 di Tempat Kerja Yang di Atur Dalam Perusahaan Tambang

Berikut kami ulas beberapa contoh SOP k3 di tempat kerja yang di atur dalam perusahaan tambang, diantaranya :

  1. SOP pakaian kerja
  2. SOP sepatu kerja
  3. SOP kacamata kerja
  4. SOP penggunaan penutup telinga
  5. SOP helm
  6. SOP sarung tangan kerja
  7. SOP tali pengaman
  8. SOP penggunaan masker
  9. SOP face shield

SOP pakaian kerja

Pakaian kerja di atur dan ditetapkan oleh perusahaan tambang. Pakaian kerja yang dianjurkan di pakai pekerja tambang biasanya adalah pakaian yang dapat memberikan perlindungan terhadap tubuh dan tidak melukai tubuh pekerja.

SOP K3 Pakaian Kerja
SOP K3 Pakaian Kerja

SOP sepatu kerja

Sepatu kerja yang bisa di pakai ketika bekerja tentu bukan sembarang sepatu. Sepatu kerja yang dapat di pakai adalah sepatu kerja berjenis safety shoes yang memang dapat memberikan perlindungan secara menyeluruh pada kaki.

Masing – masing pekerja butuh menggunakan sepatu dengan sol tebal supaya pekerja dapat berjalan bebas tanpa terluka benda tajam atau kemasukan kotoran di lingkungan tempat kerja.

Bagian depan sepatu harus cukup bagi kaki dan harus tebal agar ketika kaki tertimpa benda dari atas, maka bagian kakinya tidak terluka.

SOP K3 Sepatu Kerja
SOP K3 Sepatu Kerja

SOP kacamata kerja

Kacamata harus digunakan untuk memberikan perlindungan pada mata dari serpihan besi atau dari debu yang beterbangan karena tertiup angin.

Jenis kacamata kerja yang diperlukan untuk melindungi mata bagi pekerja tambang adalah kacamata yang jenisnya sama seperti kacamata yang digunakan melindungi mata ketika mengelas.

SOP K3 Helm Kacamata dan Penutup Telinga
SOP K3 Helm Kacamata dan Penutup Telinga

SOP penggunaan penutup telinga

Ear plug atau penutup telinga berfungsi sebagai alat pelindung telinga ketika pekerja tambang bekerja di tempat yang kondisinya bising.

SOP helm

Helm juga menjadi piranti atau perangkat penting bagi orang yang bekerja di lingkungan tambang. Helm diperlukan untuk melindungi kepala dan perlu digunakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Helm untuk pekerja tambang sama seperti helm bagi pekerja proyek bangunan.

SOP K3 Helm Kerja
SOP K3 Helm Kerja

SOP sarung tangan kerja

Sarung tangan juga diperlukan untuk pekerja tambang. Tujuan utama dari penggunaan sarung tangan sendiri adalah memberikan perlindungan terhadap tangan dari benda – benda yang sifatnya keras dan diperlukan untuk mengangkat barang – barang berbahaya.

SOP K3 Sarung Tangan kerja
SOP K3 Sarung Tangan kerja

SOP tali pengaman

Tali pengaman di atur penggunaannya karena berfungsi sebagai pengaman ketika pekerja bekerja di ketinggian. Pekerja diharuskan menggunakan alat ini ketika bekerja dengan ketinggian lebih dari 1,8 meter.

SOP K3 Tali Pengaman kerja
SOP K3 Tali Pengaman kerja

SOP penggunaan masker

Masker memiliki fungsi sebagai penyaring udara yang dihirup ketika bekerja di tempat dengan kualitas udara yang berdebu, beracun dan kondisi buruk lainnya. Karena itu pekerja tambang perlu menggunakan masker ketika sedang bekerja. 

SOP K3 Masker kerja
SOP K3 Masker kerja

SOP face shield

Pelindung wajah yang jenisnya face shield ini merupakan alat pelindung wajah yang diperlukan pekerja tambang guna melindungi wajah dari percikan benda asing ketika sedang bekerja.

SOP K3 Face Shield kerja
SOP K3 Face Shield kerja

Hal Hal Wajib Yang Harus Di Taati Dalam Aturan SOP Di Tempat Kerja

Selain harus menggunakan alat – alat pengaman dan alat pelindung diri di atas guna memenuhi aturan SOP K3 di lingkungan kerja, pekerja tambang juga perlu menaati beberapa aturan kerja berikut ini :

  1. Hindari kelalaian dan selalu bersikap siaga
  2. Taati standar keselamatan terbaru
  3. Gunakan pakaian sesuai yang ditetapkan
  4. Perusahaan harus berusaha agar pekerja selalu menjaga komunikasi
  5. Training profesional diperlukan untuk mendukung performa kerja karyawan

Hindari kelalaian dan selalu bersikap siaga

Bekerja di lingkungan tambang artinya siap menghadapi segala resiko tinggi yang ada di lingkungan kerja. Anda yang bekerja pada tempat yang memiliki resiko kecelakaan tinggi, pastinya perlu cermat dan senantiasa berhati – hati dalam segala hal.

Pastikan agar sebisa mungkin Anda menghindari sikap sembarangan yang dapat membuat nyawa diri sendiri dan tim di tempat kerja celaka. Mawas diri menjadi hal yang sangat penting dilaksanakan demi menjadikan semua orang di lingkungan kerja aman dan terhindar dari segala kemungkinan.

Taati standar keselamatan terbaru

Semua orang yang terlibat di lingkungan kerja harus selalu update dengan standar keselamatan yang ditetapkan. Jika ada SOP k3 terbaru, informasi perkembangannya juga harus diikuti dan perubahannya harus di taati.

Setiap orang yang bekerja di lingkungan tambang harus paham bahwa ketentuan standar keselamatan akan selalu tumbuh seiring berjalannya waktu. Karena itu update SOP terbaru menjadi hal penting yang harus ditekankan bagi masing – masing tim yang bekerja di perusahaan tambang.

Gunakan pakaian sesuai yang ditetapkan

Keamanan dan keselamatan kerja yang telah ditetapkan tidak akan pernah terwujud jika pekerja tambangnya malah abai dengan diri sendiri.

Keamanan dan keselamatan kerja yang sudah dibentuk SOPnya juga tidak akan pernah tercapai jika pekerja tidak menggunakan pakaian yang sesuai ketetapan.

Oleh karena itu memberikan informasi tentang pakaian kerja dan mengharuskan setiap orang yang bekerja di lingkungan tambang menaatinya menjadi hal yang sangat penting dilakukan.

Perintahkan beberapa anggota tim untuk menggunakan pakaian kerja sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Perusahaan harus berusaha agar pekerja selalu menjaga komunikasi

Untuk mencapai hasil maksimal dan mendapatkan target yang sesuai akan tercapai jika semua pekerja dapat berkomunikasi dengan baik.

Karena itu menjaga komunikasi di lingkungan kerja menjadi hal yang sangat penting. Komunikasi yang baik akan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, aman dan pastinya nyaman.

Training profesional diperlukan untuk mendukung performa kerja karyawan

Dalam rangka menghindari resiko kecelakaan kerja dan menjaga keselamatan kerja bagi setiap pekerja tambang, training profesional perlu diberikan. Cara memberikan training profesional yang dapat dilakukan diantaranya memberikan penyuluhan dan informasi terkait keselamatan kerja.

Training ini tidak hanya perlu diberikan kepada karyawan yang baru saja bergabung, melainkan juga perlu diberikan kepada tim dan anggota penambang lama yang mungkin telah lupa dengan SOP k3 seperti apa yang harus dilaksanakan karena larut dalam pekerjaan tersebut terlalu lama.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

3 thoughts on “9 SOP K3, Kumpulan SOP K3 Perusahaan dan Tambang, dan Contohnya!”

Leave a Comment