9 Jenis Sepatu Safety dan Cara Perawatannya

Sepatu safety merupakan salah satu perlengkapan penting dalam menjaga keselamatan kerja, dimana benda ini merupakan bagian dari 16 Alat pelindung diri yang wajib anda gunakan ketika memuali aktifitas kerja.

Jika dibandingkan dengan jenis sepatu lain, sepatu safety dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Bahkan sepatu safety bekas pun sekarang harganya juga masih mahal. Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah memiliki sepatu pengaman di rumah, pastikan Anda rawat sepatu Anda dengan sebaik mungkin karena banderol harga yang cukup mahal.

Sepatu safety sendiri ada banyak jenisnya dan cara perawatannya juga harus dilakukan secara tepat. Berikut kami ulas informasinya untuk Anda tentang bagaimana cara perawatan sepatu pengaman yang perlu Anda tahu. Let’s check these out!

Sepatu pengaman atau safety shoes
Sepatu pengaman atau safety shoes

Daftar Isi

Jenis – Jenis Sepatu Safety

Sepatu safety memiliki beberapa jenis. Dibedakan dari bentuknya, jenis sepatu safety terdiri atas :

  1. Low cut
  2. Middle cut
  3. Boot cut
  4. Toed shoes
  5. Insole shoes
  6. Metal instep footwear
  7. Metatarsal shoes
  8. Efektif hazard shoes
  9. Heat resistant shoes

Low cut

Jenis sepatu yang pertama sangat simple. Bentuknya tidak terlalu besar dan memiliki panjang tidak lebih tinggi dari betis kaki. Sepatu ini biasanya digunakan pada area yang tidak terlalu ekstrim seperti digunakan di dapur atau di area laboratorium.

Middle cut

Dibandingkan low cut, jenis sepatu ini sedikit lebih panjang. Panjangnya lebih tinggi dari betis kaki dan biasanya digunakan pada medan yang tidak terlalu berbahaya misalkan di lingkungan pabrik.

Boot cut

Jenis sepatu berdasarkan bentuknya yang terakhir adalah boot cut. Sepatu boot adalah jenis sepatu yang bentuknya cukup panjang bahkan ada yang memiliki panjang sampai di bagian lutut. Sepatu ini biasanya digunakan pada medan yang cukup ekstrim misalnya digunakan pada medan yang berlumpur.

Selain dibedakan dari bentuknya, jenis sepatu pengaman juga dibedakan dari manfaatnya. Adapun beberapa jenis sepatu pengaman yang dibedakan dari manfaatnya meliputi :

Toed shoes

Toed shoes merupakan safety shoes yang memiliki ciri khas pada bagian ujungnya dilengkapi dengan pelindung. Menggunakan Toed shoes menjadikan jari – jari kaki pengguna akan aman dari resiko kecelakaan kerja. Secara umum jenis sepatu ini digunakan oleh orang yang bekerja di lingkungan pabrik yang memproduksi material berat, misalkan digunakan pada pabrik kayu.

Insole shoes

Safety shoes ini memiliki ciri terbuat dari bahan baja ringan atau besi. Fungsi dari sepatu ini tidak hanya sekedar memberikan perlindungan terhadap kaki, melainkan juga melindungi tulang kaki. Sepatu jenis ini biasanya digunakan oleh orang dengan profesi mengandalkan kaki misalnya sopir truk.

Metal instep footwear

Sepatu jenis ini memberikan perlindungan khusus. Metal instep footwear merupakan jenis safety shoes yang terbuat dari bahan metal, besi atau baja ringan. Fungsinya pun sangat efektif dalam memberikan perlindungan terhadap kaki dari potensi tertusuk benda – benda tajam.

Metatarsal shoes

Metatarsal shoes merupakan jenis sepatu yang memiliki pelindung di bagian atas. Fungsinya melindungi kaki dari tertimpa benda berat. Sepatu ini biasanya digunakan oleh orang dengan profesi yang berkaitan dengan angkat mengangkat barang.

Efektif hazard shoes

Efektif hazard shoes merupakan jenis sepatu yang memiliki pelindung material khusus. Material tersebut biasanya memiliki sifat isolator atau tidak dapat menghantarkan arus listrik sehingga membuat orang yang bekerja pada lingkungan yang berkaitan dengan kelistrikan tidak mudah terkena sengatan listrik.

Heat resistant shoes

Jenis heat resistant shoes merupakan sepatu yang terbuat dari material khusus dan tidak dapat menghantarkan panas atau api. Jenis sepatu ini bersifat isolator dan tahan terhadap suhu sampai 300 derajad celcius. Sepatu jenis ini khusus digunakan oleh para pemadam kebakaran.

Rekomendasi Sepatu Safet Yang Bagus

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari sepatu safety, ada beberapa merk sepatu yang bisa jadi pilihan Anda diantaranya sebagai berikut :

  1. Vausky safety shoes
  2. Jogger bestboy S3
  3. Nike safety shoes
  4. King safety shoes
  5. Krisbow safety shoes

Vausky safety shoes

Model sepatu merk Vausky ini sangat mirip dengan sepatu sneakers. Sepatu ini merupakan merk safety shoes yang tahan terhadap air dan suhu panas. Bagian dalam sepatu ini menggunakan material bahan karet dan kulit sintetis. Sepatu kulit safety dengan model sneakers ini tergolong sebagai sepatu low cut safety shoes yang dibanderol dengan harga sebesar 360 ribu rupiah.

Jogger bestboy S3

Merk sepatu safety bagus yang selanjutnya bisa menjadi rekomendasi untuk Anda adalah Jogger bestboy S3. Sepatu jogger safety ini memiliki material baja di bagian toecap atau jari kaki tengah. Sepatu jenis ini tergolong sebagai sepatu toer shoes dan middle cut yang dibanderol dengan harga mulai dari 330 ribu rupiah.

Nike safety shoes

Merk sepatu Nike selama ini memang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Jika Anda mencari sepatu safety yang bagus maka Nike safety shoes ini dapat menjadi varian safety shoes yang dapat Anda pilih.

Sepatu jenis ini tergolong sepatu toed shoes dan middle cut yang menggunakan material kulit di bagian alas kakinya. Sepatu ini termasuk sepatu yang kedap air dan dapat Anda beli dengan harga mulai dari 350 ribu rupiah.

King safety shoes

Merk sepatu King adalah merk safety shoes yang dibanderol dengan harga murah. Anda bisa dapatkan safety shoes yang satu ini dengan banderol harga mulai dari 250 ribu rupiah saja. Anda bisa pilih sepatu King ini dengan model yang menggunakan tali atau tanpa tali.

Krisbow safety shoes

Krisbow safety shoes merupakan jenis sepatu safety yang cocok digunakan untuk Anda yang bekerja di bidang industri. Merk sepatu ini dapat menjadi opsi sepatu terbaik yang dapat Anda pilih. Merk Krisbow merupakan merk safety shoes yang sangat terkenal dan dibanderol dengan harga yang bervariasi mulai dari 400 ribuan rupiah.

Cara Merawat Sepatu Safety

Agar sepatu safety Anda tahan lama dan berumur panjang, cara perawatan safety shoes yang Anda punya harus dilakukan secara tepat.

Cara Merawat Sepatu Safety
Cara Merawat Sepatu Safety

Cara merawat sepatu safety yang perlu Anda lakukan sesuai langkah – langkah berikut ini :

  1. Pastikan safety shoes Anda simpan pada suhu ruangan yang kering. Hal ini penting agar sepatu Anda tidak mudah berjamur.
  2. Pastikan Anda secara rutin mencuci dan menyemir sepatu Anda. Jika sepatu Anda jarang di cuci dan disemir tentu sepatu Anda akan mudah kotor dan dekil. Jika sepatu Anda kotor dan dekil, hal tersebut membuat sepatu Anda jadi lebih cepat rusak karena akan banyak kuman yang menggerogoti sepatu Anda.
  3. Sebelum di simpan, pastikan sol sepatu safety juga Anda bersihkan secara menyeluruh.
  4. Cuci sepatu safety Anda dengan bahan yang tidak terlalu keras. Hal ini sangat penting demi menjaga keamanan dan tingkat keawetan sepatu pengaman Anda.
  5. Jika sepatu Anda berjamur, semprotlah dengan sebuah pembersih khusus. Setelah Anda semprot dengan pembersih khusus, keringkan sepatu Anda sampai benar – benar kering sebelum disimpan.
  6. Jangan menjemur sepatu dengan suhu panas yang terlalu berlebihan.
  7. Jangan Anda membiasakan menggunakan sepatu dalam kondisi kaki basah karena jika memakai sepatu dalam kondisi kaki basah, bakteri kaki Anda akan mudah menyebar di dalam sepatu sehingga sepatu akan cepat bau.
  8. Rawat sepatu dengan menggunakan semprotan khusus. Cara menggunakan semprotannya yaitu diamkan 10 menit supaya zat pada shoes spray melekat, kemudian simpan.

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment