Prospek Kerja K3 : Berikut Ini 5 Prospek Kerja K3 Yang Terbuka Lebar !!!

Prospek kerja K3

Prospek kerja K3 sangat beragam terlebih bagian ini dalam sebuah perusahaan sangat dibutuhkan sementara jumlah tenaga kerja yang tersedia sampai saat ini masih sangat minim atau sedikit jumlahnya.

Oleh sebab itu, tingkat persaingan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan bagi ahli K3 sangatlah terbuka lebar.

Beberapa bidang kerja yang dapat menjadi prospek kerja K3 terdiri atas :

  1. Bagian koordinator kesehatan dan keselamatan kerja
  2. Environmental specialist
  3. Analisis quality control
  4. Health and safety engineers
  5. Pengawas konstruksi bangunan

Bagian koordinator kesehatan dan keselamatan kerja

Prospek kerja K3 yang pertama adalah sebagai koordinator kesehatan dan keselamatan kerja yang memiliki tanggung jawab besar terhadap regulasi dan penetapan berbagai macam aturan K3 di sebuah perusahaan.

Koordinator K3 juga perlu melakukan berbagai kegiatan dalam tata aturan K3 termasuk memeriksa kepatuhan perusahaan atas berbagai hal yang berkaitan dengan tindakan pencegahan keselamatan, kesehatan, dan serta berbagai aspek di lingkungan kerja.

Mereka yang sudah ditugaskan dalam bidang K3 juga perlu melakukan perancangan terhadap berbagai macam program yang berkaitan dengan kegiatan pencegahan penyakit serta terjadinya potensi cedera bagi setiap pekerja dan kegiatan yang berdampak terhadap potensi kerusakan di lingkungan kerja.

Environmental Specialist

Environmental specialist merupakan sebuah bidang kerja K3 yang memiliki tugas untuk melakukan pemantauan terhadap dampak populasi di lingkungan.

Seorang environmental specialist atau pakar lingkungan memiliki deskripsi kerja yang meliputi berbagai hal termasuk identifikasi masalah lingkungan dan merekomendasikan solusi yang menurut mereka baik dan bisa menjadi yang terbaik ketika diterapkan.

Profesi ini memiliki tujuan utama yaitu untuk membantu meningkatkan berbagai kondisi kehidupan di lingkungan atas kegiatan produksi atau kegiatan lain yang dilakukan perusahaan. Biasanya perusahaan yang berkaitan dengan bidang pembangkit listrik atau pabrik bahan kimia memiliki tenaga ahli di bagian environmental specialist ini.

Analisis Quality Control

Prospek kerja selanjutnya adalah analisis quality control. Analisis quality control merupakan bidang kerja untuk jurusan K3 yang bertugas untuk melakukan pengujian dan upaya penentuan kualitas dari seluruh bahan baku, produk setengah jadi dan juga produk jadi di lingkungan kerja atau lingkungan perusahaan.

Seorang Analisis quality control juga memiliki tugas untuk melakukan uji sampel stabilitas, melakukan analisa secara rutin terhadap kualitas bahan baku, kesehatan lingkungan dan juga sampel stabilitas yang diperlukan dalam berbagai kegiatan operasional.

Health and Safety Engineers

Pilihan karir sebagai health and safety engineers merupakan salah satu pilihan karir terbaik yang bisa menjadi profesi atau prospek kerja bagi Anda yang lulusan ahli K3.

Sebagai seorang health and safety engineers tugas yang Anda punya dalam perusahaan tempat Anda bekerja adalah mengembangkan berbagai macam prosedur dan sistem yang didesain khusus untuk mencegah terjadinya cedera dan menjaga kerusakan.

Pekerjaan sebagai health and safety engineers menggabungkan berbagai macam pengetahuan tentang rekayasa sistem dan kesehatan serta keselamatan kerja sekaligus memiliki tugas untuk memastikan bahwa berbagai macam bahan kimia, mesin, perabotan, perangkat lunak dan produk konsumen lainnya tidak membawa dampak yang berbahaya terhadap manusia, lingkungan dan juga bangunan.

Pengawas Konstruksi Bangunan

Lulusan K3 dapat menggunakan ilmu yang telah didapatkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap struktur bangunan dan menggunakan kemampuan teknik untuk menentukan kualitas dari struktur bangunan.

Seorang pengawas konstruksi bangunan juga wajib memastikan kesesuaian antara struktur bangunan dengan spesifikasi, kode bangunan serta berbagai macam regulasi lain yang ada kaitannya dengan regulasi K3. Pemeriksaan yang perlu dilakukan sebagai pengawas tentu bersifat keseluruhan dan tidak terbatas hanya pada bagian tertentu.

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment