Permit adalah? 7 Jenis Work Premit atau Izin Kerja Beserta Pengertiannya

Permit adalah dokumen tertulis penting yang berkaitan dengan masalah perizinan.

Jadi work permit adalah sama artinya dengan working permit adalah suatu dokumen atau surat izin tertulis yang dihadirkan untuk mengontrol jenis pekerjaan tertentu yang berpotensi membahayakan setiap pekerja.

Izin kerja atau work permit dikeluarkan oleh supervisor atau pengawas, pelaksana atau mandor dan pekerja yang akan memasuki kawasan berbahaya dan melakukan berbagai jenis pekerjaan yang dianggap berpotensi mendatangkan bahaya bagi diri sendiri khususnya.

Jika izin kerja sudah didapatkan atau sudah dikantongi, biasanya akan dilakukan beberapa pemeriksaan terkait beberapa aspek berikut ini :

  1. Kesehatan pekerja
  2. Kelengkapan sarana dan prasarana kerja termasuk APD yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilakukan
  3. Kondisi terbaru di lokasi kerja, apakah terdapat berbagai hal yang berpotensi menyebabkan bahaya atau tidak
  4. Berbagai hal yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja di lokasi kerja (K3)

Jenis Permit Atau Surat Dan Dokumen Perijinan

Jenis – jenis permit atau surat dan dokumen perijinan terdiri atas beberapa macam.

Adapun jenis – jenis permit tersebut terdiri atas :

  1. Hot work permit
  2. Cold work permit
  3. Confined space entry permit
  4. Electrical work permit
  5. Special permit
  6. Exit permit
  7. Residence permit

Hot work permit adalah

Hot work permit adalah izin kerja pada pekerjaan panas merupakan perijinan kerja yang diperlukan jika Anda akan melaksanakan pekerjaan panas seperti melakukan pemotongan dengan api, pengelasan, pengeboran logam atau pun sandblasting.

Cold work permit adalah

Izin kerja pekerjaan dingin atau cold work permit adalah sebuah izin kerja yang perlu dilakukan jika pekerja akan melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan pekerjaan perbaikan, pemeliharaan, atau kegiatan konstruksi yang bersifat tidak rutin dan tidak menggunakan peralatan kerja yang berpotensi menimbulkan api terbuka atau sumber nyala terbuka.

Confined space entry permit adalah

Confined space entry permit adalah izin kerja untuk memasuki ruang terbatas. Jadi confined space entry permit adalah perizinan yang diperlukan jika pekerja akan masuk dan melakukan pekerjaan di ruang terbatas seperti silo, tanki atau saluran air yang tertutup.

Electrical work permit adalah

Electrical work permit adalah izin kerja pada pekerjaan listrik merupakan perijinan kerja yang akan dikeluarkan jika pekerja nantinya akan melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kelistrikan seperti pemeriksaan, perbaikan atau pengawasan kelistrikan.

Special permit adalah

Izin kerja khusus atau Special permit adalah izin kerja yang diperlukan jika seseorang akan melakukan pekerjaan yang melibatkan berbagai kondisi berbahaya seperti bekerja dengan paparan bahan radioaktif, bekerja di ketinggian, penggalian atau berbagai proyek berbahaya lainnya.

Exit permit adalah

Exit permit adalah surat izin yang kedudukannya sama dengan exit permit only adalah surat atau dokumen izin tertulis yang dikeluarkan bagi WNA untuk meninggalkan wilayah negara RI secara sah.

Residence permit adalah

Residence permit adalah sebuah izin tinggal yang berupa kartu atau dokumen yang diperlukan pada beberapa daerah dan memungkinkan bagi warga negara asing untuk tinggal di suatu wilayah baik secara sementara atau bersifat permanen.

Isi Surat Izin Kerja atau Permit

Suatu isi kerja dibuat dua rangkap atau tiga rangkap seperti surat pada umumnya. Ketika dibuat rangkap dua, satu surat izin digunakan sebagai salinan atau dokumentasi yang disimpan pihak perusahaan dan satu surat izinnya lagi diberikan kepada pekerja.

Sementara jika surat izin dibuat rangkap tiga, maka salinan pertama diberikan kepada perusahaan, salinan kedua diberikan kepada pekerja dan salinan ketiga diberikan kepada manajemen perusahaan untuk keperluan audit.

Izin kerja atau work permit apapun jenisnya harus dibuat sebelum pekerja mulai melakukan pekerjaannya utamanya pada pekerjaan yang dianggap mengundang potensi bahaya yang besar. Izin kerja juga harus diserahkan kembali kepada pihak yang berwenang ketika pergantian shift dilakukan atau pekerjaan telah diselesaikan.

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment