Perbedaan Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja yang Wajib Anda Ketahui

Keselamatankerja – Sehat jasmani dan rohani merupakan impian setiap orang, ada yang bilang bahwa “sehat itu mahal”, perkataan ini membuat diri kita sadar bahwa sehat itu penting. Jika kondisi tubuh sedang sakit, semua terasa tidak enak dan tidak bersemangat, belum lagi biaya yang akan dikeluarkan cukup mahal apabila kondisi tubuh sedang parah.

Selain itu, tidak beraktivitas dan bekerja seperti biasanya dikarenakan kondisi tubuh sedang sakit. Selain kesehatan, keselamatan juga tak kalah penting terutama pada saat Anda bekerja. Kecelakaan di tempat Anda bekerja bisa saja terjadi kapanpun,entah dalam lingkungan kerja, beban pekerjaan yang menumpuk, dan kapasitas kerja yang tidak begitu diperhatikan oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

Oleh karena itu, untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan, tempat kerja harus meninjau terlebih dahulu resiko-resiko kemungkinan bisa terjadi. Proteksi diri dengan menjaga pola makan yang sehat dan teratur, serta menjaga keselamatan diri dengan berhati-hati saat bekerja. Berikut ini perbedaan keselamatan kerja dan kesehatan kerja:

  1.  Keselamatan Kerja

Supaya meminimalisir terjadinya kecelakaan ataupun korban jiwa, perlu adanya keselamatan kerja. Artinya, seorang pekerja/karyawan mendapatkan perlindungan diri dari kemungkinan terjadinya resiko saat bekerja seperti terluka, penyakit/sakit atau mendapat serangan apapun terhadap dirinya maupun orang disekitarnya.

Pastinya Anda tidak asing dengan istilah K3 atau yang dimaksud dengan keselamatan dan kesehatan kerja. Meskipun keduanya menjadi aspek penting, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan keselamatan kerja dan kesehatan kerja. 

Perbedaannya terlihat pada urutan fungsi keduanya, sehat menjadi hal terakhir yang terpenting adalah selamat, jika keselamatan terjamin langkah selanjutnya proses untuk tercapainya kondisi tubuh yang sehat baik jasmani ataupun rohani.

Selanjutnya lingkup keselamatan jauh lebih sedikit dibanding kesehatan, dikarenakan keselamatan selalu dikaitkan dengan luka dan kerusakan sedangkan kesehatan ditujukan pada penyakit, luka, dan kerusakan.

Dan terakhir, dalam sisi bahasa dan maknanya keduanya berbeda, keselamatan lebih dibahasakan dengan istilah akut, sedangkan kesehatan diistilahkan kronis. Keduanya juga berbeda maknanya, akut lebih kepada kondisi yang muncul mendadak dan juga cepat memburuk, sedangkan kronis muncul secara perlahan lalu dalam rentan waktu yang cukup lama,hingga bertahun-tahun. 

Adapun untuk proteksi diri saat bekerja, alat keselamatan kerja dapat berupa alat pelindung diri sesuai dengan tempat kerja masing-masing. Jika Anda bekerja ditempat bangunan, artinya Anda menggunakan alat pelindung diri sesuai dengan standar keselamatan kerja. 

  • Kesehatan kerja

Siapa yang tidak ingin sehat secara jasmani maupun rohani? Tentu, semua orang juga mau apalagi Anda adalah seorang pekerja yang dituntut untuk selalu tetap fit dan sehat selalu. Kesehatan kerja merupakan kondisi fisik dimana seseorang dapat bekerja dengan baik dan optimal dikarenakan kondisi tubuh yang sehat.

Fungsi dari kesehatan kerja adalah adalah agar terciptanya lingkungan kerja yang kondusif, komunikatif, dan aktif dalam pekerjaan .

sehingga cara ini sangat efektif untuk memperoleh pekerjaan yang ideal supaya tidak mudah keluar masuk perusahaan. Itulah tadi perbedaan keselamatan kerja dan kesehatan kerja yang ditulis detail oleh penulis. Semoga bermanfaat.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment