Perancah adalah? Berikut ini 8 jenis perancah yang harus kamu ketahui

Perancah adalah suatu alat yang digunakan untuk menyangga material dan manusia dalam kaitannya dengan konstruksi bangunan atau gedung. Dalam sebuah konstruksi bangunan, kita mengenal istilah scaffolding atau perancah.

Selain memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan, perancah juga berguna sebagai alat pendukung untuk keselamatan kerja, karena dapat menjangaku tempat tinggi yang tidak dapat kita capai. Perancah biasanya hadir dengan bentuk sistem modular yang terbuat dari bahan pipa atau tabung logam.

Jenis – Jenis Peracah

Jenis dari perancah sendiri ada banyak macamnya yang sering digunakan dalam kegiatan konstruksi bangunan bertingkat atau gedung. Adapun jenisnya terdiri atas :

  1. Perancah andang
  2. Perancah tiang
  3. Perancah besi beroda
  4. Perancah besi tanpa roda
  5. Perancah menggantung
  6. Perancah dolken
  7. Perancah frame
  8. Cantilever scaffold

Perancah andang

Andang adalah suatu perancah yang biasanya digunakan untuk melakukan pekerjaan dengan ketinggian mencapai 2,5 meter sampai dengan 3 meter. Perancah andang punya berbagai macam jenis yang terdiri atas :

  • Perancah andang kayu yang cara pembuatannya cepat dan bisa dipindah – pindahkan dengan sangat mudah
  • Perancah andang bambu yang biasanya disetel lebih dulu sehingga panjang dan tingginya memadai. Biasanya digunakan untuk menangani pekerjaan yang tidak terlalu tinggi
  • Perancah besi merupakan perancah andang yang sangat praktis dan efisien karena mudah dipindah – pindahkan. Tinggi dari perancah yang terbuat dari bahan besi ini biasanya dapat disetel sesuai kebutuhan dan memiliki ketebalan papan mencapai 3 cm sehingga sangat kuat.

Perancah tiang

Ketika pekerjaan yang dilakukan mencapai diatas 3 meter maka perancah tiang ini dipergunakan. Biasanya perancah tiang bisa dibuat untuk menangani pekerjaan sampai ketinggian 10 meter dan penggunaannya tergantung kebutuhan. Perancah tiang terdiri atas 3 macam diantaranya :

  • Perancah tiang yang terbuat dari bambu
  • Sistem perancah bambu dengan konsol yang terbuat dari besi
  • Perancah tiang besi atau pun pipa

Perancah besi beroda

Perancah ini terbuat dari pipa galvanis yang dapat dipasang di lapangan atau di daerah dalam ruangan. Fungsi dari rodanya untuk memindahkan perancah sehingga Anda yang butuh perancah dapat dipindahkan dengan mudah maka model perancah ini sangat Anda butuhkan.

Perancah besi tanpa roda

Komponen perancah besi tanpa roda terdiri atas kaki pipa berulir, kusen bangunan, penguat vertikal, tiang sandaran, sambungan pasak, papan panggung, panggung datar, papan pengamanan, penutup sandaran, konsol penyambung, penopang, konsol keluar, pinggiran tangga, anak tangga, sandaran tangga, sandaran double dan beberapa komponen lain.

Perancah menggantung

Jenis perancah yang selanjutnya adalah perancah menggantung yang biasa digunakan pada pekerjaan pemasangan eternity, pekerjaan finishing pengecatan eternity, plat beton dan sebagainya.

Perancah jenis ini digunakan pada pekerjaan yang memerlukan penanganan di bagian atas saja. Penggunaan perancah ini digantungkan di bagian atas bangunan dengan memanfaatkan rantai besi. Pada proyek pembangunan hotel atau bangunan bertingkat juga banyak kita temukan penggunaan perancah ini.

Perancah dolken

Perancah ini merupakan konsep perancah yang dibuat dengan bahan kayu dolken. Kayu bulat atau dolken biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat tiang perancah. Perancah ini dibuat dengan ukuran yang biasanya dirancang dengan diameter 6 sampai dengan 10 cm.

Perancah frame

Perancah frame biasanya terbuat dari pipa atau tabung logam. Perancah frame disusun sedemikian rupa menjadi satu kesatuan perancah yang tinggi dan digunakan untuk menopang pekerja dalam melakukan berbagai kegiatan konstruksi. Sama seperti perancah menggantung, biasanya konsep perancah frame digunakan untuk mengakses pekerjaan di bagian atau lokasi tinggi.

Cantilever scaffold

Cantilever scaffold merupakan perancah modern yang ditopangkan atau disangga di salah satu ujungnya. Konsep perancah ini umumnya dibuat dengan menggunakan perpaduan bahan pipa dan fittings.

dan masih banyak jenis perancah lainnya yang digunakan dalam bidang konstruksi bangunan atau gedung sesuai kebutuhan.

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment