Penyebab Darah Menstruasi Keluar Berlebihan Dibandingkan Biasanya

Penyebab Darah Menstruasi Keluar Berlebihan – Bagi seorang wanita yang sudah pubertas pasti akan mengalami yang namanya menstruasi. Saat menstruasi melalui organ intim wanita akan mengeluarkan darah dengan jumlah tertentu. Setiap orang mungkin berbeda-beda mengenai volume darah yang dikeluarkannya saat masa menstruasi. Selain itu, lama waktu menstruasi bagi setiap wanita juga berbeda-beda.

Mengenai volume darah mestruasi, pada kondisi tertentu seorang wanita mengeluarkan darah dengan volume yang berlebih. Dikatakan berlebih karena banyaknya darah yang keluar lebih banyak dari biasanya. Jika Anda mengalami hal seperti ini, sebaiknya ketahui apa saja yang menjadi faktor penyebabnya agar bisa melakukan pencegahan. Adapun penyebab darah menstruasi keluar berlebihan dari normal, bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab Darah Menstruasi Keluar Berlebihan Dibandingkan Biasanya

Ada beberapa faktor yang menyebabkan darah menstruasi pada wanita yang keluar secara berlebihan. Akibatnya ia harus bolak-balik mengganti pembalut dikarenakan volume yang banyak dan pembalut tidak mampu menampung semuanya. Beberapa penyebab darah menstruasi keluar berlebihan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Gangguan pada Ovarium

Penyebab yang pertama keluarnya darah haid yang berlebihan dari normalnya, yakni karena adanya gangguan pada ovarium. Gangguan yang terjadi pada ovarium ini mengakibatkan proses ovulasi tidak terjadi. Hal ini membuat produksi hormon progesteron menurun secara drastis.

Kadar hormon progesteron yang sedikit ini menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada wanita. Alhasil hal ini meningkatkan risiko terjadinya menorrhagia atau pendarahan menstruasi dalam jumlah yang banyak.

2. Hormon yang Tidak Seimbang

Masih ada kaitannya dengan penyebab di atas, ketidakseimbangan hormon akan menyebabkan pendarahan menstruasi dengan volume yang cukup banyak dibandingkan biasanya.

Lebih jelasnya, hormon yang tidak seimbang akan membuat dinding rahim terbentuk lebih tebal. Dan saat tidak terjadi proses pembuahan oleh sel sperma, maka dinding rahim akan meluruh. Karena dinding rahim yang menebal akhirnya membuat darah menstruasi keluar lebih deras dibandingkan biasanya.

3. Penggunaan KB IUD

KB IUD atau Intrauterine Device digunakan sebagai salah satu langkah untuk mencegah kehamilan pada seorang wanita. Namun, ternyata penggunaan alat kontrasepsi IUD tersebut bisa menyebabkan darah haid atau menstruasi yang keluar lebih deras dibandingkan biasa.

Tidak perlu terlalu khawatir, pasalnya penggunaan alat kontrasepsi khususnya IUD ini memang punya efek samping demikian. Ini karena IUD tidak mengandung hormon sehingga bisa meningkatkan volume darah menstruasi.

4. Mengalami PCOS

PCOS atau yang memiliki kepanjangan Polycystic ovary syndrome merupakan salah satu gangguan yang biasa terjadi pada indung telur. Sel telur yang diproduksi tidak normal, umumnya berbentuk kecil-kecil dan belum matang, namun sudah dilepaskan ke rahim.

Pada penderita PCOS biasanya mereka mengalami siklus haid yang tidak teratur. Ada kalanya ia tidak mengalami menstruasi selama beberapa bulan. Dan saat datang bulan atau haid terjadi, hal ini membuat darah haid yang keluar menjadi lebih banyak atau deras.

5. Adenomyosis

Adenomyosis merupakan suatu kondisi di mana kelenjar endometrium berkembang di otot rahim. Hal ini membuat rahim membesar dan menebal dibandingkan kondisi normalnya. Dan saat rahim meluruh dikarenakan tidak terjadi proses pembuahan dari sel sperma, luruhannya akan lebih banyak.

Darah menstruasi yang keluar volumenya lebih banyak dari biasanya. Tidak hanya itu saja, kondisi ini biasanya juga akan menimbulkan rasa nyeri yang menyakitkan bagi penderitanya.

Selain beberapa penyebab di atas, masih ada beberapa faktor lain yang membuat darah menstruasi keluar cukup deras. Cara Mengatasi Darah Menstruasi Keluar Berlebih Mulai dari penggunaan obat-obatan tertentu, polip rahim, endometriosis, hingga pelvic inflammatory disease (PID). Semoga informasi di atas bermanfaat.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment