Pengertian kecelakaan kerja Menurut 6 Para Ahli, Beserta penjelasannya !

Pengertian kecelakaan kerja

Pengertian kecelakaan kerja adalah suatu kondisi tak terduga atau tak diharapkan yang terjadi di lingkungan kerja dan dapat mengakibatkan terjadinya kerugian fisik atau korban jiwa, kerugian terhadap harta benda, maupun menimbulkan resiko pencemaran air, tanah atau lingkungan.

Mengenai pengertian kecelakaan kerja atau definisi kecelakaan kerja, para ahli memiliki teori sendiri – sendiri. Teori kecelakaan kerja menurut para ahli sebagai berikut :

  1. Teori Heinrich (Teori Domino)
  2. Teori Multiple Causation
  3. Teori Gordon
  4. Teori domino terbaru
  5. Teori reason
  6. Teori Frank E. Bird Petersen

Teori Heinrich (Teori Domino)

Teori Heinrich atau yang juga sering disebut sebagai teori domino merupakan suatu teori kecelakaan kerja yang mengatakan bahwa suatu kecelakaan kerja terjadi karena suatu rangkaian kejadian. Terdapat lima faktor yang terkait dalam rangkaian kerjadian tersebut diantaranya yaitu lingkungan, kesalahan manusia, perbuatan atau kondisi tak aman, kecelakaan dan cedera atau kerugian.

Teori Multiple Causation

Teori yang satu ini hadir berdasar kenyataan tentang penyebab terjadinya kecelakaan berpotensi lebih dari satu. Rangkaian penyebab tersebut merupakan suatu rangkaian peristiwa yang mewakili perbuatan, kondisi atau pun situasi tak aman yang memungkinkan terjadinya kecelakaan di tempat kerja.

Teori Gordon

Menurut Gordon, kecelakaan yang terjadi di tempat kerja khususnya merupakan akibat dari interaksi antara korban kecelakaan, perantara kecelakaan yang berada di lokasi, serta lingkungan kompleks yang tak dapat dijelaskan hanya dengan mempertimbangkan satu dari ketiga faktor tersebut.

Oleh sebab itu, untuk lebih memahami tentang berbagai penyebab terjadinya kecelakaan kerja maka karakteristik korban kecelakaan, perantara terjadinya kecelakaan serta lingkungan yang mendukung harus dapat diketahui secara lebih detail.

Teori domino terbaru

Setelah tahun 1969 sampai saat ini, sudah berkembang teori yang mengatakan bahwa penyebab dasar terjadinya kecelakaan kerja adalah ketimpangan manajemen yang menyebabkan kecelakaan kerja di lingkungan kerja terjadi.

Teori reason

Teori reason merupakan suatu teori yang menggambarkan kecelakaan kerja terjadi karena terdapatnya suatu lubang dalam sistem pertahanan. Nah, sistem pertahanan ini dapat berupa berbagai macam prosedur, pelatihan dan semua tata aturan yang berkaitan dengan keselamatan kerja.

Teori Frank E. Bird Petersen

Menurut Frank E. Bird Petersen, kecelakaan kerja terjadi karena rangkaian faktor penyebab kecelakaan yang terdiri atas :

  • Control manajemen yang kurang bagus
  • Sumber penyebab utama yang tak dijelaskan
  • Gejala penyebab langsung di bawah standar
  • Kontak peristiwa di bawah standar
  • Kerugian gangguan tubuh atau pun harta benda

Kondisi kecelakaan kerja di lingkungan tempat kerja bisa terjadi karena berbagai macam faktor penyebab.

Faktor Umum Penyebab Kecelakaan Kerja

Adapun beberapa faktor penyebab terjadinya kecelakaan kerja di lingkungan tempat kerja terbagi atas beberapa kelompok faktor berikut ini :

  1. Situasi kerja
  2. Kesalahan orang
  3. Tindakan tak aman

Pembahasan lebih lengkap tentang faktor penyebab kecelakaan kerja dapat juga kamu baca pada artikel berikut ini:

Situasi kerja

Penyebab kecelakaan kerja karena situasi di lingkungan kerja terdiri atas :

  • Metode pengendalian manajemen yang kurang tepat
  • Standar kerja yang tergolong minim dan kurang memenuhi standar
  • Perlengkapan yang gagal atau tempat kerja yang kurang aman dan bersih

Kesalahan orang

Faktor penyebab terjadinya kecelakaan kerja karena human error terdiri atas :

  • Kurangnya pengetahuan dan keterampilan pekerja
  • Masalah fisik dan mental
  • Motivasi yang minim atau salah penempatan
  • Kurangnya perhatian terhadap SOP yang telah diinformasikan
  • Skill yang tidak memadai

Tindakan tak aman

Pekerja yang mengambil jalan pintas, metode kerja yang tidak diikuti sesuai alur yang diharuskan, dan perlengkapan keselamatan kerja yang tak digunakan dengan baik dapat menjadi satu dari beberapa kondisi tak aman di lingkungan kerja.

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment