6 Upaya Pencegahan kecelakaan kerja, lengkap dengan penjelasannya !

Pencegahan kecelakaan kerja merupakan suatu tindakan preventif yang dilakukan sebelum terjadinya kecelakaan kerja di lingkungan tempat kerja baik di perusahaan, kantor, pabrik atau tempat kerja lainnya.

Dengan melakukan pencegahan terhadap potensi bahaya yang mengakibatkan kecelakaan di tempat kerja, tentu saja keselamatan tenaga kerja akan terjaga dan resiko kerugian financial di tempat kerja dapat dihindari.

Mengenai bagaimana langkah – langkah pencegahan kecelakaan kerja yang dapat dilakukan, berikut informasinya :

  1. Jagalah kebersihan tempat kerja
  2. Letakkan poster K3 di tempat yang tepat
  3. Sediakan training sesuai dengan kebutuhan
  4. Pelihara kondisi peralatan kerja agar selalu baik
  5. Berikan informasi menyeluruh berkaitan dengan prosedur kerja
  6. Jika ada kondisi tidak aman harus segera dilaporkan

Jagalah kebersihan tempat kerja

Sebagian orang mungkin masih menganggap bahwa kebersihan tempat kerja tak ada kaitannya dengan keselamatan kerja. Padahal pandangan ini sangat keliru. Kondisi tempat kerja yang bersih dan rapi merupakan awal dari keselamatan kerja.

Bayangkan saja jika tempat kerja berantakan dan kotor. Selain dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman dan kurangnya konsentrasi ketika bekerja, juga berpotensi mengakibatkan kecelakaan kerja. Misalkan terdapatnya oli atau cairan air yang tercecer dimana – mana sehingga lantai menjadi licin dan mengakibatkan pekerja tersandung atau terpeleset. Tentu hal ini beresiko menyebabkan gangguan punggung, patah tulang belakang dan resiko lainnya.

Letakkan poster K3 di tempat yang tepat

Tempat yang tepat adalah tempat yang terlihat. Poster K3 berfungsi untuk memberikan instruksi atau arahan dan informasi tentang budaya K3 di lingkungan kerja. Jika diletakkan di tempat yang tak terlihat tentu karyawan tidak dapat membaca dan memahami apa yang disampaikan pada poster. Oleh sebab itu meletakkan poster K3 di tempat yang tepat sangat dianjurkan.

Evaluasi pun juga harus dilakukan secara berkala. Langkah evaluasi yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan memeriksa apakah poster yang digunakan tersebut efektif dan dapat menyampaikan pesan yang Anda ingin sampaikan kepada karyawan atau tidak.

Sediakan training sesuai dengan kebutuhan

Tugas yang diberikan kepada karyawan harus sesuai keahlian dan kemampuan si karyawan tersebut. Hindari memberikan tugas yang tidak pernah dia lakukan atau tidak pernah dilatih untuknya karena hal tersebut dapat berpotensi menyebabkan resiko kecelakaan kerja di kemudian hari.

Pelihara kondisi peralatan kerja agar selalu baik

Semua peralatan kerja yang digunakan karyawan bekerja harus dalam kondisi layak pakai. Oleh sebab itu biaya pemeliharaan peralatan dan perlengkapan harus disediakan. Hal ini penting untuk memberikan kualitas terbaik dan sekaligus menghindari potensi kecelakaan kerja karena peralatan kerja yang tak layak pakai.

Berikan informasi menyeluruh berkaitan dengan prosedur kerja

Setiap pekerjaan harus dilengkapi dengan SOP (Standard operating procedure). SOP k3 yang dibuat tersebut harus sudah melalui berbagai macam pertimbangan. Salah satunya memberikan pertimbangan tentang faktor keselamatan.

Senantiasalah untuk menginformasikan prosedur k3 kepada seluruh karyawan dan pekerja bahkan walau kepada pekerja lama sekalipun agar mereka tidak lupa atau lalai dalam melaksanakan tugasnya selama bekerja.

Pemberian informasi tentang SOP secara komprehensif juga sekaligus memberikan manfaat agar tidak ada satu pun karyawan yang mengabaikan SOP sehingga kecelakaan kerja pun dapat diminimalisir.

Jika ada kondisi tidak aman harus segera dilaporkan

Kondisi tak aman dapat muncul kapan saja.  Nah, kondisi tak aman tersebut bahkan dapat muncul secara tiba – tiba dan kemudian menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja yang menimpa karyawan atau rekan kerja.

Baca juga : 6 Faktor Penyebab Kecelakaan kerja berikut ini:

Oleh sebab itu, jika muncul kondisi tak aman di lingkungan kerja, semua karyawan, pemilik usaha dan semua orang yang berada di lingkungan tersebut harus segera melaporkan kondisi yang terjadi. Hal ini sangat penting karena jika kondisi tak aman tidak segera dilaporkan dan dibiarkan begitu saja berpotensi menimbulkan masalah serius dan berakibat kepada kecelakaan kerja.

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment