MSDS HNO3 Asam Nitrat, Science Lab, MSDS HNO3 Bahasa Indonesia

MSDS HNO3 – Bagi sebuah perusahaan yang aktivitas hariannya berkaitan dengan zat atau senyawa asam nitrat, maka sangat penting bagi mereka menerapkan prosedur K3 dan mengatur MSDS HNO3 dalam kegiatan operasionalnya.

MSDS adalah kependekan dari material safety data sheet atau lembar data keselamatan bahan yang didalamnya berisi tentang berbagai hal atau aspek yang berkaitan dengan suatu bahan dalam suatu perusahaan, termasuk prosedur kesehatan dan keselamatan kerja.

MSDS HNO3 artinya material safety data sheet asam nitrat yang berisi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan asam nitrat.

Pengenalan MSDS HNO3

MSDS HNO3 atau lembar data keselamatan bahan asam nitrat merupakan suatu berkas data yang didalamnya berisi tentang segala macam informasi yang berkaitan dengan sifat bahan asam nitrat.

Lembar data keselamatan bahan ini bertujuan untuk memberikan suatu informasi kepada setiap pekerja dan personil gawat darurat tentang informasi penanganan suatu bahan agar penggunaannya bisa dipastikan aman.

Manfaat dan Fungsi NHO3 (Asam Nitrat) Bagi Sebuah Perusahaan

Ada banyak perusahaan yang menggunakan asam nitrat dalam kegiatan operasionalnya. Beberapa perusahaan yang menggunakan asam nitrat dalam kegiatan operasionalnya meliputi :

  1. Kegunaan asam nitrat dalam dunia industri elektrokimia adalah sebagai agen dopping kimia untuk semikonduktor organic. Juga digunakan dalam proses pemurnian untuk bahan karbon nanotube.
  2. Kegunaan asam nitrat dalam pabrik kayu adalah untuk pembuatan furniture. Asam nitrat digunakan untuk menuakan usia pinus dan juga maple. Warna yang nantinya akan dihasilkan adalah warna abu – abu emas yang akan sangat mirip dengan warna minyak kayu atau pun lilin tua. Dengan asam nitrat yang digunakan, alur serat kayunya akan muncul.
  3. Kegunaan asam nitrat pada pabrik stainless steel adalah untuk passivasi pada permukaan logam. Tujuan dilakukannya hal tersebut adalah agar permukaan dari stainless steel dapat tahan terhadap oksidasi udara dan oksidasi jenis yang lainnya.
  4. Dalam industri garmen, kegunaan asam nitrat adalah sebagai bahan baku untuk pembuatan nilon serta juga asam adipat yang diproduksi dalam skala besar. Proses produksinya melalui oksidasi sikloheksanon dan sikloheksanol dengan zat asam nitrat.
  5. Kegunaan asam nitrat dalam industri pertahanan adalah sebagai bahan baku pembuatan TNT (tri nitro toluene). TNT ini digunakan sebagai dinamit atau bahan peledak. Dalam kapasitas tertentu, asam nitrat juga menjadi bahan baku pembuatan ranjau dan sebagainya.
  6. Kegunaan asam nitrat dalam industri perak adalah untuk melarutkan perak menjadi perak nitrat. Asam nitrat juga difungsikan untuk melarutkan tembaga dengan mudah dan membuat bahan – bahan kimia seperti timbal atau zat yang lainnya.
  7. Kegunaan asam nitrat dalam industri perak juga dimanfaatkan sebagai prekursor untuk pembuatan reagent perak.
  8. Kegunaan asam nitrat dalam industri logam mulia yaitu dimanfaatkan untuk membantu proses pemurnian logam mulia. Dimanfaatkan guna memisahkan emas dari perak, pemurnian emas, pemurnian perak, platina, palladium dan sebagainya.
  9. Kegunaan asam nitrat dalam bidang pertanian adalah sebagai bahan baku pembuatan berbagai macam jenis pupuk nitrogen seperti pupuk potassium nitrat (KNO3).
  10. Kegunaan asam nitrat dalam pembuatan kembang api adalah sebagai bahan peledak dengan daya rusak rendah.

K3 MSDS NHO3 – Bahayanya Serta Tata Cara penyimpanan

Asam nitrat merupakan suatu senyawa atau zat yang dapat bereaksi hebat dengan reduktor kuat seperti halnya logam alkali dan basa kuat. Bahan air yang bersifat reaktif dan material oksidasi menjadi beberapa jenis bahan yang harus dihindari. Pastikan jenis bahan semacam itu tidak terkait dengan asam nitrat karena akan sangat berbahaya.

Karena asam nitrat merupakan senyawa yang bersifat korosif, maka di lingkungan kerja yang menggunakan asam nitrat alat pelindung diri (APD) sangat diperlukan selama bekerja.

Bahaya NHO3 (Asam Nitrat) bagi tubuh manusia

Beberapa kondisi paparan asam nitrat terhadap tubuh manusia sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit akibat kerja dan dampak seperti berikut :

  1. Jika asam nitrat bereaksi dengan kulit, luka bakar dan borok akan dialami
  2. Jika asam nitrat bereaksi dengan mata, berpotensi mengakibatkan gangguan mata sampai dengan kebutaan
  3. Jika asam nitrat terhirup, maka gangguan saluran pernapasan dapat dialami

Jika Anda bekerja di lingkungan tempat kerja yang bereaksi dengan asam nitrat, maka ada beberapa hal yang Anda harus lakukan berkaitan dengan penyimpanan zat itu sendiri.

Tata Cara penyimpanan NHO3 (Asam Nitrat) di tempat kerja

Adapun beberapa cara menyimpan asam nitrat yang Anda perlu lakukan sebagai berikut :

  1. Simpan asam nitrat di tempat yang kering, sejuk dan memiliki ventilasi baik
  2. Jauhkan asam nitrat dari bahan yang sifatnya tidak sesuai
  3. Hindarkan asam nitrat dengan api atau air
  4. Pastikan Anda mencuci bersih bagian tubuh yang bersentuhan atau bereaksi dengan asam nitrat
  5. Pastikan menghindarkan asam nitrat dengan lingkungan yang panas karena panas, goncangan, gesekan, atau kontak dengan bahan lain berpotensi menyebabkan kebakaran dan api atau pun ledakan.

Pertolongan Pertama Pada korban Terpapar Asam Nitrat

Jika ada seseorang yang mengalami kecelakaan kerja akibat reaksi dengan zat atau senyawa asam nitrat, maka pertolongan pertama pada kecelakaan yang perlu dilakukan adalah sesegera mungkin menghubungi dokter.

Namun sebelum Anda menghubungi dokter, pastikan Anda melakukan tindakan pertolongan pertama sebagai berikut :

  1. Jika zat atau senyawa asam nitrat mengenai kulit, maka segeralah mencuci kulit yang terkena zat asam nitrat dengan air kurang lebih selama 15 menit. Bersihkan juga semua benda baik itu pakaian atau sepatu yang terkena asam nitrat sebelum Anda gunakan kembali.
  2. Jika asam nitrat mengenai mata, pastikan Anda cuci mata dengan air kurang lebih sekitar 15 menit. Buka dan tutup mata selama beberapa kali dan carilah pertolongan medis sesegera mungkin.
  3. Jika asam nitrat terhirup, segeralah mencari udara segar. Jika orang yang menghirup asam nitrat mengalami kondisi kesulitan bernafas, segera berikan bantuan berupa oksigen terhadapnya atau beri nafas buatan jika memang memungkinkan.
  4. Jika asam nitrat tertelan, berikan beberapa gelas susu atau air. Pastikan jangan Anda memberikan apapun melalui mulut kepada orang yang menelan asam nitrat dan ketika dia sedang tidak sadar.

Penanggulangan Kebakaran dan Penanggulangan Tumpahan Asam Nitrat

Jika asam nitrat bereaksi dengan suatu zat hingga menimbulkan kebakaran, semua tipe pemadam kebakaran dapat dimanfaatkan untuk memadamkan api. Asam nitrat merupakan suatu zat yang dapat bereaksi dengan logam.

Ketika asam nitrat bereaksi dengan logam, maka akan mudah menimbulkan ledakan. Karena itu asam nitrat wajib dijauhkan dengan logam atau sejenisnya agar tidak mudah menimbulkan ledakan.

Jika terjadi kebakaran akibat asam nitrat, pastikan Anda memadamkan apinya dengan menggunakan alat pelindung diri yang memadai. Gunakan juga alat bantu pernapasan untuk mencegah kontak api dengan pakaian dan kulit.

Jika suatu zat asam nitrat tumpah kemudian tumpahan tersebut harus segera ditangani. Cara penanganan tumpahan zat asam nitrat adalah dengan menyerap tumpahan menggunakan bahan yang lunak.

Kemudian letakkan di sebuah wadah limbah kimia dan netralisir dengan larutan ecernatrium karbonat atau menggunakan basa lemah.

Download Materi MSDS H2SO4 Bahasa Indonesia (PDF)

Setelah membaca artikel ini ada baiknya anda juga membaca materi dari file yang dapat anda download melalui tautan dibawah ini.

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment