MSDS HCL – Material Safety Data Sheet Asam Klorida

MSDS HCL apakah itu? Sebelumnya kita pernah membahas tentang MSDHS NAoh, lalu sekarang kita akan membahas tentang MSDS HCL, kita akan menjabarkan satu per satu terlebih dahulu. MSDS merupakan kependekan dari Material Safety Data Sheet yang artinya adalah lembar data keselamatan bahan.  

Lembar data keselamatan bahan ini merupakan sebuah lembar petunjuk yang didalamnya berisi tentang berbagai informasi bahan kimia meliputi sifat kimia, fisika, jenis bahaya yang berkemungkinan timbul, kondisi darurat, tata cara pembuangan sampai dengan tata cara penanganannya.

Sementara HCL sendiri merupakan nama ilmiah dari asam klorida. Asam klorida sendiri merupakan suatu larutan akuatik yang berasal dari gas hydrogen klorida. Selengkapnya tentang MSDS HCL akan kami ulas dalam uraian berikut ini!

Pengenalan Tentang MSDS HCL

MSDS HCL atau lembar data keselamatan bahan yang berkaitan dengan zat asam klorida merupakan suatu aturan, kaidah dan petunjuk teknis yang didalamnya berisi berbagai macam informasi tentang bahaya zat – zat yang berkaitan dengan asam klorida atau berinteraksi dengan asam klorida beserta penanganannya.

Bagi sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang tertentu yang berkaitan dengan penggunaan zat asam klorida, maka lembar data keselamatan bahan asam klorida sangat penting baginya untuk dipelajari, dibuat aturan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) yang baku dan dirilis untuk kepentingan perusahaan, karyawan serta client.

Hal tersebut penting karena asam klorida bukan zat sembarangan. Asam klorida atau yang dikenal dengan istilah ilmiah HCL merupakan suatu larutan akuatik yang berasal dari gas hydrogen klorida. Cairan ini bersifat korosif dan mudah terbakar.

Bahaya HCL (Asal Klorida)

Jika asam klorida masuk ke mulut atau saluran sistem pernapasan akan sangat berbahaya. Karena itu uap atau asap dari asam klorida sebisa mungkin harus dihindari. Bagi orang – orang yang bekerja di perusahaan yang kegiatan sehari – harinya berkecimpung dengan zat asam klorida, maka penting bagi mereka untuk selalu mengetahui bagaimana cara kerja agar zat asam klorida tidak terkontaminasi dengan dirinya.

Tata Cara Pertolongan Pertama Jika Terkena HCL (Asal Klorida)

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan pada kecelakaan kerja akibat seseorang berinteraksi dengan zat asam klorida atau karena sesuatu hal ‘terkontaminasi’ dengan zat asam klorida, maka beberapa hal yang perlu dilakukan diantaranya :

  1. Jika asam klorida terhirup, orang yang bersangkutan harus segera menghirup udara segar agar saluran nafas tidak keracunan
  2. Jika asam klorida tersentuh dengan tangan atau bagian tubuh lain, maka bagian tubuh yang menyentuh asam klorida tersebut harus segera di cuci dan dibersihkan kemudian disterilkan
  3. Jika asam klorida tertelan, maka orang yang bersangkutan harus segera di bawa ke dokter karena berpotensi menyebabkan gangguan sistem cerna bahkan kematian

Penyimpanan HCL (Asal Klorida) Yang Benar

Asam klorida pastinya harus dijauhkan dari jangkauan dan harus disimpan rapat – rapat karena uapnya saja dapat mengganggu saluran pernapasan manusia. Mengenai bagaimana cara yang tepat untuk menyimpan zat asam klorida, berikut tata caranya :

  1. Pastikan menyimpan HCL di tempat yang kering dan dingin
  2. Jauhkan dari api
  3. Jauhkan dari berbagai macam zat yang sifatnya mudah untuk terbakar
  4. Pastikan tempat penyimpanan HCL memiliki ventilasi yang baik
  5. Simpan di tempat yang jauh dari material yang tidak cocok

Zat Kimia Lain Yang Wajib dijauhkan Dengan HCL (Asal Klorida)

Asam klorida atau HCL memang merupakan jenis zat yang kurang cocok dengan beberapa material tertentu. Adapun beberapa material yang tidak cocok dengan asam klorida diantaranya :

  1. Logam
  2. Zat – zat yang bersifat mengoksidasi
  3. Zat yang bersifat basa

Asam klorida juga tidak boleh bereaksi dengan beberapa zat berikut ini :

  1. Klorin
  2. Asap HCL
  3. Hidrogen
  4. CiOX

Dengan banyaknya hal – hal yang berpotensi bereaksi dengan zat asam klorida, mengapa suatu perusahaan masih menggunakan asam klorida sebagai salah satu bahan untuk operasional dan kegiatan perusahaannya? Lantas, apa sebenarnya kegunaan asam klorida itu sendiri?

Manfaat dan Fungsi HCL (Asal Klorida) Bagi Sebuah Perusahaan

Ada beberapa fungsi atau kegunaan dari zat asam klorida sehingga dimanfaatkan oleh suatu perusahaan. Beberapa fungsi atau kegunaan dari zat asam klorida diantaranya :

  1. HCL digunakan sebagai bahan kimia untuk melakukan aktivitas regenerasi resin kation yang jenuh dan terdapat didalam fasilitas produksi air demineralisasi.
  2. HCL digunakan dalam proses produksi vinyl chloride yang merupakan suatu bahan baku pembuat plastik PVC atau polyvinyl chloride
  3. Asam klorida atau HCL merupakan suatu zat yang digunakan dalam proses pemurnian garam dapur
  4. Dalam rangka mengatur keperluan tingkat keasaman atau pH, peran dari asam klorida sangat penting diantaranya untuk mengatur pH pada air limbah
  5. Asam klorida atau HCL merupakan suatu zat yang terdapat pada sebuah produk rumah tangga. Salah satu produk rumah tangga yang didalamnya mengandung asam klorida adalah porselen. Baunya sangat khas dan akan membuat Anda lebih mudah mengenali keberadaan asam klorida ini pada suatu produk.
  6. Asam klorida biasanya digunakan untuk pengolahan kulit
  7. Asam klorida seringkali dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan senyawa seperti tetrafluoroethene, monomer dari poly , fluorocarbon dan sebagainya
  8. Asam klorida seringkali dimanfaatkan dalam proses pembuatan senyawa anorganik seperti misalnya alumunium klorida.
  9. Asam klorida digunakan pada proses produksi titanium serta magnesium
  10. Asam klorida juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda di dalam kamar mandi serta dapur.

Zat asam klorida ini pun,  dapat Anda gunakan secara langsung setelah diencerkan lebih dahulu. Akan tetapi Anda perlu ingat bahwa asam klorida merupakan suatu zat yang bersifat korosif sehingga ketika Anda akan berinteraksi dengannya, menggunakan alat pelindung diri yang sesuai sangat dianjurkan.

K3 MSDS HCL – Tata Cara Penanganan Serta Penanggulangan

Jika ada seseorang di lingkungan kerja yang terkontaminasi dengan asam klorida atau HCL, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama. Pertolongan pertama yang dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Jika HCL kontak dengan kulit, maka segera basuh kulit dengan air dalam kurun waktu sekitar 15 menit. Bersihkan pakaian, sepatu dan berbagai perangkat yang terkontaminasi dengan HCL menggunakan air bersih dan keringkan sebelum Anda gunakan kembali.
  2. Jika HCL kontak dengan mata, basuh mata dengan air selama 15 menit. Kemudian buka tutup pelupuk mata selama beberapa kali dan cari pertolongan medis.
  3. Jika HCL kontak dengan alat pernapasan, segera cari udara segar. Jika tidak dapat bernafas, berikan pernapasan buatan. Jika memang masih kesulitan untuk bernapas, berikan oksigen pada orang yang terkontaminasi HCL tersebut.
  4. Jika HCL tertelan, berikan beberapa gelas susu atau air. Anda akan mengalami muntah selama beberapa kali. Namun jangan sampai Anda memaksakan memasukkan apa pun ke dalam mulut orang yang tidak sadar akibat HCL karena sangat berbahaya, bahkan dapat menyebabkan penyakit akibat kerja.

Jika asam klorida atau HCL berpeluang menimbulkan kebakaran, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai upaya penanggulangan. Tata cara penanggulangannya sebagai berikut :

  1. Pertama, hubungi pemadam kebakaran dan api untuk memadamkan api yang akan terus membesar jika tidak segera ditangani
  2. Untuk menghindari ledakan, pastikan ruang yang terbakar ventilasinya terbuka

Bagi Anda yang berada pada lingkungan dimana zat asam klorida menimbulkan kebakaran, pastikan bahwa Anda selalu menggunakan alat bantu pernapasan serta pakaian pelindung. Hal tersebut penting guna mencegah kontak dengan kulit serta pakaian.

Jika zat asam klorida atau HCL tumpah, pastikan Anda secepat mungkin membereskan dan membersihkan tumpahan. Kemudian buang lap yang digunakan membersihkan zat asam klorida tersebut dan netralkan dengan basa lemah.

Download Materi MSDS HCL Bahasa Indonesia (PDF)

Setelah membaca artikel ini ada baiknya anda juga membaca materi dari file yang dapat anda download melalui tautan dibawah ini.

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment