Masih Diminati Bumil, Ternyata Ini Manfaat USG 2D buat Cek Kandungan!

Untuk sebagian besar pasangan suami istri, mendapatkan kabar kehamilan merupakan momen menggembirakan yang tak jarang dirayakan. Meski begitu, Anda dan pasangan juga harus menyiapkan berbagai kebutuhan untuk menjaga kesehatan janin dalam rahim. Termasuk diantaranya melakukan pemeriksaan berkala dengan USG 2D.

Seakurat apa pemeriksaan dengan USG 2D ?

Ultrasonografi atau USG 2 dimensi adalah jenis USG standar yang masih sering dipilih pasutri buat mengecek kondisi kandungan. Seperti namanya, pemeriksaan ini mengandalkan gelombang suara untuk menghasilkan gambar 2D yang ditampilkan di layar komputer. 

Anda bisa melakukan USG 2D pada usia kehamilan berapa pun. Hasil yang bakal ditunjukkan pun berbeda mengikuti perkembangan si Kecil. Misalnya, pada trimester kesatu, jenis USG tersebut dapat memperlihatkan usia kandungan. Sementara pada trimester kedua dan ketiga, Anda sudah bisa mengikuti perkembangan janin dalam rahim.

Lalu, seakurat apa hasil yang akan Anda terima dari USG 2D? Sebuah riset yang diterbitkan dalam National Institutes of Health menjelaskan bahwa hasil USG 2 dimensi mempunyai keakuratan yang cukup baik, termasuk untuk menentukan jenis kelamin. Studi tersebut pun menyebutkan hasil sonografi untuk janin jenis kelamin laki-laki memiliki keakuratan lebih tinggi daripada perempuan apabila Anda memakai jenis USG ini.

Apa saja manfaat USG 2D untuk pemeriksaan kehamilan?

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa masih banyak bumil yang memilih USG 2D ketimbang yang lebih canggih seperti USG 3D dan USG 4D. Selain bisa menunjukkan jenis kelamin pada usia kehamilan tertentu, jenis USG ini sudah memenuhi standar cek kehamilan yang berlaku. Tak hanya itu, teknologinya pun memungkinkan dokter memeriksa kesehatan janin sampai risiko kelainan yang menyerang jantung, ginjal, dan organ vital lainnya.

Manfaat-manfaat lain yang akan Anda peroleh dari USG 2D mencakup:

  • Biaya terjangkau. Ingin periksa kondisi kehamilan tanpa menguras isi dompet? Dari tiga jenis USG yang tersedia, USG 2D adalah yang paling terjangkau. Hal ini disebabkan teknologi yang dipakai pada alatnya belum secanggih USG 3D atau 4D. Meski begitu, Anda tetap menerima foto dan hasil pemeriksaan yang baik. Apalagi kalau Anda memilih tempat seperti Kehamilan Sehat untuk cek kandungan;
  • Memastikan usia kehamilan dengan cepat. Calon ibu yang baru mengalami kehamilan perdana biasanya belum tahu cara menghitung usia kehamilan. Dalam hal ini, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter sambil memeriksakannya dengan USG 2D. Tanpa memerlukan waktu lama, dokter akan menyebutkan usia kehamilan sambil memperlihatkan kondisi janin dalam rahim Anda;
  • Memperkirakan waktu persalinan. Biaya USG 2D yang bersahabat dari Kehamilan Sehat pun memungkinkan Anda mengetahui perkiraan waktu melahirkan. Memang kadang due date yang dokter sampaikan bisa melesat, tetapi informasi tersebut bisa dijadikan persiapan bagi Anda dan pasangan. Jadi, kalian tak panik saat tiba-tiba bumil mengalami kontraksi menjelang waktu bersalin;
  • Memeriksa panjang serviks dan cairan ketuban. Manfaat terakhir yang akan Anda peroleh dari USG 2D adalah mengetahui panjang serviks beserta jumlah cairan ketuban. Dua hal tersebut penting juga diketahui karena mempengaruhi kesehatan sang ibu dan kondisi janin. Dokter pun dapat mengambil tindakan cepat apabila serviks dan kantung ketuban mengalami masalah yang membahayakan ibu dan janin.

Itulah penjelasan singkat seputar USG 2D dan manfaatnya pada pemeriksaan kehamilan. Bagaimana, apa Anda siap pergi ke Kehamilan Sehat buat ‘bertemu’ si Kecil dalam kandungan?

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment