5 Manfaat Tanaman Milk Thistle untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Tanaman Milk Thistle – Menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar merupakan suatu keharusan bagi semua orang. Selain dengan rutin berolahraga, asupan makanan dan minuman yang dikonsumi juga harus diperhatikan. Pastikan Anda memilih makanan dan minuman yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian bagi tubuh. Untuk itu, perhatikan kandungan nutrisi dari setiap makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi setiap harinya.

Tidak hanya itu saja, mengonsumsi obat-obatan herbal juga menjadi langkah sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Berbicara mengenai obat herbal, salah satu jenis tanaman yang punya khasiat penting bagi kesehatan yakni tanaman Milk Thistle. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat tanaman Milk Thistle bagi kesehatan yang perlu Anda tahu.

5 Manfaat Tanaman Milk Thistle untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman Milk Thistle atau sering dikenal juga dengan sebutan Silymarin merupakan jenis tanaman yang kaya akan kandungan anti-inflamasi, antioksidan dan juga anti-virus. Tanaman satu ini juga dipercaya dapat menunrunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dan juga baik untuk program penurunan berat badan.

Selain manfaat di atas, berikut ini manfaat tanaman Milk Thistle lain bagi kesehatan tubuh selengkapnya, yakni:

1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Milk Thistle yang pertama adalah membantu menyehatkan kulit. Di mana penggunaan Milk Thistle akan membantu menyembuhkan sekaligus mencegah radang pada kulit. Peradangan pada kulit ini biasanya akan menyebabkan munculnya jerawat yang akhirnya menyisakan flek hitam yang akan menggagu penampilan.

Milk Thistle sendiri diklaim memiliki kandungan antioksidan yang baik dalam menjaga kesehatan kulit. Selain itu, tanaman ini juga punya efek anti-penuaan pada sel kulit manusia sehingga kulit tampak lebih sehat dan kenyal.

2. Menyehatkan Liver

Liver atau organ hati merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang perlu dijaga kesehatannya. Tanaman Milk Thistle ini sendiri dipercaya bisa membantu mengatasi berbagai masalah liver dengan cepat dan efektif.

Misalnya saja kerusakan pada liver yang diakibatkan oleh pola makan yang tidak seimbang. Tanaman Milk Thistle ini sendiri membantu memperbaiki kondisi kerusakan pada organ hati tersebut. Manfaat ini didapat dari kandungan antioksidan yang ada di dalam Milk Thistle, di mana kandungan ini akan membantu menurunkan produksi radikal bebas sehingga organ hati menjadi lebih sehat.

3. Memperbanyak Produksi ASI

Tidak semua orang memiliki produksi ASI yang lancar, beberapa di antaranya juga punya keluhan produksi ASI yang sedikit. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kesehatan bayi, di mana bayi akan kekurangan asupan nutrisi penting yang hanya bisa didapatkan dari ASI.

Untungnya ada jenis tanaman Milk Thistle yang dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Tanaman Milk Thistle ini akan membantu produksi hormon prolaktin lebih banyak dari biasanya. Hormon inilah yang berperan penting dalam produksi Air Susu Ibu.

4. Menurunkan Resistensi Insulin

Resistensi insulin merupakan kondisi yang harus dihindari bagi penderita diabetes. Mengonsumsi tanaman Milk Thistle dipercaya bisa menurunkan risiko resistensi insulin tersebut.

Jadi, secara tidak langsung Milk Thistle ini bermanfaat bagi penderita diabetes. Hanya saja, manfaat ini masih dalam tahap penelitian lebih lanjut.

5. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu jenis penyakit tulang yang diakibatkan oleh pengeroposan tulang secara progresif. Umumnya penyakit tulang satu ini dialami oleh orang dewasa hingga lansia.

Mengonsumsi olahan tanaman Milk Thistle dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit osteoporosis tersebut.

Itu tadi beberapa manfaat tanaman Milk Thistle bagi kesehatan yang masih belum banyak orang yang tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment