Logo k3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Beserta Penjelasannya

Logo K3 atau yang biasa di sebut lambang K3 memiliki beragam bentuk dan juga memiliki arti yang sangat luas. Logo K3 sendiri biasanya dipakai sebagai icon Keselamatan dan Kesehatan Kerja di perusahaan ataupun suatu Organisasi baik masyarakat maupun pemerintah. Bagi kamu yang belum terlalu paham apa itu K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja, kamu dapat membaca artikel kami sebelmunya tentang pengertian K3. Berikut ini kami telah merangkum 19 logo k3 dan penjelasannya semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Macam-Macam Logo K3

Logo K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)

Lambang atau Logo atau Simbol memeiliki makna yang hampir sama, Lalu apa sebenarnya makna dari lambang K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) ?

Sebenarnya lambang dan juga arti atau maknanya telah terdapat di dalam Parmenaker (Peraturan Mentri Tenaga Kerja) RI 1135/MEN/1987 tentang Bendera Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Berikut ini penjelasan tentang makna atau arti lambang K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) :

Lambang K3
Ilustrasi Lambang K3 (Logo k3 png)
  1. Bentuk lambang K3: Menunjukan Palang yang dilingkari oleh roda bergigi berjumlah 11 (sebelas) dengan warna hijau, di atas warna dasar putih.
  2. Arti dan juga Makna lambang K3 :
    • Palang mempunyai makna yaitu, bebas atau terhindar dari kecelakaan dan juga penyakit akibat kerja (PAK).
    • Roda Gigi mempunyai makna yaitu, agar dapat bekerja dengan kesegaran jasmani dan juga kesegaran rohani.
    • Warna Putih mempunyai makna yaitu, bersih dan juga suci.
    • Warna Hijau mempunyai makna yaitu, selamat, sehat dan juga sejahtera.
    • 11 (sebelas) gerigi roda mempunyai merujuk pada, 11 (sebelas) Bab dalam Undang-Undang No 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Logo Bendera K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)

Ketentuan beserta arti atau makna bendera K3 juga diatur di dalam Parmenaker (Peraturan Mentri Tenaga Kerja) Republik Indonesia No. Kep. 1135/MEN/1987, tentang Bendera Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Download file Kepmenaker RI 1135/MEN/1987

Bendera K3 pada umumnya dikibarkan di depan perusahaan maupun tersebar dalam bermacam macam berbagai publikasi media masa terkait program-program tentang keselamatan dan kesehatan kerja.

Bendera K3
Ilustrasi Bendera K3

Syarat – Syarat Bendera K3

 Syarat – Syarat Bendera K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) sama halnya diatas juga diatur di dalam Kepmenaker RI 1135/MEN/1987, tentang Bendera Keselamatan dan Kesehatan Kerja di antaranya ialah sebagai berikut :

  1. Bentuk Bendera K3 adalah, Persegi Panjang dengan ukuarn (900mm X 1350 mm).
  2. Warna Bendera K3 adalah Warna Putih.
  3. Lambang K3 terletak bolak-balik di kedua sisi dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Bentuk lambang K3: Menunjukan Palang yang dilingkari oleh roda bergigi berjumlah 11 (sebelas) dengan warna hijau, di atas warna dasar putih.
    • Letak titik pusat 390 mm dari pinggir atas.
    • Ukuran roda gigi R1 : 300 mm.
      • roda gigi R2 : 235 mm.
      • roda gigi R3 : 160 mm.
      • tebal ujung gigi : 55 mm.
      • tebal pangkal gigi : 85 mm.
      • jarak gigi : 32,73 derajat.
      • palang hijau : 270 X 270 mm (tebal 90 mm).
  4. Kalimat bertuliskan “UTAMAKAN KESELAMATAN & KESEHATAN KERJA” yang berwarna hijau terletak bolak balik di kedua sisi dengan ketentuan sbb :
    • tinggi huruf : 45 mm.
    • tebal huruf : 6 mm.
    • panjang kata “UTAMAKAN” : 360 mm.
    • panjang kata “KESELAMATAN & KESEHATAN KERJA” : 990 mm.
    • jarak baris atas dan baris bawah : 72 mm.
    • jarak baris bawah dengan pinggir bawah bendera : 75 mm.

Disclaimer: Syarat-syarat diatas saya kutip dari website PPNS (Politeknis Perkapalan Negri Surabaya) Pada link berikut ini : http://k3.ppns.ac.id/2017/02/14/syarat-syarat-bendera-k3-keselamatan-dan-kesehatan-kerja/

Logo SMK3 (sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja)

SMK3 atau kepanjangan dari “sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja” , berdasarkan Peraturan Pemerintah No 50 tahun 2012. Logo ini terdiri dari beberapa bagian yaitu yang pertama adalah Roda gigi K3 yang dikelilingi oleh 6 cahaya dan yang kedua memiliki tulisan SMK3 dengan Huruf M dibuat seperti tanda cntang atau ceklis.

Ilistrasi Logo SMK3

Logo K3 Internasioanl OSHA (Occupational Safet and Health Administration)

OSHA atau lebih di yang lebih di kenal dengan Occupational Safet and Health Administration, yang jika di terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia mempunyai arti “Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja” adalah bagian dari pada Departemen Tenaga Kerja di Negara Amerika Serikat.

OHSA dibentuk dan disahkan serta tandatangani oleh Presiden Richard M. Nixon, di bawah Undang-Undang Keselamatan dan Kesehatan, tepatnya pada 29 Desember 1970.

OHSA mempunyai misi untuk mencegah cedera yang terkait dengan pekerjaan, penyakit akibat kerja (PAK) , dan juga kematian dengan menegakkan peraturan atau (standarisasi).

logo osha
Ilustrasi Logo OHSA

Lambang OSHA dengan desain utama yang sangat mencolok hanya bertulisan kata “OSHA” terlihat sangat sederhana, dengan sedikit variasi pada bagian huruf O pada kata “OSHA”, lalu tak lupa pada bagain bawahnya dilengkapi dengan tulisan Occupational Health and Safety Administration.

Bagi kamu yang tertarik mengenai pembahsan tentang OHSA, Kamu dapat membaca artikel kami tentang OHSA pada Link berikut : Standar OHSA

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

2 thoughts on “Logo k3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Beserta Penjelasannya”

Leave a Comment