Laporan P2K3 | Cara Mengisi Laporan P2K3 dan Contoh Laporan P2K3

Laporan P2K3 di dalamnya berisi tentang 10 poin penting yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja. Namun sebelum kita membahas tentang poin penting yang harus tercantum di dalam laporan P2K3, terlebih dahulu kita akan membahas tentang laporan P2K3 itu sendiri yang seperti apa.

Jadi laporan P2K3 merupakan sebuah laporan yang disusun agar penerapan K3 di lingkungan kerja atau perusahaan dapat berjalan secara lancar dan terarah sesuai dengan yang seharusnya. Laporan P2K3 baiknya dilaporkan setiap 3 bulan sekali untuk memberikan informasi tentang kinerja K3 dan sekaligus mencari solusi jika ada masalah dalam kaitannya dengan K3.

Cara Mengisi Laporan P2K3

Adapun beberapa hal tentang poin penting P2K3 dalam laporan P2K3 yang harus dilaporkan secara berkala dalam kurun waktu setidaknya 3 bulan sekali, sebagai berikut :

  1. Sebelum pengisian laporan dilakukan, orang yang mengajukan laporan P2K3 harus menyiapkan beragam salinan pengesahan P2K3 terlebih dahulu. Salinan ini difungsikan supaya laporan bisa diterima oleh Dinas Tenaga Kerja.
  2. Siapkan cover laporan P2K3 supaya lebih rapi dan estetikanya dapat jauh lebih terjaga
  3. Pada kop atau kepala laporan yang dikirimkan, isi nama organisasi, alamat dan bagian lain yang memang sudah seharusnya diisi. Laporan ini sendiri ditujukan kepada kepala Dinas Tenaga Kerja yang berkedudukan di Provinsi dan memiliki kantor perwakilan hanya di beberapa kota atau pun kabupaten. Sebagai contoh untuk industri di kota Surabaya harus melaporkan laporannya ke bagian Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur.
  4. Pada bagian A (data umum organisasi), isi dengan profil organisasi yang sesuai dengan data yang telah diminta
  5. Pada bagian B (data K3), isi dengan jenis dan jumlah masing – masing personil baik personil K3 atau unit lain selain P2K3. Isi juga bagian fasilitas dan sertifikat terkait K3 yang organisasi tersebut miliki.
  6. Masih pada pengisian bagian B (data K3), Anda juga bisa mengisi dengan menambahkan informasi tentang keahlian, unit K3, prasarana dan sertifikat lain yang juga diperlukan. Kemudian pada bagian penghitungan statistik kecelakaan kerja, Anda dapat mengisi dengan panduan yang terdapat di dalamnya.
  7. Pada bagian C (kegiatan K3), isi dengan beragam program P2K3 dan program K3 yang telah dilakukan oleh organisasi. Jika dipandang masih belum cukup untuk menjelaskan di form, baiknya Anda lampirkan ke dalam lembaran secara terpisah.
  8. Kemudian pada bagian hambatan dan saran, isi bagian tersebut dengan mencantumkan informasi tentang apa saja hambatan yang terjadi terkait dengan pelaksanaan K3 yang ditemui di organisasi dan beragam saran baik yang bisa diberikan kepada petugas atau pengurus K3 di organisasi terkait.
  9. Laporan P2K3 yang sudah jadi harus disahkan. Sahkan laporan tersebut dengan membubuhkan tanda tangan ketua P2K3 dan tanda tangan sekretaris P2K3.
  10. Jika laporan telah disahkan dan tersusun secara rapi beserta lampiran penunjang yang dibutuhkan, jadikanlah laporan P2K3 tersebut terjilid serapi mungkin.
  11. Serahkan kemudian laporan menuju ke bagian Disnaker setempat dengan membawa surat pengantar
  12. Setelah laporan telah terisi dan telah disahkan disertai dengan lampiran yang telah disusun, jadikan laporan tersebut terjilid dengan serapi mungkin.
  13. Terakhir, laporan perlu diserahkan ke Disnaker setempat. Bawalah juga surat pengantar laporan dari organisasi serta surat bukti penyerahan laporan P2K3 yang nantinya akan ditandatangani oleh penerima laporan. Surat bukti penyerahan laporan ini juga akan menjadi dokumen yang mampu dijadikan bahan telusur ketika audit berlangsung.

Lebih lanjut tentang Pengertian P2K3, Sturktur Organisasi P2K3 , Susunan P2K3, Tugas P2K3, Serta Fungsi P2K3 dapat kamu baca artikel lengkapnya di sini:

Contoh Laporan P2K3 Per 3 Bulan

contoh laporan p2k3 ke disnaker

Contoh Laporan P2K3
Contoh Laporan P2K3
Contoh Laporan P2K3
Contoh Laporan P2K3

Download Template Contoh Laporan P2K3

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment