Seperti Apa Komponen dan Keunggulan Hand Winch ?

Kerap dijumpai dalam industri perkapalan, hand winch merupakan jenis winch yang mengandalkan tenaga manusia untuk pemakaiannya. Oleh karena itu alat ini sering disebut juga sebagai hand winch manual mengingat tak ada mesin otomatis yang diinstal untuk menggerakannya. Meski begitu, hand winch manual masih dibutuhkan untuk beberapa tugas, misalnya lifting dan towing

Hand winch dan komponen penyusunnya

Winch secara umum mempunyai ukuran dan jenis bervariasi. Khusus untuk hand winch manual, alat pengerek ini lebih sesuai digunakan untuk kapal-kapal berskala kecil. Adapun komponen-komponen yang menyusun jenis winch ini, antara lain:

  • Pawl system

Berfungsi sebagai pengunci tali, pawl system dapat Anda pakai saat mengaitkan dan melepaskan barang dari hook, sehingga tali pun akan berhenti bergerak. Lalu untuk mengurangi risiko korosi, pawl system biasanya dilindungi lapisan anti-karat. Anda yang mencari jenis winch pun perlu mempertimbangkan hal ini kalau ingin alat tetap awet dalam waktu lama.

  • Wire drum

Sesuai namanya, wire drum merupakan komponen yang digunakan untuk melilitkan tali yang akan berfungsi untuk menarik beban. Tali yang dipasangkan pada hand winch manual biasanya sudah dilengkapi hook di bagian ujung. Hook tersebut pun dibekali latch sebagai pengaman yang memastikan beban tetap berada di tempat saat Anda memindahkannya dengan hand winch manual.

  • Tuas penggerak

Tuas penggerak memegang peran penting dalam hand winch. Tanpa komponen ini, Anda tak bisa menarik maupun melepaskan beban yang dikaitkan pada tali. Sebagian besar tuas penggerak pada hand winch manual dapat Anda putar 360 derajat untuk memudahkan pemindahan barang. Handle pun sudah disertakan pada komponen ini agar Anda mudah mengoperasikannya.

Berbagai keunggulan dari hand winch manual

Seperti yang disinggung, hand winch manual masih dipakai untuk sejumlah alasan. Bahkan beberapa di antaranya tak dimiliki electric winch, antara lain:

  • Konstruksi kuat. Alat ini dirancang dengan konstruksi kuat yang memungkinkannya dipakai dalam waktu lama. Adapun lubang yang disediakan untuk tujuan pemasangan winch pada media yang diinginkan. Faktor ini pula yang sering kali ditunjukkan sejumlah produsen alat iniuntuk meyakinkan pelanggan bahwa produknya mempunyai kualitas yang baik;
  • Mudah dioperasikan. Jenis winch yang dijalankan dengan sistem elektrik memang terkesan praktis, tetapi operator yang menjalankannya pun harus mengetahui cara kerja teknologi yang diterapkan. Berbeda dengan hand winch manual yang lebih bersahabat dengan pemula. Selain karena bobotnya yang lebih ringan, jenis winch ini pun sudah mempunyai mounting base;
  • Mampu mengangkat beban berat. Jangan salah, hand winch manual dari produsen terpercaya mampu menarik beban hingga kapasitas lebih dari satu ton. Dengan kemampuan ini pula hand winch dilengkapi sistem pengamanan yang lebih baik dan keamanan yang tinggi. Lantas untuk mencegah kerusakan, digunakan material premium dalam pembuatannya;
  • Sistem pengereman yang baik. Lapisan zinc yang dimanfaatkan sebagai lapisan anti-karat pada hand winch manual rupanya memiliki fungsi lain, yaitu mengoptimalkan pengereman. Zinc akan mengurangi beban pada alat, terutama saat Anda harus mengeremnya secara mendadak sebelum barang jatuh atau terbentur.

Apakah hand winch manual adalah alat pengerek atau katrol yang sesuai kebutuhan Anda? Sebagai rekomendasi, Anda bisa melihat-lihat promo hand winch dari Megajaya, salah satu produsen yang telah berpengalaman menyediakan alat-alat seperti ini. Dengan harga terjangkau, kualitas produk yang mereka sudah teruji dan dipercaya masyarakat luas.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment