Jurusan K3 | Kuliah Jurusan K3 Di Indonesia di Sini Tempatnya

Jurusan K3 adalah jurusan di perguruan tinggi yang menjadi suatu jalur bagi mereka yang ingin menjadi tenaga atau ahli K3 bagi suatu perusahaan atau badan usaha. Nah, di Indonesia terdapat beberapa universitas yang hadir menyediakan jurusan K3.

Beberapa universitas yang hadir menyediakan jurusan K3 tersebut di antaranya :

Jurusan K3 UI (Universitas Indonesia)

Universitas Indonesia menyediakan program S1 dan S2 Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang nantinya akan menyiapkan lulusan dan ahli K3 terbaik untuk bisa terjun ke perusahaan secara langsung.

Departemen K3 FKM UI menghadirkan lima bidang keilmuan K3 yang bersifat multidisiplin. Kelima bidang keilmuan yang dikembangkan tersebut terdiri atas :

  1. Occupa tional health (kesehatan kerja)
  2. Occupational safety (keselamatan kerja)
  3. Ergonomic
  4. Industryal hygiene (higiene industri)
  5. Human factor and behavior in OHS (faktor manusia dan perilaku dalam K3)

Jurusan K3 UNJ (Universitas Negeri Jakarta)

Universitas Negeri Jakarta menghadirkan program studi S1 Teknik Keselamatan dan Proteksi Kebakaran, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin dan fakultas teknik yang bekerja sama dengan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membuka program studi baru yaitu program S1 Teknik Keselamatan dan Proteksi Kebakaran mulai tahun ajaran 2011/ 2012. Kerja sama tersebut telah tercantum dalam nota kesepakatan nomor 47/H39/DT/2011 dan 4195/-072.

Jurusan K3 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN Jakarta)

UPN Jakarta telah resmi menjadi perguruan tinggi negeri sejak tahun 2014 lalu. Kini UPN Jakarta juga sudah mengantongi izin untuk menyediakan sekolah S1 keselamatan kerja, program studi ilmu kesehatan masyarakat, dan fakultas ilmu kesehatan. Program studi tersebut telah terakreditasi B dari pemerintah sejak tahun 2013 lalu.

Jurusan K3 UIN (Universitas Islam Negeri) Syarif Hidayatullah Jakarta

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menyediakan program studi S1 ilmu kesehatan masyarakat, fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan. Program studi tersebut sudah mendapatkan akreditasi B berdasarkan keputusan BN-PT No. 192/SK/BAN-PT/Ak-XVI/8/IX/2013.

Jurusan K3 ITB (Institut Teknologi Bandung)

Institut Teknologi Bandung menghadirkan beberapa program studi yang berkaitan dengan K3. Jalur program studi keselamatan dan kesehatan lingkungan yang hadir diharapkan memiliki kompetensi spesifik untuk peserta didik.

Kompetensi spesifik yang dimaksud seperti mengidentifikasi, menganalisa, merencanakan, meningkatkan dan memantau pengelolaan lingkungan, serta juga melakukan evaluasi terhadap kondisi kesehatan dan keselamatan lingkungan. Program ini selain sudah terakreditasi oleh BAN-PT, juga telah mendapat akreditasi oleh Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET) Amerika Serikat.

Jurusan K3 UNDIP (Universitas Diponegoro)

Keberadaan fakultas kesehatan masyarakat di Universitas Diponegoro berawal dari terbitnya surat keputusan rektor dari Universitas Diponegoro yaitu SK nomor 01/SK/PT.09/1985 yang diterbitkan pada tanggal 4 Januari 1985 tentang berdirinya program studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Dalam pengembangannya menjadi fakultas, PSKM FK-UNDIP mendapat bantuan dana pengembangan dari FKM se-Indonesia dan menjadi proyek kerja sama yang terjalin antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan serta USAID. Fakultas tersebut sudah terakreditasi A oleh BAN-PT dan ISO 9001 : 2008.

Jurusan K3 UGM (Universitas Gajah Mada)

Sebagai universitas tertua memang banyak program studi yang dihadirkan oleh Universitas Diponegoro. Salah satunya program studi S2 ilmu kesehatan kerja program pascasarjana.

Program studi ini hadir dengan menguatkan tekad untuk menjadi lembaga pendidikan, lembaga penelitian dan penerapan ilmu kesehatan kerja dan kedokteran industri yang tidak hanya bertaraf nasional akan tetapi juga bertaraf internasional.

Beragam sistem pendidikan yang hadir pada akhirnya akan membantu lulusannya menjadi tenaga profesional dalam bidang ilmu kesehatan kerja atau kedokteran industri dalam upaya mencegah terjadinya penyakit akibat kerja atau pun penyakit akibat lingkungan kerja yang tidak sehat. Program ini pun telah mendapatkan akreditasi C dari BAN –PT dan berlaku sampai tahun 2017.

Prospek Kerja Jurusan K3

Prospek kerja K3 sangat beragam terlebih bagian ini dalam sebuah perusahaan sangat dibutuhkan sementara jumlah tenaga kerja yang tersedia sampai saat ini masih sangat minim atau sedikit jumlahnya.

Oleh sebab itu, tingkat persaingan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan bagi ahli K3 sangatlah terbuka lebar.

Beberapa bidang kerja yang dapat menjadi prospek kerja K3 terdiri atas :

  1. Bagian koordinator kesehatan dan keselamatan kerja
  2. Environmental specialist
  3. Analisis quality control
  4. Health and safety engineers
  5. Pengawas konstruksi bangunan

Untuk lebih jelasnya mengenai Porspek kerja jurusan k3 dapat kamu baca pada artikel berikuti ini:

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment