HSE Plan Adalah? Berikut ini 5 Tujuan, dan 5 Contoh HSE Plan !!!

Daftar Isi

Pengertian HSE Plan adalah

HSE plan adalah sebuah rencana yang berkaitan dengan keselamatan kerja guna membantu perusahaan dalam menghindari potensi bahaya di tempat kerja dan sekaligus sebagai upaya mengendalikan potensi bahaya dengan cara yang baik dan tepat.

Untuk lebih mengetahui tentang HSE, kamu dapat baca artikel berikut ini:

Tujuan HSE Plan atau Safety Plan

HSE plan atau yang dikenal safety plan dalam pembuatannya memiliki beberapa tujuan, di antaranya :

  1. Untuk melakukan studi dan analisis tentang dampak tidak dipenuhinya standar beserta ketentuan pengoperasian
  2. Untuk mendapatkan alternatif pemecahan masalah dalam rangka menjamin tingkat keberhasilan operasional di lingkungan perusahaan atau tempat kerja
  3. Memperkirakan efektivitas masing – masing alternatif pemecahan masalah yang berkaitan dengan keselamatan kerja
  4. Untuk merekomendasikan pembatasan prosedur operasi, pembatasan kapasitas, pembuatan kebijakan dan perubahan atau hal lain terkait dengan tidak dipenuhinya standar serta ketentuan pengoperasian
  5. Melakukan identifikasi terhadap target keselamatan yang harus dipenuhi demi memastikan keselamatan dan kelancaran operasional kerja

Contoh HSE Plan adalah

Pada masing – masing bidang kerja, HSE plan sangat diperlukan. Berikut kami ulas beberapa contoh HSE plan pada masing – masing bidang kerja, di antaranya :

Contoh di bidang konstruksi

HSE plan di bidang konstruksi merupakan prosedur safety plan yang disusun secara sistematis dan didalamnya tercakup informasi tentang tujuan pembangunan, target pembangunan, program pembangunan serta manajemen tanggap darurat yang harus dipenuhi.

Contoh di bidang proyek penyediaan air minum

HSE Plan di bidang proyek penyediaan air minum dilakukan dengan melibatkan perusahaan lain serta sekaligus pemerintah daerah dalam penanganan dan pelaksanaannya.

HSE plan dalam proyek penyediaan air minum dibuat cukup lengkap dengan berisikan banyak halaman dan didalamnya memiliki isi pembagian tugas, analisis tentang bahaya dan analisis tentang kecelakaan kerja dan potensi kecelakaan dalam proyek.

HSE plan dalam bidang proyek penyediaan air minum juga dihadirkan dengan tujuan untuk memberikan produk air minum yang berkualitas agar bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua konsumen. Harus dipastikan sterilisasi produk berjalan dengan baik sampai didistribusikan ke konsumen.

Contoh di bidang manufaktur

Dalam bidang manufaktur, safety plan yang berkaitan didalamnya berisikan tentang manajemen produksi, tata cara penggunaan peralatan dan bahan selama proses produksi berlangsung dan masih banyak lagi lainnya.

Didalamnya juga mencakup dokumen tentang struktur, pembagian tugas dan analisa bahaya di bidang manufaktor. HSE atau safety plan untuk bidang manufaktur dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan atau keperluan karena masing – masing perusahaan manufaktur biasanya memiliki prosedur dan mekanisme kerja yang berbeda sehingga kebutuhan tentang HSE juga berbeda.

Contoh HSE plan Pertamina

Sebagai badan usaha milik negara, PT Pertamina, Tbk tentu menerapkan mekanisme kesehatan dan keselamatan kerja dengan sangat baik. Terlebih perusahaan ini memang diawasi oleh pemerintah dalam tata laksananya.

HSE atau safety plan yang disubmit pada PT Pertamina, Tbk sangat berkelas dan menjabarkan semua mekanisme dan prosedur HSE secara menyeluruh. Tahap – tahap pengisian HSE, bagian – bagian HSE, kebijakan HSE semuanya tergambar dan terperinci dalam plan mereka.

Contoh untuk Petroleum Development Oman

Petroleum Development Oman merupakan sebuah perusahaan kontraktor yang juga memiliki mekanisme plan HSE yang sangat baik. HSE atau safety plan yang disusun oleh Petroleum Development Oman didalamnya memuat kebijakan tentang k3 (kesehatan dan keselamatan kerja) yang harus dilaksanakan oleh seluruh pihak terkait di lingkungan kerja. Didalamnya juga memuat informasi tentang target kerja dan prosedur audit yang diselenggarakan oleh Petroleum Development Oman.

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment