Heat Stress adalah? 7 penyebab heat stress, pengaruh dan pecegahannya

Heat stress adalah suatu kondisi yang terjadi pada tubuh ketika kemampuan tubuh dalam menyeimbangkan suhu tubuh normal berkurang.

Pengertian Heat Stress

Heat stress adalah kondisi yang menimpa fisik pekerja sebagai akibat karena terlalu lama terpapar beban panas baik melalui panas metabolik, faktor lingkungan atau pun pakaian yang digunakan.

Penyebab Heat Stress

Adapun penyebab dari Heat Stress ada 7, heat stress terjadi akibat panas yang terpancar di lingkungan kerja bisa berasal dari beberapa kondisi seperti :

  1. Suhu dan kelembaban yang tinggi
  2. Paparan sinar matahari langsung
  3. Kerja fisik yang berat
  4. Panas yang dihasilkan metabolisme tubuh
  5. Aliran udara yang terbatas dengan banyaknya gerakan yang dihasilkan
  6. Pakaian kerja yang digunakan
  7. Tingkat aklimatisasi di lingkungan kerja

Faktor Penyebab Heat Stress

Faktor iklim dan non iklim di lingkungan kerja tersebut dapat meningkatkan resiko pekerja terkena heat stress di lingkungan kerja. Pada akhirnya tubuh pekerja tidak memiliki kemampuan dalam menyeimbangkan suhu tubuh normal karena lebih besar paparan panas yang diterima tubuh dari luar.

Logikanya, ketika tubuh terkena paparan radiasi panas langsung maka sistem di dalam tubuh akan berusaha mempertahankan suhu tubuh internal supaya tetap berada pada kondisi normal dengan cara mengeluarkan keringat dan mengalirkan darah ke kulit jauh lebih banyak.

Dalam kondisi yang demikian, jantung akan bekerja jauh lebih keras untuk memompa darah ke area kulit bagian luar dan kelenjar keringat secara terus menerus akan mengeluarkan cairan yang didalamnya mengandung elektrolit ke permukaan kulit. Akhirnya penguapan keringat terjadi dan dapat mempertahankan suhu tubuh tetap dalam kondisi normal.

Akan tetapi jika suhu di luar terlampau tinggi disertai dengan tingkat kelembabannya maka keringat tidak dapat menguap dan tubuh gagal mempertahankan suhu internal yang dibutuhkannya. Dalam kondisi ini, tubuh akan mengalami gangguan dan gangguan tersebut pada akhirnya akan berpengaruh terhadap kemampuan seseorang untuk bekerja di lingkungan panas.

Ketika peredaran darah lebih banyak yang mengalir ke kulit, pasokan darah ke otak akan meningkat dan otot serta organ tubuh lainnya akan berkurang sehingga kelelahan dan berbagai masalah kesehatan pun terjadi. Pada akhirnya kondisi kegagalan tubuh dalam menyeimbangkan suhu internalnya akan memicu timbulnya heat stress bagi pekerja.

Pihak yang Beresiko Terkena Heat Stress dan Pengaruhnya

Lantas, siapa saja yang beresiko mengalami stress panas di lingkungan kerja dan bagaimana pengaruhnya bagi kondisi fisik dan psikis pekerja?

Mereka yang beresiko terserang heat stress atau stress panas adalah orang – orang yang bekerja dengan mengenakan pakaian pelindung dan bekerja di lingkungan panas, lingkungan dengan tingkat kelembaban tinggi atau pun mereka yang melakukan pekerjaan fisik berat.

Secara umum kondisi heat stress kerap mengintai dan dialami oleh pekerja pabrik karet, pabrik kaca, pabrik peleburan logam, pekerja di ruang boiler, pekerja pertambangan dan pekerja di bidang konstruksi karena sehari – hari mereka memang berhadapan dengan panas.

Kondisi ini termasuk salah satu potensi bahaya di lingkungan kerja dan harus mendapat perhatian serius karena paparan panas di lingkungan kerja tidak hanya memberikan efek jangka pendek, melainkan jika dibiarkan juga akan berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Upaya Pencegahan Heat Stress

Agar heat stress tidak terjadi pada pekerja, perusahaan perlu melakukan tindakan pencegahan. Adapun tindakan pencegahan yang bisa dilakukan perusahaan terdiri atas :

  • Mencanangkan program pencegahan stress panas bagi pekerja di lingkungan kerja
  • Memberikan fasilitas kerja yang memadai dan memenuhi kebutuhan setiap pekerja
  • Melakukan pengendalian teknik dengan cara memasang ventilasi umum di tempat kerja, memasang exhaust fan, memasang dust collector dan menggunakan shielding atau penyekat untuk mengurangi radiasi panas dan mendinginkan suhu

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment