Hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan K3

Keselamatankerja – perlu selalu dijaga dimanapun berada termasuk di tempat kerja. Oleh karenanya maka ada yang namanya K3. 

Apa itu K3

K3 adalah singkatan dari Kesehatan dan Keselamatan Kerja. K3 merupakan salah satu persyaratan bagi suatu perusahaan atau lembaga dan organisasi untuk bisa beroperasi dengan baik dan lancar. Pemerintah Indonesia mengaturnya dalam suatu UU. ILO (International Labor Organization) yakni lembaga perburuhan internasional juga mensyaratkan dan mengatur tentang K3 tersebut.

Tujuan K3

K3 bertujuan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan pekerja selama melaksanakan pekerjaannya. Hal ini mengingat setiap aktivitas manusia pasti mengandung, risiko baik besar atau kecil terhadap kesehatan dan keselamatannya.

Terutama jika aktivitas kerja tersebut dilakukan di suatu lingkungan kerja yang berbahaya. Sebagai contoh lingkungan kerja yang berbahaya secara fisik itu ialah di suatu lokasi pabrik atau di suatu lokasi bangunan yang belum jadi dan sedang dalam tahap pengerjaan atau di suatu ketinggian selain juga di suatu lingkungan yang bersuhu tinggi dan lain sebagainya.

Selain itu juga ada lingkungan kerja yang berbahaya bagi kesehatan mental juga, yakni jika SOP (Standar Operasional Prosedur) tidak jelas dan sistem penilaian kinerja juga tidak jelas, reward dan punishment hanya berdasarkan pada like dan dislike tanpa kriteria yang jelas dan pasti.

Lalu juga bisa lingkungan kerja yang bising misalnya, maka itu selain mengganggu kesehatan fisik  yakni di bagian telinga maka juga bisa mengganggu kesehatan mental. Tujuan K3 lainnya ialah agar pelaksanaan kerja bisa berlangsung dengan lancar dan cepat.

Kemudian lingkungan eksternal tempat kerja juga bisa tetap terjaga kelestariannya, tanpa ada pencemaran atau polusi lainnya. Bentuk polusi bisa berupa polusi udara  polusi suara dan lain sebagainya.

Hal-hal Terkait Pelaksanaan K3

Dalam melaksanakan k3 harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

Berbagai Perangkat K3

Hardware

Alat keselamatan kerja dapat berupa berbagai kelengkapan fisik, yakni seperti topi helm penahan benturan, jaket tahan api, sarung tangan dalam berbagai fungsinya dan bahan serta tingkat ketebalan, lalu masker, yang juga sangat bervariasi model, bahan dan fungsinya, lalu juga penutup telinga untuk menahan kebisingan, sepatu khusus, kacamata khusus dan lain sebagainya.

Software

Dalam hal ini ialah berupa SOP, dan sistem penilaian kinerja yang transparan dan adil, serta jelas dan rinci secara obyektif dan lain sebagainya.

Pemahaman Seluruh Anggota Organisasi tentang K3

Lalu penting juga agar seluruh anggota organisasi memahami benar tentang K3 ini.

Pelaksanaan K3 secara Disiplin dan Konsisten

Kemudian perlu juga upaya agar K3 dilaksanakan dengan secara konsisten dan berkesinambungan dengan penuh disiplin.

Evaluasi

Lalu yang tak kalah pentingnya juga adalah tahap evaluasi secara rutin secara berkala, agar pelaksanaan K3 bisa disempurnakan tiap saat dan di cek apakah sudah memenuhi prosedurnya atau tidak. Juga agar mudah diketahui jika ada suatu permasalahan.

Itulah antara lain beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan K3.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment