6 Faktor penyebab kecelakaan kerja, Serta pembahasan lengkapnya !!!

Faktor penyebab kecelakaan kerja yang mencakup 5m berdasarkan konsep K3 terdiri atas unsur – unsur berikut ini : 

  1. Umur
  2. Jenis kelamin
  3. Masa kerja
  4. Penggunaan APD (Alat Pelindung Diri)
  5. Tingkat Pendidikan Pekerja
  6. Faktor Lingkungan

Pembahasan lebih lengkap tentang Kecelakaan kerja dapat juga kamu baca pada artikel berikut ini:

Pembahasan lebih lengkap tentang Laporan Kecelakaan kerja dapat juga kamu baca pada artikel berikut ini:

Umur

Faktor penyebab kecelakaan kerja yang mencakup 5m berdasarkan konsep K3 yang pertama adalah faktor usia atau umur. Umur harus mendapat perhatian utama dalam merekrut pekerja karena umur akan sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik, mental dan kemampuan kerja seorang pekerja.

Karyawan muda umumnya memiliki kondisi fisik yang lebih dinamis, kuat, tahan banting, dan kreatif. Akan tetapi soal tanggung jawab, turn over dan rasa tanggung jawab lebih rendah dibandingkan dengan karyawan yang berusia di atas 25 tahun.

Akan tetapi untuk jenis pekerjaan berat seperti tukang bangunan atau pekerja tambang, pekerja yang berusia di atas 30 tahun cenderung memiliki kapabilitas kerja yang lebih rendah dibandingkan dengan pekerja di bawah 25 tahun karena kondisi fisik yang sudah menurun.

Jenis kelamin

Jenis pekerjaan antara pria dan wanita tentu sangat berbeda. Oleh sebab itu perlu pembagian kerja secara fisiologi di tempat kerja. Hal ini disebabkan secara anatomi, fisiologi dan psikologis, tubuh wanita dan pria memiliki banyak perbedaan dan penyesuaian dalam beban dan kebijakan kerja.

Pria memiliki badan yang lebih tegap dibandingkan wanita. Pria juga tidak memiliki masa subur dan tidak hamil seperti wanita. Oleh sebab itu kondisi fisik perlu diperhatikan dalam penempatan posisi pekerja dan pembuatan kebijakan kerja.

Masa kerja

Masa kerja merupakan jangka waktu berapa lama seorang tenaga kerja bekerja di suatu perusahaan atau badan usaha. Masa kerja akan sangat berpengaruh terhadap kinerja baik secara positif atau negatif.

Masa kerja akan memberi pengaruh positif pada kinerja tenaga kerja jika semakin lama masa kerja seseorang, menjadikan personal orang tersebut lebih terlatih dalam menjalankan tugasnya karena memiliki pengalaman yang lebih banyak.

Sebaliknya, masa kerja dapat memberi pengaruh negatif pada seorang tenaga kerja jika semakin lama masa kerjanya menimbulkan kinerjanya semakin kendur. Biasanya hal ini terjadi pada jenis pekerjaan yang sifatnya monoton atau berulang – ulang setiap harinya disebabkan oleh faktor ‘bosan’.

Penggunaan APD (Alat Pelindung Diri)

Alat pelindung diri yaitu seperangkat alat yang digunakan tenaga kerja untuk melindungi sebagian tubuh atau seluruh tubuh dari resiko atau potensi timbulnya bahaya ketika bekerja di lingkungan kerja. Jenis pekerjaan yang biasanya menggunakan APD lengkap seperti tenaga medis atau tenaga kesehatan, pekerja proyek atau kontraktor.

Alat Pelindung Diri memang tidak secara sempurna melindungi tubuh, akan tetapi dapat mengurangi tingkat keparahan kecelakaan kerja yang bisa terjadi. Penggunaan alat pelindung diri juga harus diperhatikan agar manfaat yang didapatkan juga maksimal.

Pembahasan lebih lengkap tentang Alat pelindung diri dapat juga kamu baca pada artikel berikut ini:

Tingkat pendidikan pekerja

Pendidikan merupakan proses seseorang dalam mengembangkan sikap, kemampuan dan bentuk tingkah laku lain di tengah masyarakat tempat ia hidup dan menjadi tempat beradaptasi dengan lingkungan.

Pendidikan juga sangat berpengaruh tidak hanya terhadap perilaku akan tetapi juga terhadap kemampuan, skill dan pola pikir seseorang. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, skillnya akan meningkat dan mereka cenderung menghindari potensi bahaya yang terjadi di lingkungan kerja.

Faktor Lingkungan

Selain lima faktor utama tersebut yang menjadi penyebab kecelakaan kerja di lingkungan kerja, faktor lingkungan juga berpengaruh terhadap potensi kecelakaan kerja di lingkungan kerja.

Faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap potensi kecelakaan kerja di tempat kerja meliputi :

  1. Tingkat kebersihan lingkungan tempat kerja
  2. Kebisingan
  3. Kondisi lantai licin atau tidak
  4. Penerangan di ruangan tempat kerja
  5. Dan suhu ruangan

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment