Dekontaminasi : Pengertian, Tujuan, 5 SOP dan 8 Syarat Dekontaminasi

Pengertian Dekontaminasi

Dekontaminasi atau pembersihan merupakan sebuah istilah kata yang sering diucapkan dan merujuk pada upaya membersihkan suatu benda yang terkontaminasi oleh zat, bahaya atau cairan tertentu.

Jadi, dekontaminasi adalah langkah pertama yang dilakukan dalam menangani suatu peralatan, perlengkapan, dan benda lain yang terkontaminasi oleh kotoran, cairan atau zat tertentu.

Tujuan Dekontaminasi

Aktivitas dekontaminasi dilakukan dengan beberapa tujuan yang meliputi :

  1. Membersihkan kotoran yang tampak di perlengkapan atau peralatan kerja yang digunakan
  2. Mensterilkan peralatan dan perlengkapan kerja dari kotoran dan bibit penyakit yang berpotensi menempel di permukaan atau di dalamnya.
  3. Membantu menurunkan transmisi penyakit dan mencegah terjadinya infeksi pada alat – alat atau instrumen kerja karena telah dilakukan pencucian setelah digunakan.
  4. Mencegah penyebaran virus atau terjadinya infeksi karena bahan B3 di lingkungan kerja
  5. Memusnahkan mikroorganisme patogen termasuk spora
  6. Melindungi pekerja secara personal

SOP Dekontaminasi dan Persyaratannya

Setelah kita membahas tentang tujuan dari aktivitas ini, sekarang kita akan membahas mengenai tata cara melakukannya.

SOP dekontaminasi sebagai berikut :

  1. Lakukan prosedur dekontaminasi atas berbagai perlengkapan dan peralatan dengan cara merendamnya menggunakan larutan desinfektan selama kurang lebih 10 menit. Langkah ini dapat membantu membunuh berbagai macam virus utamanya virus hepatitis B dan AIDS.
  2. Pastikan perlengkapan dan peralatan bersih menyeluruh sebelum digunakan kembali
  3. Hindari merendam instrumen baik perlengkapan atau peralatan berbahan logam dan berlapiskan elektron meski dalam air biasa karena dapat mengakibatkannya cepat berkarat
  4. Setelah dekontaminasi instrumen terjadi, Anda harus segera melakukan pencucian peralatan atau bahan tersebut dengan menggunakan air dingin guna menghilangkan berbagai macam bahan organik sebelum dibersihkan secara menyeluruh.
  5. Peralatan habis pakai dan habis semprot harus diletakkan di dalam sebuah wadah yang baik untuk dikubur jika sudah tidak bisa digunakan

Proses dekontaminasi bisa dilakukan jika memenuhi syarat. Adapun beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam melakukan aktivitas dekontaminasi terdiri atas :

  1. Suhu dalam proses dekontaminasi secara fisik harus suhu air panas. Untuk peralatan sanitasi perlu suhu dekontaminasi sebesar 80 derajad celcius dalam waktu pencucian 45 sampai 60 menit , sementara suhu untuk dekontaminasi peralatan masak sebesar 80 derajad celcius dalam waktu 1 menit saja.
  2. Desinfektan yang digunakan dalam metodeini harus memenuhi kriteria tidak merusak peralatan atau pun perlengkapan dan harus memiliki efek sebagai deterjen yang digunakan dalam waktu yang sangat singkat.
  3. Desinfektan yang digunakan tidak boleh terpengaruh oleh keadaan air dan harus digunakan sesuai petunjuk penggunaan di label kemasannya.
  4. Semua peralatan dan perlengkapan harus disterilisasi sesuai dengan petunjuk sterilisasi yang sudah tercantum atau sudah dilatihkan kepada karyawan atau pekerja.
  5. Proses desinfeksi yang dilakukan harus menggunakan desinfektan yang ramah lingkungan agar tidak menimbulkan munculnya limbah B3 atau limbah berbahaya bagi lingkungan.
  6. Petugas yang bertugas dalam melakukan sterilisasi harus menggunakan suatu alat pelindung diri khusus seperti sarung tangan dan masker untuk menghindari menghirup zat tidak baik dan mencegah tangan terkontaminasi dari virus atau bakteri pada peralatan yang disterilisasi
  7. Petugas sterilisasi harus menguasai prosedur menjalankan sterilisasi yang aman
  8. Hasil akhir dari proses sterilisasi yang dijalankan harus menjadikan berbagai peralatan dan perlengkapan atau ruangan yang disterilisasi bebas dari mikroorganisme hidup didalamnya.

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment