Contoh 5R di Tempat Kerja dan Implementasinya

contoh 5R di tempat kerja

Sebagian dari kita mungkin saja pernah mendengar kejadian yang menyebabkan kecekalaan di sekitar kita. Seperti kejadian yang ada di kantor, ada yang terjatuh, tersandung, tersengat listrik, dan lain-lain. Kejadian tersebut terlihat sepele, namun akan menjadi serius jika menjadi perhatian kita semua. Kejadian tersebut dianggap sepele karena kita tidak perduli dan menganggapnya tidak penting. Sehingga tidak dilakukan analisis. Seharusnya kejadian tersebut bisa kita cegah dengan menerapkan prinsip 5R. Konsep 5R di lingkungan kerja bisa kita ketahui dengan melihat beberapa contoh 5R di tempat kerja.

5R adalah metode yang sederhana dan bisa dilakukan oleh semua orang. Hasilnya akan sangat luar biasa jika kita melaksanakan konsep 5R tersebut.

Lalu, apa konsep 5R di tempat kerja? Konsep 5R terdiri dari:

  1. Ringkas
  2. Rapi
  3. Resik
  4. Rawat
  5. Rajin

Konsep 5R memiliki tujuan untuk memelihara ketertiban, kedisiplinan, dan efisiensi di tempat kerja. Selain itu, tujuan lain dari R5 yaitu sebagai usaha dalam peningkatan kinerja suatu perusahaan. Sehingga perusahaan tersebut dapat maju dan berkembang pesat.

Anda juga perlu mendalami tentang Konsep 5S. Pengertian, Manfaat dan Penjelasannya yang Powerful

Fungsi 5R di Tempat Kerja

Menerapkan budaya kerja 5R ditempat kerja bisa menjadi langkah awal bagi perusahaan untuk mengendalikan kualitas perusahaan agar semakin meningkat. Fungsi 5R di tempat kerja antara lain:

  • Fungsi utama dari konsep 5R ini yaitu agar terpacainya efektivitas dan efisiensi tinggi di lingkungan kerja, rumah, atau tempat lainnya.
  • Efisiensi sangat berhubungan dengan budget atau dana. Sedangkan efektivitas berhubungan dengan bagaimana kita mengatur waktu. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan budaya kerja 5R, Anda dapat menghemat pengeluaran dan juga waktu.
  • Fungsi lainnya dari konsep 5R adalah agar tercipta lingkungan bekerja yang nyaman, bersih, rapi, menyenangkan, dan sehat untuk para karyawannya.
  • Menerapkan konsep 5R di perusahaan juga berfungsi untuk membantu para pekerja agar lebih disiplin, memiliki budaya kerja positif, memiliki sikap positif, dan rasa kepekaan semakin meningkat serta semakin kreatif dalam melakukan pekerjaan.
  • Jika perusahaan berhasil menerapkan konsep 5R dengan baik dan terus menerus, maka perusahaan akan mendapatkan hasil berupa para pekerja dengan kedisiplinan yang tinggi.

Cara Menerapkan 5R di Tempat Kerja dan Contohnya

Anda mungkin saja masih bertanya-tanya, bagaimana cara menerapkan 5R? Menurut teori, budaya kerja 5R mudah untuk Anda terapkan dan bebas biaya. Tetapi pada kenyataannya, tidak semua orang bisa melakukannya secara terus menerus.

Agar budaya kerja 5R ini bisa menjadi kebiasaan, kuncinya ada pada komitmen pada masing-maasing pekerja. Selain itu, manajemen harus telaten untuk memberikan perhatian kepada pekerja dengan cara melakukan penyuluhan dan bimbingan bagi mereka.

Contoh 5R di Tempat Kerja

Para pekerja cenderung memiliki pola pikir bahwa mereka akan merasa kesulitan jika menerapkan suatu kebiasaan atau perubahan baru dalam pekerjaan mereka. Mereka berpikir, hal tersebut akan berdampak para tempat kerja, sikap kerja, dan juga perilaku mereka. Padahal apa yang mereka pikirkan ini justru memiliki potensi baik di masa mendatang.

Lingkungan kerja bisa menjadi cerminan pola pikir dari para pekerjanya. Area kerja yang berantakan bisa menjadi salah satu ciri proses kerja yang negatif. Untuk itu, penerapan kebiasaan baru di lingkungan kerja dapat berpengaruh pada sikap kerja dan perilaku tenaga kerja. Sehingga bisa merubah pola pikir pekerja dan mempermudah pekerjaan mereka.

Perubahan tersebut dilakukan dengan menerapkan 5R yaitu ringkas, rapi, resik, rawat, dan rajin di lingkungan kerja. Dengan menerapkan konsep 5R saat bekerja, kondisi dan perilaku yang tidak aman dapat dengan mudah Anda identifikasi dan kendalikan. Sehingga bisa meminimalisir bahkan menghilangkan risiko kecelakaan kerja.

Lalu, bagaimana contoh 5R terbaik? Simak penjelasan contoh 5R di tempat kerja berikut ini:

  1. Ringkas

Konsep 5R yang pertama adalah ringkas. Contoh 5R di tempat kerja prinsip ringkas yaitu dengan memilah produk atau barang yang masih Anda gunakan atau tidak. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara membuat kriteria tertentu untuk merelokasi atau menghilangkan barang tersebut. Dengan prinsip ini, Anda bisa lebih menghemat tempat.

  • Rapi

Prinsip selanjutnya yaitu rapi. Pada prinsip ini Anda harus memilih cara menyimpan dan layout agar semua orang bisa mengakses tempat tersebut dengan mudah. Anda bisa memilih tempat menyimpan yang fungsional, membuat tempat untuk masing-masing barang, dan juga menyimpan barang pada tempatnya serta memberikan tanda pada barang atau tempat. Dengan menerapkan prinsip ini, Anda bisa lebih hemat waktu karena memiliki kemudahan untuk mencari barang dan material lainnya.

  • Resik

Resik merupakan prinsip yang menekankan pada kebersihan. Anda harus menjaga kebersihan tempat kerja dari kotoran, sampah, debu, dan benda-benda yang tidak digunakan. Kebersihan tempat kerja merupakan langkah pemeriksaan untuk menemukan suatu masalah. Prinsip ini memiliki tujuan untuk mengurangi kecelakaan kerja, mengurangi waktu rusak peralatan atau mesin, dan mengurangi jumlah defect atau kontaminasi.

  • Rawat

Konsep 5R selanjutnya yaitu rawat. Contoh 5R di tempat kerja prinsip rawat yaitu membuat standar-standar untuk area kerja agar selalu bersih dan rapi. Selain itu, And juga harus membuat cara menjaga area kerja menjadi sebuah prosedur. Cara menerapkan prinsip ini yaitu melakukan identifikasi lebih dini pda masalah yang muncul dan tindakan awal, pengendalian visual, serta memberikan kode tertentu. Dengan menerapkan prinsip rawat yaitu tidak ada kondisi yang abnormal di tempat kerja.

  • Rajin

Konsep 5R yang terakhir yaitu rajin. Prinsip ini mengharuskan Anda untuk patuh pada setiap peraturan dan membuatnya menjadi sebuah kebiasaan. Dalam menerapkan prinsip ini, semua pekerja harus ikut berpartisipasi dan melakukan pemeriksaan atau audit secara rutin agar tingkat yang lebih tinggi bisa tercapai dengan baik. Harapannya semua pekerja bisa terlibat dalam menjalankan prinsip ini dan mereka mengalami peningkatan moral dengan lebih baik.

Pentingnya Konsep 5R Untuk Perusahaan

Anda dan pekerja lainnya bisa menerapkan konsep 5R tidak hanya di lingkungan kerja saja, namun bisa di rumah, kelas, dan lain-lain.

Karena konsep 5R tidak hanya dibuat untuk para pekerja dan lingkungan kerja saja, tetapi paling banyak digunakan di perusahaan lewat arahan dan bimbingan manajemen perusahaan.

Dengan menerapkan konsep 5R dalam bekerja, Anda bisa meminimalisir hal yang kurang menyenangkan atau kecelakaan di lingkungan kerja. Bahkan kualitas pekerjaan Anda akan semakin meningkat.

Selain itu, konsep 5R juga berperan penting dalam meningkatkan kualitas diri Anda. Sehingga tidak heran jika banyak perusahaan yang menerapkan budaya kerja 5R agar perusahaan semakin maju dan berkembang pesat.

Jika budaya kerja 5R dapat Anda aplikasikan dengan baik, Anda bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak menyenangkan dari yang paling ringan sampai kejadian serius seperti kecelakaan kerja.

Anda juga bisa membaca artikel tentang Contoh 5S Terbaik dan Penerapannya di Tempat Kerja

Kesimpulan

Itulah beberapa pembahasan contoh 5R di tempat kerja yang bisa penulis sajikan. Konsep 5R mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk diri sendiri, hasil pekerjaan di area kerja, dan untuk perusahaan tempat Anda bekerja. Semoga artikel ini bermanfat.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke
You might also like