Berapa Lama Orang Bisa Hidup Tanpa Makan? Ini Penjelasannya

Lama Orang Bisa Hidup Tanpa Makan – Makan merupakan aktivitas wajib bagi setiap makhluk hidup, khususnya manusia. Tanpa makan dalam beberapa jangka waktu tertentu akan membuat seseorang meninggal karena kelaparan. Sudah banyak kasus yang kelaparan di berbagai negara yang sampai membuat penderitanya meninggal dunia.

Hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya, berapa lama orang bisa hidup tanpa makan? Sebenar ini tidak memiliki jawaban yang pasti. Lamanya seseorang bisa bertahan hidup tanpa makan tersebut tergantung dari kondisi tubuh dan apa yang dilakukannya. Jika pernyataan ini masih belum bisa menjawab rasa penasaran Anda, maka perlu menyimak ulasan ini sampai selesai.

Penjelasan Berapa Lama Orang Bisa Hidup Tanpa Makan

Seperti yang sudah disinggung di atas, pertanyaan berapa lama orang bisa hidup tanpa makan ini tergantung pada berbagai kondisi. Seseorang yang sudah terbiasa kelaparan akan bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan orang yang setiap harinya tercukupi nutrisinya.

Ini karena orang yang sudah biasa menahan lapar akan memberikan perubahan pada cara kerja tubuhnya dan melakukan penyesuaian akan kondisi tersebut. Sementara bagi seseorang yang setiap harinya terbiasa untuk makan dan tercukupi dengan baik, tidak mendapatkan asupan makan membuat tubuh kaget. Cara kerja tubuh tidak bisa mengimbangi kondisi tersebut, sehingga ini akan memperpendek masa bertahan hidupnya.

Berikut ini ada penjelasan mengenai lama manusia bisa hidup tanpa makan sekali pun berdasarkan beberapa kondisi, di antaranya:

1. Manusia hanya bisa bertahan hidup dua hingga empat hari tanpa makan dan minum

Makan dan minum merupakan kebutuhan paling penting bagi tubuh. Penelitian menemukan manusia hanya bisa tahan 2 hingga 4 hari jika tubuhnya tidak mendapatkan asupan makanan dan cairan sama sekali. Untuk cairan ini sendiri, baik itu air putih atau jenis cairan lainnya.

2. Manusia bisa bertahan hidup hingga berminggu-minggu tanpa makan dan minum

Pernyataan ini masih berkaitan dengan penjelasan di atas tentang orang yang biasa kelaparan dan tidak. Mengenai berapa lama seseorang bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum, ini tergantung komposisi tubuh dan cara kerja tubuhnya.

Selain itu, kondisi lingkungan dan jenis makanan serta minuman yang terakhir dikonsumsinya juga menjadi faktor lamanya seseorang bisa bertahan hidup. Dan juga faktor lain yang berpengaruh besar yakni dari jenis kelamin, di mana pria dan wanita punya perbedaan tersendiri untuk soal kondisi tubuhnya.

3. Manusia bisa bertahan hidup hingga 2 bulan tanpa makan, tetapi bisa minum

Jika hanya tidak makan, namun masih bisa mendapatkan asupan cairan dari minuman, hal ini bisa membuat seseorang bisa bertahand hidup lebih lama. Dalam penelitian menyebutkan manusia bisa bertahan dalam waktu 1 bulan hingga 2 bulan tanpa makan, tetapi tetap bisa minum.

Ini karena air yang diminumnya akan menjadi asupan cairan penting bagi tubuh sehingga membuatnya tetap bekerja meskipun tanpa asupan makanan sedikit pun. Mengenai lamanya bertahan hidup tergantung dari kondisi seseorang dan kebiasaanya. Jenis cairan yang dikonsumsi juga memberikan pengaruh signifikan pada kondisi tubuh agar bisa bertahan hidup lebih lama.

Dari beberapa pernyataan di atas dapat disimpulkan, soal berapa lama orang bisa bertahan hidup tanpa makan itu tergantung kondisinya. Tidak bisa diketahui secara pasti lamanya bertahan hidup, karena ketahanan tubuh setiap orang berbeda-beda. Khususnya mereka yang menderita penyakit tertentu yang membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, tentu bertahan hidupnya akan lebih pendek dibandingkan orang normal. Itu tadi penjelasan mengenai berapa lama orang bisa hidup tanpa makan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment