Audit SMK3 | Peraturan, Kategori, Pencapaian, 166 kriteria Audit SMK3

Audit SMK3 merupakan evaluasi atas kinerja K3 dalam suatu usaha baik badan usaha atau sebuah perusahaan besar dengan tujuan untuk mengukur keberhasilan penerapan kebijakan K3 dalam perusahaan yang bersangkutan.

Oleh sebab itu, audit SMK3 menjadi hal yang sangat penting dilakukan.

Berdasarkan peraturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah dalam PP nomor 50 tahun 2012, disebutkan bahwa audit SMK3 merupakan runtutan pemeriksaan yang dilakukan secara independen dan sistematis terhadap pemenuhan kriteria yang sebelumnya sudah ditetapkan guna membantu terhadap pengukuran hasil kegiatan yang telah direncanakan dan telah dilaksanakan dalam beragam aturan penerapan SMK3 di perusahaan yang bersangkutan.

Audit eksternal SMK3 juga dapat menjadi sebuah alat ukur bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja K3, sebagai bukti kepatuhan atas peraturan perundang – undangan K3, meningkatkan citra bagi perusahaan, serta memenuhi beragam persyaratan untuk mengikuti tender serta sekaligus meningkatkan daya saing bagi perusahaan.

Perusahaan – perusahaan yang wajib melaksanakan audit eksternal SMK3 di antaranya adalah perusahaan yang memiliki karyawan atau pekerja paling sedikit sebanyak 100 orang atau memiliki tingkat potensi bahaya tinggi.

Peraturan Penerapan SMK3

Sesuai dengan tata aturan yang telah dijelaskan dalam Permenaker nomor 26 tahun 2014 tentang penyelenggaraan penilaian penerapan SMK3 pasal 3 ayat 2, dijelaskan bahwa penerapan SMK3 dilakukan terhadap :

  1. Perusahaan yang mengajukan permohonan audit SMK3 secara sukarela
  2. Perusahaan yang memiliki potensi bahaya tinggi di antaranya perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan, minyak serta gas bumi.
  3. Perusahaan dengan potensi bahaya yang kadarnya tinggi sesuai penetapan Direktur Jenderal dan atau Kepala Dinas Provinsi setempat harus mendapatkan akurasi penetapan yang dilakukan atas dasar pemeriksaan serta sekaligus pengujian.

Kategori Pelaksanaan Audit SMK3

Pelaksanaan audit SMK3 sendiri dilakukan berdasarkan tiga kategori sesuai yang tertera dalam PP nomor 50 tahun 2012 dan Permenaker nomor 26 tahun 2014, terdiri atas :

  1. Tingkat awal dengan pemenuhan atas 64 kriteria audit SMK3
  2. Tingkat transisi yang berkaitan dengan pemenuhan atas kriteria audit SMK3 sebanyak 122 kriteria
  3. Tingkat lanjutan dengan pemenuhan atas 166 kriteria audit SMK3

Tingkat Pencapaian Penerapan SMK3

Dalam audit SMK3, sesuai dengan aturan pada PP nomor 50 tahun 2012 dan Permenaker nomor 26 tahun 2014 terdapat beberapa tingkat penilaian dalam pencapaian penerapan SMK3 yang terdiri atas :

  1. Perusahaan yang mendapat tingkat pencapaian penerapan dengan presentase 0 – 59%, artinya penerapan perusahaan tersebut masih kurang
  2. Perusahaan yang mendapat tingkat pencapaian penerapan 60 – 84%, artinya penerapan perusahaan tersebut dalam kondisi baik
  3. Perusahaan yang mendapat tingkat pencapaian penerapan 85% – 100%, itu artinya tingkat penilaian penerapan perusahaan tersebut memuaskan atau sangat memuaskan.

Penilaian Audit SMK3 Berdasarkan Kategori

Selain penilaian yang diberikan atas tingkat pencapaian tersebut, penilaian atas perusahaan berdasarkan kriteria atas dasar sifat dibagi ke dalam tiga kategori. Ketiga kategori tersebut terdiri atas :

Kategori kritikal

Temuan yang menimbulkan korban jiwa atau kematian merupakan penilaian atas kinerja audit SMK3 yang harus ditindaklanjuti dengan tindakan koreksi selambat – lambatnya dalam jangka waktu 1 x 24 jam.

Kategori mayor

Penilaian atas kriteria audit terhadap peraturan dan penerapan kebijakan SMK3 dengan kategori mayor harus mendapat penindaklanjutan dengan tindakan koreksi paling lambat dalam jangka waktu selama satu bulan.

Kategori minor

Penilaian yang diberikan terhadap kriteria audit kebijakan SMK3 dengan kategori minor ditetapkan terhadap inkonsistensi dalam pemenuhan beragam persyaratan dan peraturan perundang – undangan, standar, pedoman serta beragam acuan penting dalam kebijakan SMK3 lainnya.

Checklist Audit SMK3

Download 166 Checklist Audit SMK3 Pdf Secara Gratis melalui tombol download dibawah ini:

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

166 kriteria Audit SMK3 Pdf

Download 166 kriteria Audit SMK3 Pdf Secara Gratis melalui tombol download dibawah ini:

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Sekian penjelasan yang dapat saya bagikan kali ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita semua, Aaminn.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, sampaikan pendapat atau saran anda di kolom komentar ya.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment