Apa itu Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja?

Keselamatankerja – Apakah Anda pernah mendengar tentang sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja? Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja? Kenapa sistem ini penting untuk diterapkan oleh sebuah perusahaan?

Sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja atau yang juga sering disebut dengan SMK3 memiliki beberapa pengertian. Namun bisa disimpulkan bahwa sistem keselamatan dan kesehatan kerja merupakan sebuah sistem atau aturan yang diterapkan untuk mengantisipasi bahaya yang mungkin saja timbul dalam sebuah proses kerja.

Pemerintah Indonesia sendiri, untuk saat ini juga mewajibkan perusahaan terutama perusahaan kontraktor di Indonesia untuk menerapkan sistem ini.

Apa Tujuan Diterapkannya Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja?

Diterapkannya sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja ini tentunya bukanlah tanpa tujuan, beberapa tujuannya adalah sebagai berikut ini.

  • Menjamin dan melindungi kesehatan dan keselamatan kerja setiap pekerja.

Dengan diterapkannya sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja ini, diharapkan perusahaan akan melindungi setiap pekerjanya dari segala resiko terjadinya sesuatu yang bahaya di tempat kerja. Karena setiap lokasi kerja selalu memiliki potensi terjadinya bahaya seperti tertimpa beban berat, terjatuh dan berbagai macam hal lainnya.

  • Menjamin setiap sumber produksi bisa dipakai dengan situasi yang sudah aman.

Bukan hanya menjamin pekerjanya saja, perusahaan juga diharapkan bisa memberikan jaminan bahwa alat-alat yang dipakai untuk bekerja bisa dipakai dalam situasi yang aman.

Artinya, alat yang digunakan untuk bekerja tidak dalam kondisi yang rusak atau cacat sehingga bisa berbahaya bagi yang memakainya. 

  • Membuat kesejahteraan dan produktivitas nasional meningkat.

Dengan terjaminnya keamanan dan kesehatan pekerja lewat diterapkannya sistem keselamatan dan kesehatan kerja, diharapkan tingkat kesejahteraan dan produktivitas dari pekerja dan perusahaan juga akan meningkat.

Apa Manfaat dari Diterapkannya Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja?

Selain memiliki tujuan tertentu, diterapkannya sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja juga bisa memberi manfaat bagi perusahaan yang menerapkannya beserta karyawannya juga.

Manfaat diterapkannya sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja, karyawan dapat bekerja dengan perasaan aman dan nyaman. Sebab, meskipun resiko selalu ada, diterapkannya prosedur keselamatan bisa dibilang adalah usaha untuk menghindari tempat dan kondisi yang berbahaya saat sedang bekerja.

Perusahaan juga bisa mendapatkan manfaat dari diterapkannya sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja ini yaitu meningkatkan kepercayaan stakeholder karena dapat menjaga keselamatan dan kesehatan pekerjanya.

Di satu sisi, perusahaan juga meningkatkan kualitasnya karena menerapkan keamanan dan keselamatan sesuai standar yang berlaku di Indonesia.

Itulah Sedikit informasi mengenai sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja serta tujuan dan manfaat diterapkannya. Apakah Anda sudah lebih memahaminya? Perlu diingat diterapkannya sistem keamanan sama pentingnya dengan memakai alat pelindung karena alat keselamatan kerja dapat berupa sistem atau pengaturan yang melindungi Anda seandainya terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment