7 Aplikasi Sekolah Super Bermanfaat Untuk Guru dan Siswa

Keselamatan Kerja – Sejumlah aplikasi sekolah atau yang disebut software manajemen sekolah sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun ke belakang. Aplikasi ini mempermudah manajemen dan administrasi sekolah karena bisa secara otomatis memasukkan data-data pada rapor, ujian, tugas harian, dan sebagainya.

Penggunaan aplikasi ini semakin meningkat ketika pandemi melanda dunia dan aktivitas offline termasuk kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dialihkan secara online dari rumah. Aplikasi untuk sekolah pun semakin banyak bermunculan, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Daftar Aplikasi Sekolah Online di Masa Pandemi

1. Ruangguru

PT Ruang Raya Indonesia yang bergerak di bidang pendidikan non formal menyumbang sekolah online bebas biaya sejak 16 Maret 2020. Sekolah ini diadakan setiap hari Senin-Jumat mulai dari jam 8 pagi hingga 12 siang.

Sekolah virtual ini bisa diikuti cukup dari aplikasi Ruangguru yang bisa di download ke semua perangkat, mulai dari Android, laptop, dan iOS. Sekolah online ini tersedia untuk tingkat sekolah dasar hingga menengah khusus untuk mata pelajaran inti.

Selain sekolah gratis virtual, para siswa juga bisa memanfaatkan fitur try out dan bank soal yang juga tersedia gratis. 

Jika kamu termasuk salah satu pelanggan kartu Telkomsel, maka kamu bisa mendapat paket data internet gratis sebanyak 30 GB untuk mengakses aplikasi Ruangguru selama 1 bulan.

2. Zenius

Khusus aplikasi yang satu ini cocok untuk kamu yang sedang mempersiapkan UN secara mandiri. Dikembangkan oleh PT Zona Edukasi Nusantara, aplikasi Zenius bisa kamu download dari Google Play dan juga App Store.

Aplikasi gratis ini berisi puluhan ribu video materi pelajaran untuk kelas 1-12 yang menggunakan kurikulum 2013 dan KTSP. Kebanyakan video dalam aplikasi ini tersedia dalam format whiteboard, yang berarti kamu tidak membutuhkan banyak kuota alias bisa hemat.

Uniknya lagi, video-video ini dikemas dalam bentuk animasi yang menggemaskan sehingga proses belajar kamu tidak akan terasa membosankan. Alasannya karena kamu seperti sedang menonton tayangan animasi. Total videonya sendiri ada lebih dari 90.000 video.

Tersedia juga fitur scan soal Matematika, live clas setiap Senin-Jumat bersama dengan tutor dari Zenius, konsultasi soal gratis, latihan soal, dan 2 paket try out gratis.

3. G Suite for Education

Aplikasi sekolah berikutnya berasal dari mesin pencari terbesar di dunia yaitu Google, yang hadir dalam aplikasi bernama Google Suite for Education atau juga biasa disingkat G Suite for Edu.

Para guru bisa memanfaatkan fitur classroom di dalam aplikasi ini untuk melakukan kegiatan belajar bersama murid secara daring. Guru bisa memberikan tugas, melakukan percakapan via teks, memberikan nilai, atau juga melakukan streaming video.

Aplikasi berbasis cloud ini bisa dihubungkan dengan sejumlah aplikasi Google lain seperti Gmail, Drive, Hangout, Google Docs, Spreadsheet, Google Site, dan juga Vault. G Suite for Education bisa dibuka dari perangkat smartphone hingga laptop dan sepenuhnya gratis.

4. Microsoft: Office 365 for Education

Microsoft: Office 365 for Education sangat membantu para guru dan murid agar tetap bisa terkoneksi kapan dan dimana saja secara online dalam bentuk ruang kelas digital.

Layanan ini bisa digunakan secara gratis oleh para guru. Cukup dengan menggunakan alamat email sekolah yang sudah didaftarkan ke laman Microsoft Indonesia saja dan bersama dengan password yang sudah dibuat pihak sekolah.

Office 365 for Education terdiri dari Excel, Word, OneNote, Microsoft Teams, dan berbagai alat untuk kebutuhan belajar mengajar lainnya. Aplikasi ini bisa diakses dari perangkat apapun termasuk tab, PC, laptop, dan juga smartphone.

5. EdConnect

Aplikasi sekolah yang satu ini khusus untuk guru dan karyawan sekolah. Jadi, aplikasi ini bukan untuk penghubung guru dan siswa melainkan untuk manajemen sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga menengah atas.

Sejumlah fitur yang dimiliki EdConnect termasuk absensi, impor dan ekspor data, laporan nilai siswa, data murid baru, manajemen akses pengguna, dan form pengiriman pesan.

EdConnect hadir dalam dua versi yaitu Lite dan Enterprise. Lite adalah versi dasar yang berguna untuk mempermudah tugas para guru dan karyawan dalam mengelola manajemen serta data para murid. Sedangkan versi Enterprise berisi fitur yang lebih lengkap namun berbayar.

6. Quipper School

Quipper School merupakan sebuah platform sekolah digital yang dikembangkan oleh perusahaan asli Indonesia dan dihadirkan tanpa biaya alias gratis untuk para guru dan murid Indonesia. 

Platform ini akan membantu para guru dalam mengirim serta mengelola materi pelajaran,tugas harian, materi ujian, dan juga penilaian siswa secara online.

Fitur lainnya termasuk download video panduan belajar untuk ditonton secara offline, notifikasi untuk setiap tugas baru yang masuk, kursus online dari Quipper. Namun, untuk saat ini versi aplikasi dari Quipper School baru tersedia untuk Android karena belum ada di App Store.

7. Kelas Pintar

Setiap pengguna baru, baik guru maupun siswa bisa menggunakan aplikasi secara gratis untuk bulan pertama. Aplikasi dari PT Extramarks Education Indonesia ini berisi berbagai materai ajar dalam bentuk teks dan video untuk para siswa.

Ada juga fitur untuk guru seperti Assesment untuk mempermudah memberikan penilaian kepada para siswa atas tugas harian yang sudah dikerjakan. Ada juga fitur Tanya Jawab, fitur Soal, video animasi, e-book, dan bank soal. Aplikasi ini sama-sama tersedia di Google Play dan App Store.

Kemajuan teknologi membuat banyak hal menjadi lebih mudah sehingga mengganti proses belajar mengajar tatap muka menjadi sekolah daring dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi sekolah seperti di atas. Fitur-fiturnya lengkap dan bahkan kebanyakan tersedia gratis.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment