7 Aplikasi Edit Video Populer dan Paling Banyak Digunakan

7 Aplikasi Edit Video Terbaik di PC dan Android

Keselamatan Kerja – Tertarik menjadi youtuber karena popularitas dan penghasilan yang konon besar? Ternyata, menjadi seorang youtuber terkenal tidak semudah yang kamu bayangkan. Sebelum benar-benar memulainya, ada banyak hal yang perlu kamu siapkan, termasuk aplikasi edit video yang bagus.

Aplikasi ini akan membantu dalam menghasilkan berbagai video dengan visual keren yang bisa memikat hati penonton dan membuatnya berlangganan channel kamu. Jika jumlah penonton dan subscriber kamu banyak, maka kamu bisa mulai mengumpulkan pundi-pundi rupiah dengan mudah.

Daftar Aplikasi Edit Video di Android

Jangan khawatir dengan modal peralatan minim seperti smartphone Android. Jika kameranya bagus dan dipadukan dengan aplikasi edit video yang juga bagus, maka kamu bisa menghasilkan konten-konten menarik. Inilah beberapa pilihan aplikasi yang bisa kamu jajal:

1. Quik

Aplikasi generasi baru dalam kategori edit video ini menjadi salah satu yang populer di kalangan youtuber pemula dan semi pro. Antarmuka aplikasi yang sederhana membuatnya mudah digunakan dan fiturnya juga cukup mumpuni untuk kebutuhan konten video di Youtube.

Jika menggunakan Quik, kamu bisa memasukkan sekitar 50 buah foto dan klip video untuk dibuat menjadi satu video baru yang menarik.

Kamu pun tidak perlu pusing bagaimana cara membuat video ini menjadi keren. Aplikasi ini akan melakukan analisis pada klip video dan foto secara instan untuk dipadukan dengan tema serta filter yang paling sesuai. 

Beberapa di antaranya tema traveling, pantai, ulang tahun, wedding, dan banyak lagi. Jika kurang suka dengan hasil instan ini, kamu juga bisa pilih sendiri lagu/musik dari galeri HP atau dari koleksi yang ada di dalam aplikasi. Satu lagi keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah 100% gratis.

2. Magisto

Magisto adalah aplikasi edit video yang canggih karena sudah dibekali dengan AI alias kecerdasan buatan. AI akan membantu kamu mengedit video dengan cepat dan simpel, tanpa kamu perlu melakukan banyak hal.

Jadi setelah masuk mengupload video ke aplikasi Magisto, AI akan secara otomatis memilihkan tema yang paling cocok dengan video kamu lengkap dengan musik, teks, filter, efek, dan lainnya.

Sayangnya, aplikasi ini tidak 100% gratis seperti aplikasi sebelumnya. Beberapa fitur dalam Magisto bersifat premium dan hanya bisa digunakan setelah melakukan pembelian dengan harga berkisar dari Rp3.000 – Rp2.400.000 per item.

3. PowerDirector

Nama aplikasi edit video yang satu ini juga cukup terkenal karena memiliki fitur lengkap yang tak kalah canggih dari dua aplikasi sebelumnya. PowerDirector memiliki 30+ efek transisi dan fitur yang bisa menggabungkan dua atau lebih klip video pendek menjadi satu.

Kamu dijamin tidak akan bingung untuk menggunakan fitur-fitur di dalam aplikasi ini, meski semuanya berbahasa Inggris karena aplikasi sudah dilengkapi dengan panduan penggunaan untuk pemula.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur timeline interface. Fitur ini sebenarnya termasuk mudah digunakan, namun untuk yang benar-benar pemula mungkin perlu beberapa waktu agar leluasa dengan kontrolnya.

Ada juga beberapa fitur canggih lain seperti slow-mo, chroma key, dan juga green screen. Kamu memiliki opsi untuk menggunakan aplikasi ini secara gratis, tapi versi premiumnya menawarkan video tanpa watermark, bebas iklan, dan bisa ekstrak video dengan resolusi 4K.

4. FilmoraGo

Bagi para penggemar edit video, nama FilmoraGo pastinya sudah tidak asing lagi, bukan? Aplikasi ini juga cukup terkenal di kalangan vlogger serta youtuber untuk pengeditan di Android. Aplikasi ini menawarkan seperangkat fitur dasar seperti pemotongan durasi.

Selain itu, bisa juga untuk mengatur beberapa klip, menggabungkan klip, dan video 1:1 untuk platform Instagram serta 16:9 untuk video yang akan diupload ke Youtube. Ada juga fitur lain seperti overlay, tambahkan lagu/musik, dan gerakan lambat pada video.

Beberapa fitur dasar bisa kamu gunakan secara gratis, namun untuk fitur lebih canggih hanya bisa diakses setelah kamu melakukan pembelian. Harga fitur yang ada di dalamnya antara Rp15.000 – Rp439.000 per item.

5. VideoShow

Aplikasi ini selain tersedia untuk Android juga bisa diinstal ke iOS. Ada banyak pilihan efek dan tipe teks yang bisa kamu coba. Kamu pun bisa memasukkan musik dari koleksi di aplikasi atau dari penyimpanan di HP kamu.

Ukuran video bisa kamu kompres secara langsung dengan aplikasi dan bahkan kamu juga bisa voice over. Versi gratisnya menawarkan pengeditan dengan batas durasi dan jika upgrade ke akun premium maka kamu bisa edit video sepanjang apapun.

6. Adobe Premiere Clip

Awalnya, aplikasi ini hanya tersedia untuk iOS. Namun, kini Adobe Premiere Clip juga sudah ada di Play Store dengan opsi gratis dan berbayar. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk memangkas durasi klip video dan menyusun beberapa klip menjadi satu dengan urutan yang bisa diatur sendiri.

Kamu juga bisa menambahkan efek, membuat transisi, memberikan filter, masukkan teks, musik, atur cahaya, dan banyak lagi. Jika kamu juga memiliki Adobe Premiere versi dekstop, maka hasil editing yang kamu lakukan di smartphone bisa langsung kamu kirim ke versi dekstop.

7. KineMaster

KineMaster menjadi salah satu aplikasi edit video yang terkenal. Terutama dari kalangan pengguna Instagram yang hobi memposting video kekinian dan para youtuber pemula yang menggunakan Android sebagai alat pengeditan klip.

Sejumlah fitur yang disediakan termasuk cutting, trimming, tambahkan gambar/video, filter audio, efek dan filter, chroma key, green screen, dan juga transisi. 

Kamu bisa menikmati berbagai fitur canggih pada KineMaster secara gratis selama masa uji coba 7 hari dan selanjutnya bisa berlangganan Rp69.900.

Aplikasi edit video memang bukan satu-satunya hal yang perlu dipahami oleh youtuber. Tapi, pemilihan aplikasi yang bagus bisa membantu mengundang banyak viewers dan subscriber karena kamu bisa mempersembahkan konten-konten menarik kamu lewat video yang juga menarik.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke
You might also like