7 Alat Keselamatan Kerja Laboratorium yang Wajib Dimiliki oleh Pekerja Lab

Keselamatankerja – di laboratorium menjelaskan mengenai pentingnya memperhatikan keamanan, kesehatan, dan kenyamanan ketika sedang bekerja di dalam laboratorium. Hal tersebut harus dipahami dengan baik oleh para pekerja laboratorium. Sebab, abai dengan prosedur kerja lab dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Ketika sedang bekerja di laboratorium para pekerja biasanya dibekali dengan alat khusus. 

Alat keselamatan kerja dapat berupa :

Keselamatan kerja di laboratorium menjelaskan mengenai alat keselamatan kerja yang wajib ada di laboratorium. Berbeda dengan alat keselamatan kerja di lapangan berikut merupakan alat keselamatan kerja di laboratorium beserta fungsinya yang harus kamu ketahui :

  1. Jas Laboratorium

Perangkat kerja ini biasa dikenal dengan sebutan jas lab. Sebuah alat pelindung diri (APD) yang wajib digunakan oleh para pekerja riset ilmiah, eksperimen, atau pengukuran di dalam lab. APD ini wajib digunakan agar para pekerja dapat terlindung dari cairan kimia yang ada di dalam sana. 

  • Safety Goggles

Dalam bahasa Indonesia adalah kacamata keselamatan. Ini merupakan alat pelindung diri yang digunakan untuk melindungi mata dan muka ketika sedang bekerja di dalam laboratorium. Alat yang satu ini memungkinkan para pekerja lab terlindung dari uap, asap, atau cairan yang ada di dalam sana.

  • Face Shield

Alat keselamatan kerja selanjutnya adalah Face shield atau pelindung muka. Alat ini digunakan oleh para pekerja lab saat mengambil alat lab yang dipanaskan pada suhu tinggi di tanur. Ini berfungsi untuk melindungi muka dari api, panas, dan percikan material yang dapat melukai muka anda. 

  • Sepatu Safety

Sepatu keselamatan yang digunakan di dalam laboratorium tentu berbeda dengan sepatu yang biasa digunakan sehari-hari. Sepatu ini harus tahan terhadap api dan tekanan . Ini bertujuan untuk melindungi kaki dari tumpahan bahan kimia.

  • Glove (Sarung Tangan) 

Sarung tangan akan lindungi tangan anda dari tumpahan larutan kimia yang mungkin dapat membuat kulit anda iritasi atau melepuh. Biasanya sarung tangan yang digunakan untuk keperluan laboratorium terbuat dari bahan nitril, neoprena, atau karet alam. 

  • Masker

Masker yang digunakan di dalam laboratorium pada umumnya adalah masker gas. Fungsi alat keselamatan kerja ini adalah untuk mengantisipasi agar para pekerja di lab tidak menghirup gas berbahaya yang biasa dihasilkan oleh bahan kimia. Masker ini biasanya berbahan kain atau masker khusus yang lengkap dengan material penghisap gas.

  • Hear Protector

Biasa dikenal dengan pelindung telinga alat ini berguna untuk melindungi telinga dari suara bising yang dikeluarkan oleh peralatan tertentu yang ada di dalam lab. Keselamatan kerja di laboratorium menjelaskan mengenai batasan waktu dan tingkat kebisingan yang dapat diterima oleh setiap orang. Hal ini untuk menghindarkan para pekerja lab dari cedera atau penyakit serius pada saluran pendengaran.

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment