6 Alasan Mengapa Pemasaran Konten Video Sangat Penting

Pemasaran konten adalah salah satu strategi utama saat merancang rencana pemasaran untuk produk dan layanan Anda. Bentuk pemasaran konten seperti blog, infografis, email, dan video. Setiap hari, lebih dari 1 miliar jam materi YouTube ditonton.

Sekitar 60% pemasar video memperkirakan anggaran mereka akan berubah pada tahun 2021, 70% dari orang-orang ini mengharapkan pengeluaran untuk pemasaran video meningkat dan 30% mengharapkannya berkurang.

Meskipun semua jenis pemasaran konten efektif dengan caranya sendiri, pemasaran konten video terbukti lebih menarik perhatian daripada yang lain. Dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang, pemasaran video telah menjadi sesuatu yang tidak boleh diabaikan.

Segmen, terutama sektor e-commerce, sangat bergantung pada pemasaran konten video. Melalui visual video, pelanggan akan mengetahui lebih banyak tentang produk yang dijual di situs e-commerce.

Setiap minggu, 78% pengguna Internet menonton beberapa video online, dan 55% dari mereka membuat video online setiap hari.

Apa itu Pemasaran Konten Video ?

Ini adalah subkategori pemasaran konten yang dikenal sebagai pemasaran video yang berfokus pada pembuatan, produksi, dan berbagi konten video yang bertujuan untuk memicu minat audiens Anda pada produk atau layanan perusahaan Anda. Pemasaran video membantu pemirsa mempelajari lebih lanjut tentang produk dan layanan merek. Ini membantu untuk membangkitkan rasa ingin tahu tentang merek atau bisnis. Ciptakan nilai bagi audiens Anda dan ubah mereka menjadi pembeli potensial melalui pemasaran digital.

Mengapa pemasaran video sangat efektif dan bagaimana cara kerjanya?

“Sebuah gambar bernilai seribu kata,” seperti kata pepatah. Dengan asumsi demikian, pikirkan tentang apa yang dapat dilakukan video untuk melibatkan penonton dan menjelaskan masalah yang kompleks.

Membuat dan menyiarkan video untuk saluran distribusi yang berbeda adalah apa yang kami maksud ketika kami mengatakan bahwa kami menggunakan pemasaran video.

Untuk membantu Anda memutuskan, berikut adalah beberapa manfaatnya:

Bercerita adalah cara yang ampuh bagi pemasar untuk terhubung dengan audiens target mereka, tetapi mereka harus menyentuh emosi untuk melakukannya. Dengan video, Anda memiliki peluang terbaik untuk membuat kesan abadi pada audiens Anda.

  • Pemasar dapat berkomunikasi banyak dalam waktu singkat berkat kemampuan video untuk menyampaikan informasi dengan cepat. Anda dapat mempelajari manfaat artikel Anda sebelum kebanyakan orang berhenti melihatnya. Dengan video, juga mudah untuk mengomunikasikan topik yang kompleks. Berguna untuk bisnis yang perlu mendidik pelanggan mereka sebelum menjual.
  • Dalam hal pengoptimalan mesin pencari (SEO), pemasaran video adalah cara yang bagus untuk membangun tautan balik dan meningkatkan keterlibatan di media sosial. Ini adalah prosedur yang digunakan mesin pencari untuk menilai kualitas konten pada halaman web untuk istilah pencarian tertentu. Untuk lebih meningkatkan SEO Anda, akan sangat membantu bagi pengunjung Anda untuk menonton seluruh video di situs Anda, serta mengambil tindakan berdasarkan apa yang telah mereka pelajari. Durasi sesi pengguna dan jumlah tampilan halaman diperhitungkan.
  • Pelanggan hanya mengingat 10% dari apa yang mereka dengar setelah tiga hari, tetapi 66% jika mereka melihat gambar produk. Ketika berbicara tentang video, bayangkan seperti apa bentuknya! Ketika pembeli siap untuk membeli, barang Anda akan berada di garis depan pikiran mereka jika mereka dapat menyimpan informasi tentang mereka.
  • Pelanggan Lebih Suka Video – 72% pelanggan memilih video daripada teks. Itu karena kebanyakan orang saat ini mengkonsumsi sebagian besar informasi mereka dalam bentuk video.

Pemasaran Video Konten Marketing Penting

1. Pemasaran konten video memberikan pengembalian investasi yang sangat baik

Menurut penelitian tahun 2020 oleh Wyzowl, salah satu perusahaan video penjelajah terkemuka di dunia, sekitar 87% pemilik bisnis mengatakan bahwa pemasaran video telah memberi mereka pengembalian investasi yang baik. Oleh karena itu, membuat video berkualitas tinggi dengan tujuan yang jelas dan sasaran yang terdefinisi dengan baik akan membantu memandu strategi pemasaran untuk mendapatkan ROI yang diperlukan dari video yang diunggah di berbagai media.

2. Video Serbaguna

Pembuat video tidak hanya membuat video online untuk satu platform; Video yang sama dapat digunakan di beberapa forum, memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Melakukannya membuatnya relatif mudah untuk mengetahui broker atau platform mana yang paling cocok untuk produk atau layanan yang Anda pemasaran. Selain itu, selain YouTube, seseorang dapat mengunggahnya ke semua media sosial setelah modifikasi yang diperlukan.

3. Video Sangat Menarik

Meskipun media cetak dan bentuk iklan lainnya membantu pemilik bisnis membangun kesadaran akan merek mereka, hal itu tidak menjamin calon pelanggan akan tertarik dengan apa yang disampaikan oleh iklan tersebut.

Sebaliknya, video sangat menarik karena orang-orang diketahui berhenti menggulir dan mulai menonton ketika mereka menemukan konten video apa pun saat menjelajah. Selain itu, juga telah terbukti bahwa video atau representasi visual dari suatu objek dapat menarik perhatian orang lima kali lebih banyak daripada gambar diam.

Oleh karena itu, menggunakan pemasaran konten video untuk produk dan layanan Anda akan membantu menarik perhatian calon pelanggan.

4. Membantu Membangun Kepercayaan dan Loyalitas Merek

Kepercayaan merupakan proses akuisisi penting dalam dunia bisnis yang dinamis yang akan sangat membantu brand Anda. Perusahaan menggunakan pemasaran video untuk membangun kepercayaan antara mereka dan pelanggan mereka.

Mereka melakukan sesi interaktif dengan pelanggan untuk membantu mereka mengenal merek lebih baik. Selain itu, video memanusiakan merek melalui penggunaan aktor atau aksesori, membuatnya lebih dapat diidentifikasi dan dapat diandalkan.

Semakin mereka merasa dikenali saat menonton video, semakin besar kemungkinan mereka merekomendasikan produk dan layanan kepada orang lain.

5. Video Membantu Meningkatkan Peringkat SEO Anda

Diperkirakan lebih dari 80% lalu lintas internet ke situs berasal dari video; Jadi menambahkan video ke beranda situs web Anda membuat pengunjung Anda tinggal lebih lama di situs web Anda.

Anda hanya perlu membuat video online dan mengunggahnya ke situs web Anda; Dengan melakukan ini, situs web Anda memiliki kemungkinan besar untuk muncul di 5 hasil teratas di Google. Selain meningkatkan peringkat SEO Anda, konten video membuat situs web Anda terlihat profesional, yang pada gilirannya akan membantu Anda mendapatkan tautan balik berkualitas tinggi yang mengarah ke peringkat mesin pencari yang lebih baik.

6. Pemasaran video membantu berinteraksi dengan jejaring sosial

Hari ini, semua orang berpegang pada satu atau platform media sosial lainnya selama waktu henti mereka. Menurut penelitian Wyzowl, orang menonton rata-rata 16 jam konten video setiap minggu, meningkat 52% selama dua tahun terakhir.

Statistik mengejutkan ini sendiri sudah cukup untuk pemasaran konten video di media sosial. Menghadirkan merek, meningkatkan penjualan dan mengedukasi konsumen adalah tujuan dari strategi pemasaran ini.


Di media sosial, keterlibatan relatif tinggi jika video dioptimalkan dengan tepat untuk preferensi pemirsa, yang membantu merek menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.

Pengguna media sosial akan ingin melakukan streaming video Anda jika menarik dan menarik. Jika videonya menarik dan berbeda dari video bermerek lain yang pernah mereka lihat, mereka akan membagikannya dengan teman-teman mereka. Sebagai hasilnya, lalu lintas situs Anda akan meningkat!

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment