5 Alat Keselamatan Kerja K3, Sudahkah Anda Mengenal dan Menggunakannya?

Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau yang dikenal dengan nama K3 merupakan suatu hal yang diatur dalam Undang-undang Ketenagakerjaan. Hal ini penting karena keselamatan ketika bekerja adalah hal yang harus diperhatikan, baik oleh perusahaan maupun pekerja itu sendiri.

Salah satu standar yang ditetapkan untuk menjaga keselamatan saat bekerja adalah penggunaan alat pelindung diri atau alat keselamatan kerja k3.

Kali ini, kita akan bahas beberapa alat yang termasuk ke dalam jenis alat keselamatan kerja k3 termasuk fungsinya.

  1. Safety Helmet

Safety helmet atau yang sering disebut helm keselamatan ini memiliki kegunaan untuk melindungi kepala. Ketika sedang bekerja selalu ada resiko kepala mengalami hal berbahaya seperti tertimpa sesuatu, terpukul atau bahkan terbentur.

Helm juga dapat melindungi Anda dari sinar matahari yang mengandung radiasi atau api.

Karena itulah, sebaiknya Anda tidak pernah melupakan helm keselamatan ketika akan bekerja.

  • Safety Belt

Safety belt atau sabuk keselamatan biasanya digunakan untuk memberi batasan kepada ruang gerak pekerja supaya tidak terjatuh dari posisinya ketika bekerja. Sekedar informasi, terkadang ada saatnya pekerja harus bekerja pada satu posisi tertentu seperti tergantung atau miring dalam waktu yang cukup lama.

Saat itulah sabuk ini digunakan. Sabuk ini biasanya akan digunakan berbarengan dengan beberapa alat lain juga seperti descender, rope clam dan karabiner.

Safety belt terdiri atas beberapa bagian yaitu safety rope, harness dan lanyard.

  • Masker Pernapasan

Masker digunakan agar organ pernapasan Anda tidak terganggu ketika berada di lokasi bekerja. Masker pernapasan ini dapat menyaring partikel debu, asap uap, gas dan mikro-organisme yang membantu tubuh Anda hanya menyerap udara yang sehat dan bersih.

Masker pernapasan ini memiliki berbagai jenis yaitu tangki selam, alat bantu pernapasan, canister, katrit dan respirator.

  • Kacamata Pengaman

Alat keselamatan kerja k3 yang berikutnya adalah kacamata pengaman. Kacamata pengaman ini berguna untuk melindungi mata dari segala hal yang berpotensi masuk ke mata Anda.

Saat bekerja, ada kemungkinan mata Anda akan terganggu oleh partikel yang ada di air ataupun di udara, uap panas, maupun benda kecil lainnya.

Kacamata pengaman ini juga dapat digunakan untuk melindungi mata dari cahaya atau benturan.

Jenis kacamata pengaman yang biasa digunakan adalah googles atau spectacles.

  • Sepatu Boot

Alat keselamatan kerja dapat berupa sepatu boot yang mungkin sering Anda gunakan sehari-hari. Tetapi sepatu boot yang digunakan saat bekerja tentu berbeda.

Sepatu boot ini bisa memberikan perlindungan dengan lebih maksimal sebab punya model yang tinggi sehingga dapat melindungi kaki Anda sampai ke bagian betis dan tulang kering.

Itulah 5 alat keselamatan kerja k3 yang mungkin sudah Anda kenal, apakah Anda sudah pernah menggunakannya?

Lebih bermanfaat jika dibagikan ke

Leave a Comment